Comscore Tracker

Dijamin Manjur, Simak 7 Tips Mengenalkan Pacar ke Orangtuamu

Hati-hati, jangan sampai kaku dan salah tingkah

Setelah hubungan berjalan selama beberapa waktu, ada waktunya kita sudah merasa perlu memperkenalkan pacar kepada kepada orang tua. Ini sekaligus tanda bahwa kita kian serius menatap masa depan.

Tapi, mengenalkan pacar kepada orang tua bukan hal gampang. Salah sedikit, malah berujung awkward dan gagal. 

Kami punya beberapa tips agar proses perkenalan ini berjalan lancar, seperti dikutip dari Bustle dan Cosmopolitan. Yuk kita simak sama-sama.

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Banyak Orang Memberi Kesempatan Kedua untuk Mantan

1. Jangan biarkan pertemuan pertama berlangsung lama. Cukup satu hingga dua jam saja

Dijamin Manjur, Simak 7 Tips Mengenalkan Pacar ke Orangtuamuunsplash/@haleyephelps

Tips yang pertama yang perlu kamu ingat adalah, jangan membawa pacar ke acara keluarga atau bertemu dengan orang tua di rumah lebih dari dua jam. Akan lebih baik jika pertemuan pertama pacar dan keluargamu berlangsung singkat, agar mengurangi ketegangan dan tekanan yang mungkin dirasakan si doi.

Mungkin pertemuan pertama bakal berlangsung kaku dan salah tingkah. Dengan membatasi waktu, kamu juga bisa meminimalisir risiko munculnya pertanyaan menohok pada pacar, yang akan membuat ia akan kebingungan menjawabnya.

Simpan dulu keinginanmu untuk melihat orangtua dan juga pacar dapat duduk bersama, mengobrol sambil menyeruput segelas kopi hitam. 

2. Ceritakan sisi positif pacarmu kepada orangtua, sebelum mereka berdua bertemu secara langsung

Dijamin Manjur, Simak 7 Tips Mengenalkan Pacar ke Orangtuamupixabay.com/sasint

Ceritakan dulu gambarang kepada orang tua mengenai pacarmu. Utamakan bercerita tentang sisi positif atau kelebihannya. Ungkit juga kebaikan apa saja yang telah dilakukan pacar kepadamu. 

Kepada ayah dan ibu, kamu bisa menyatakan bahwa pacarmu saat ini telah memenuhi beberapa kriteria kekasih yang kamu idamkan. Orang tua bakal menangkap bagaimana gambaran pasanganmu itu, sehingga pacar pun akan merasa lebih percaya diri.

Tapi ingat, jangan melebihkan realita. Jangan sampai orangtua yang sudah terlanjur berekspektasi tinggi, menjadi kecewa. Jika mereka menanyakan mengenai kelemahannya, katakan saja.

3. Jangan terlalu lama meninggalkan pacar sendirian di tengah-tengah keluargamu

Dijamin Manjur, Simak 7 Tips Mengenalkan Pacar ke Orangtuamupixabay/free-photos

Saat pertemuan berlangsung, kamu mungkin akan meninggalkan pacarmu sebentar untuk keperluan seperti mengambil minuman atau buang air kecil. Sebenarnya, momen itulah yang biasa diambil oleh keluargamu untuk mengobrol si doi.

Tipsnya, jangan meninggalkan pacarmu terlalu lama. Apalagi jika kamu membawanya dan meninggalkannya di tengah kerumunan keluarga besar saat acara keluarga. Karena dia bisa grogi. Beda halnya jika pertemuan sudah berlangsung sekian kali, kamu bisa membiarkannya berinteraksi sendiri dengan orangtua, maupun anggota keluargamu yang lainnya. 

4. Ingatkan padanya untuk sesekali membawa buah tangan untuk keluargamu. Tidak perlu yang mahal dan mewah, kok

Dijamin Manjur, Simak 7 Tips Mengenalkan Pacar ke Orangtuamupixabay/024-657-834-51581/

Tidak ada salahnya jika pacarmu membawakan sedikit 'oleh-oleh' untuk keluargamu. Oleh-oleh di sini maksudnya kamu tidak harus pergi keluar kota dulu, atau membelikan barang yang mewah. Kamu bisa memintanya membelikan roti bakar atau martabak, ketika berkunjung ke rumahmu. Kamu bisa membantunya untuk memilih oleh-oleh yang tepat sesuai dengan selera keluargamu.

Akan tetapi, kamu tidak boleh terlalu sering melakukannya. Hal ini untuk mengurangi ketidaknyamanan yang akan dirasakan oleh pacarmu. Uang yang dimiliki oleh pacar, tidak harus semuanya 'diberikan' untukmu. Selain itu, hal ini untuk menghindari pemikiran jelek pacar mengenai kamu. Siapa tahu si pacar menganggap kamu matre. 

5. Yakinkan ia jika pertemuan ini adalah hal yang baik, entah nantinya akan berhasil atau gagal.

Dijamin Manjur, Simak 7 Tips Mengenalkan Pacar ke Orangtuamuunsplash/@priscilladupreez

Tidak ada yang salah ketika kita berkenalan dengan orang lain. Menambah relasi dan koneksi adalah kegiatan yang positif dan bermanfaat. Sama seperti perkenalan pacar kepada orangtua. Yakinkan kepadanya jika tujuan dari pertemuan ini adalah saling mengenal satu sama lain dengan baik. Kamu tidak berniat untuk menjebaknya atau mempermalukannya di depan keluargamu.

Kamu juga dapat meyakinkan pacar bahwa apa pun hasilnya nanti, pertemuan ini tetaplah merupakan sesuatu yang positif. Kalaupun nanti tidak berjodoh, tidak ada salahnya kan mengenal orang tua dari orang yang kita kenal? Dampak positifnya, dapat membuat pacar menjadi lebih rileks tanpa terbebani dengan hasil akhirnya.

6. Jangan membandingkan perkenalan pacar dan orangtuamu, dengan perkenalan milik orang lain

Dijamin Manjur, Simak 7 Tips Mengenalkan Pacar ke Orangtuamupixabay/stocksnap

Ada beberapa pacar yang sangat beruntung, karena dapat langsung membuat keluarga pacarnya menjadi sangat nyaman dan percaya padanya. Tidak perlu waktu lama, mereka sudah dapat mengakrabkan diri bahkan mulai sering diajak berlibur bersama. Namun, ada pula pacar yang bernasib kurang beruntung. Entah itu penilaian negatif orangtua kepada pacar, atau pacar mengalami salting alias salah tingkat, atau ketidakcocokan visi serta misi. Alhasil mereka yang kurang beruntung kerap membandingkan nasibnya dengan mereka yang berhasil merebut hati orangtua pacarnya.

Rumput tetangga memang akan selalu terlihat hijau, namun cobalah untuk berhenti melakukan perbandingan seperti itu. Setiap 'lahan' punya tantangannya sendiri. Terkadang mereka yang cepat akrab dengan keluarga pacar, juga tidak menjamin kelanggengan. Begitupun dengan nasib seseorang yang harus jatuh bangun mendapatkan kepercayaan dari orangtua pacar, yang malah dapat bertahan hingga lebih dari sepuluh tahun. 

7. Tidak perlu tergesa-gesa. Pelan tapi bertahap dan pasti!

Dijamin Manjur, Simak 7 Tips Mengenalkan Pacar ke Orangtuamupixabay/pexels

Setiap hal membutuhkan waktu. Sukses juga memiliki waktu sendiri untuk meraihnya. Kesuksesan terkadang tidak dapat dicapai secara instan. Kamu tidak perlu khwatir apabila kamu merasa belum diterima oleh keluarga pacar di hari pertama kalian bertemu. Ayo coba lagi untuk bertemu di pertemuan selanjutnya. Tetaplah memberi semangat kepada pacar, ya!

Kalian boleh mencoba beberapa tips di atas. Semoga pacarmu bisa segera berkenalan dengan keluargamu, ya!

Baca Juga: Ternyata 5 Hal Ini yang Membuat Tipe Pasangan Tiap Orang Berbeda-beda

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya