Comscore Tracker

5 Tanda Saat Hati Kamu Siap Jatuh Cinta Lagi

Kesedihan karena patah hati tak perlu berlarut

Sulsel, IDN Times - Patah hati kemudian tersakiti adalah salah satu pengalaman yang harus siap kamu hadapi ketika memulai hubungan dengan lawan jenis. Pengalaman tak mengenakkan itu bisa terjadi karena dia berselingkuh, berkhianat, atau hubungan kalian memang berakhir begitu saja.

Sedih, marah, dan kecewa akan melengkapi patah hati. Apalagi jika kamu sudah memberikan seluruh cintamu untuknya tapi ternyata malah luka yang kamu dapatkan sebagai imbal balik.

Penelitian mengungkap,  butuh waktu 6-15 bulan bagi seseorang untuk benar-benar move on dari orang yang ia cintai. Nah, lalu sesungguhnya bagaimana ya kita tahu kita sudah sembuh dari luka lama dan siap jatuh cinta lagi? 

1. Kamu sudah gak menghindar lagi dari dia yang menyakitimu

5 Tanda Saat Hati Kamu Siap Jatuh Cinta Lagidramabeans.com

Siapa yang block kontak dan sosial media mantan saat baru putus? Ayo jujur!

Tidak apa-apa karena itu tindakan yang wajar. Ketika kamu terluka, kamu akan berusaha untuk melupakan orang yang melukaimu tersebut. Gak heran kamu block semua akses komunikasi sama mantan, menghapus foto-foto kenangan sampai gak mau pergi ke tempat-tempat yang mengingatkanmu dengannya.

Namun, seiring berjalannya waktu, kamu akan biasa saja dan sudah tidak lagi menghindar dari si dia yang sudah menyakiti kamu. Tentu, ini menjadi tanda yang baik!

Apalagi ketika melihat sang mantan, kamu bisa tersenyum dan bersikap biasa aja. Ini tanda kamu sudah sembuh dari patah hatimu dan siap untuk jatuh cinta lagi. 

2. Hubunganmu sebelumnya tidak lagi memunculkan emosi negatif

5 Tanda Saat Hati Kamu Siap Jatuh Cinta Lagidramabeans.com

Emosi negatif, mulai dari sedih dan menangis semalaman, iri dengan hubungan orang lain, hingga dendam, bakal muncul ketika kamu baru saja disakiti. Inipun wajar kok.

Namun, jangan sampai emosi negatif ini dibawa berlarut-larut hingga merugikan orang lain.

Kamu akan tahu, kamu siap jatuh cinta lagi ketika luka lamamu tidak lagi memunculkan emosi negatif tersebut. Kamu bisa saja mengingat sang mantan, namun kamu gak lagi sedih. Justru mungkin kamu tersenyum karena berhasil keluar dari hubungan menyakitkan tersebut. 

3. Kamu sudah memaafkan dia yang menyakitimu

5 Tanda Saat Hati Kamu Siap Jatuh Cinta Lagi.dramabeans.com

Ketika kamu berhasil untuk bersikap 'biasa aja' sama dia dan gak menghindar, tandanya kamu sudah bisa memaafkan dia. Tapi, memaafkan itu gak cukup untuk membuatmu siap jatuh cinta lagi. Banyak orang yang merasa sudah memaafkan masa lalunya, tapi ternyata dia gak mau mendoakan kebahagiaan orang tersebut. Mungkin saja kamu berharap dia mendapat karma yang sama denganmu.

Kamu dapat dikatakan benar-benar tulus memaafkannya, ketika kamu juga mendoakan yang terbaik untuknya. Ini tanda kamu sudah mampu untuk jatuh cinta lagi dengan orang baru. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Orang yang Disakiti Justru Sulit Sekali untuk Move On

4. Kamu nyaman hidup sendirian, tapi juga gak menolak orang lain mendekatimu

5 Tanda Saat Hati Kamu Siap Jatuh Cinta Lagidramabeans.com

Banyak orang terluka mengambil jalan pintas untuk sembuh dengan mencari 'sosok lain' yang dapat menyembuhkan luka hatinya. Dari sini, istilah pelarian kerap muncul. Hatinya belum benar-benar sembuh tapi sudah punya orang baru.

Saat kamu terluka, kamu butuh break dari hubungan cinta dengan seseorang. Nyamanlah hidup dengan diri sendiri baru kamu bisa berbagi cinta dengan orang yang baru. Kamu akan siap untuk jatuh cinta lagi ketika kamu gak masalah hidup sendiri, tapi juga gak menolak orang lain mendekatimu.

5. Kamu mengerti pentingnya self love, sehingga kamu gak hanya siap menerima cinta tapi juga memberi cinta baru

5 Tanda Saat Hati Kamu Siap Jatuh Cinta Lagidramabeans.com

Ada pepatah yang mengatakan bahwa pasangan yang bahagia adalah mereka yang sudah 'penuh' masing-masing. Bagaimana kamu mau memberi cinta ke seseorang, kalau kamu juga gak mencintai dirimu sendiri?

Nah, gambaran ini menjadi tanda penting apakah kamu sudah siap jatuh cinta lagi atau belum. Pastikan kamu sudah mencintai dirimu sendiri dahulu baru memberikan cintamu kepada orang yang baru ya. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Telah Jatuh Cinta Sepenuhnya Terhadap Kekasihmu Saat Ini

Topic:

  • Irwan Idris
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya