Comscore Tracker

Ingat ya, Jangan Minta Maaf untuk 12 Hal Ini

Tak semua kondisi cocok kamu selesaikan dengan kata "maaf"

Sulsel, IDN Times - Mungkin kamu diajarkan orangtua untuk menggunakan tiga kata dalam berkomunikasi dengan orang lain, yakni tolong, maaf, dan terima kasih. Ya, ini merupakan ajaran yang baik. 

Namun, khusus untuk kata "maaf," sebaiknya kamu lebih selektif dalam menggunakannya. Sebab, kata "maaf itu nggak boleh sembarangan dipakai loh.

Jika kamu salah, sudah seharusnya meminta maaf. Namun, ada kondisi-kondisi tertentu yang sebetulnya kamu tidak perlu bahkan jangan minta maaf. Apa saja ke-13 kondisi itu?

Baca Juga: Catat, Ini 4 Agenda Pariwisata Menarik di Sulsel Sepanjang Desember!

1. Saat kamu mencintai seseorang

Ingat ya, Jangan Minta Maaf untuk 12 Hal Iniweheartit.com

Kata orang bijak, tak ada yang bisa mengontrol ke mana hati berlabuh. Jadi, kamu nggak perlu kok minta maaf pada orang itu, atau pada siapa pun ketika hatimu tertambat. Syukur-syukur jika cintamu berbalas. Tapi, jika bertepuk sebelah tangan pun, tak masalah.

Ingat, mencintai itu bukan kesalahan kok dan tidak perlu kamu sesali. Sebaliknya, jadikan momen ini sebagai perayaan bahwa kamu punya hati yang gak "mati rasa"!

2. Ketika kamu memang harus berkata "tidak"

Ingat ya, Jangan Minta Maaf untuk 12 Hal IniPixabay

Ada tipe orang yang sulit mengatakan, "tidak" kepada orang lain. Apakah termasuk kamu?

Belajarlah untuk percaya bahwa kamu tidak bersalah kok ketika menolak permintan orang lain ketika kamu memang tidak bisa atau berlawanan dengan hati nuranimu.

Contoh paling gampang, ketika teman kamu titip absen saat kuliah hingga permintaan teman untuk menyontek saat ujian.

Inget baik-baik, kamu bukan ban serep atau keset, kamu sangat berhak berkata tidak!

3. Kamu punya impian dan kamu mengejar mimpimu

Ingat ya, Jangan Minta Maaf untuk 12 Hal Inipixabay/8212733

Entah kamu melakukan tindakan baik atau tindakan mulia sekalipun, pasti akan selalu ada orang-orang yang mengomentarimu dengan komentar jahat. Meminta maaf pada orang-orang ini sangat nggak perlu kamu lakukan karena tidak akan ada dampak baiknya buatmu. Bermimpilah setinggi yang kamu mau dan hiduplah sesuai keinginanmu karena itu adalah hidupmu sendiri!

4. Kamu sedang ingin menikmati waktumu sendiri

Ingat ya, Jangan Minta Maaf untuk 12 Hal Inipixabay.com/StockSnap

Tak ada yang lebih indah ketika kamu menghabiskan waktu sendiri, melakukan hobimu, setelah lelah kuliah atau bekerja. Kamu layak kok mendapatkan waktu "me time" itu.

Ketika ada teman yang mengajak nongkrong, dan hatimu berkata ingin sendirian, gak usah merasa bersalah. Jangan merasa bersalah karena memanjakan dirimu sendiri!

5. Kamu punya pendapat, prinsip dan pandangan hidup

Ingat ya, Jangan Minta Maaf untuk 12 Hal IniPixabay

Semua orang itu punya hak untuk mengembangkan pemikiran dan kepercayaan mereka sendiri, selama tidak menyakiti atau membahayakan orang lain kamu tak perlu minta maaf kok.

6. Ketika pertemanan atau hubungan harus berakhir

Ingat ya, Jangan Minta Maaf untuk 12 Hal Iniimdb.com

Gak ada yang salah saat kamu memutuskan untuk menjaga dirimu dari hubungan yang membuatmu terjatuh atau dari hubungan yang tidak sehat. Itu adalah bentuk perlindunganmu untuk dirimu sendiri. Seiring waktu, kamu akan belajar memilih siapa yang bisa mencintaimu dan menghargaimu seutuhnya. Termasuk segenap kekuranganmu.

7. Kamu tidak tahu jawaban dari suatu pertanyaan

Ingat ya, Jangan Minta Maaf untuk 12 Hal Inipexels.com/tanda tanya

Ada pertanyaan yang kamu tak tahu jawabannya? Ya, wajarlah! Gak usah meminta maaf karena kamu kan bukan Google.

Saat kamu tidak tahu jawaban suatu pertanyaan, tak perlu malu karena itu berarti kesempatan baru buatmu untuk belajar dan bertumbuh. Selalu ambil sudut pandang positif ya. 

8. Ketika kamu harus mengatakan kebenaran

Ingat ya, Jangan Minta Maaf untuk 12 Hal IniPixabay

Seseorang butuh kebenaran untuk memotivasinya agar menjadi lebih baik, bukan untuk menjatuhkannya. Jika kamu memang pernah mengatakan kebenaran dan menyakiti seseorang, minta maaflah dan bantulah dia maju.

9. Jangan gunakan kata "maaf" ketika tujuan utamamu mengharapkan orang lain juga meminta maaf padamu

Ingat ya, Jangan Minta Maaf untuk 12 Hal Inihancinema.net

Ingat, gunakan kata maaf memang untuk kesalahan yang kamu buat atau kamu sudah menyakiti hati orang lain. Jangan gunakan kata ini jika kamu justru mengharapkan orang lain merasa bersalah kepadamu. 

10. Jangan minta maaf untuk mengakhiri suatu perdebatan

Ingat ya, Jangan Minta Maaf untuk 12 Hal Iniinstagram.com/kdrama.official

Perdebatan sudah seharusnya diakhiri dengan jalan tengah yang sama-sama membawa kebaikan bagi kedua belah pihak. Sementara, minta maaf bukanlah cara yang benar untuk mengakhiri perdebatan.

 

11. Bercanda sama teman sambil ledek-ledekan dan kalian oke-oke saja

Ingat ya, Jangan Minta Maaf untuk 12 Hal Iniunsplash/Ben White

Kamu justru harus bahagia ketika bertemu teman-teman yang oke-oke saja ketika kalian bercanda sambil ledek-ledekan. No baper!

Artinya, mereka adalah sahabat dekat loh. Tapi, tetap kamu harus lihat-lihat karakter orang dan kondisi mereka ya. Siapa tahu, bercandamu keterlaluan dan temanmu sedang tidak dalam kondisi yang baik.

12. Jangan minta maaf ketika kamu tidak bisa menjadi sempurna

Ingat ya, Jangan Minta Maaf untuk 12 Hal IniPixabay

Membaca kalimat ini, kamu mungkin akan teringat lirik lagu Perfect milik Simple Plan ya. Tapi, kamu harus ingat guys, kesempurnaan cuma milik Tuhan, tidak ada orang yang sempurna.

Jadi, kalau ada yang nggak suka sama kamu karena kamu nggak sempurna, atau nggak bisa menerima dirimu apa adanya itu masalah mereka dengan diri mereka sendiri. Kamu nggak perlu minta maaf.

Terakhir, ini paling penting: jangan pernah minta maaf kalau kamu tidak serius minta maaf, karena apa yang membuat kata "maaf" itu berharga dan bekerja adalah ketulusan dari orang yang mengatakannya.

Baca Juga: 10 Ekpektasi Vs Realita Beli Baju Pengantin Online, Gagal Total!

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You