Comscore Tracker

5 Tanda Rasa Kamu ke Dia Gak Benar-benar Cinta, Cuma Kasihan!

Coba tanya lagi hati kamu, ini cinta atau kasihan?

Banyak orang mendambakan cinta sejati namun tidak mengerti bagaimana cinta sejati itu sesungguhnya. Rasa cinta bisa muncul diawali dengan ketertarikan bahkan rasa simpati. Sayangnya, ketika cinta diawali dari rasa simpati, cinta tersebut terkadang tidak benar-benar tulus. Kamu tidak benar-benar jatuh cinta, tapi hanya memiliki rasa dengan modal kasihan. Seperti apa sih tandanya? Yuk kita cari tahu!

1. Kamu ingin menyelamatkan dia dari kemalangan, namun ketika dia akhirnya bahagia, kamu tidak ikut bahagia

5 Tanda Rasa Kamu ke Dia Gak Benar-benar Cinta, Cuma Kasihan!thoughtcatalog.com

Ketika kamu hanya kasihan, kamu selalu merasa ingin menyelamatkan dia dari kemalangan. Ada rasa ingin menjadi sosok superhero yang dapat diandalkannya. Namun anehnya, ketika akhirnya dia berhasil bahagia, kamu malah tidak senang.

Yang kamu cari adalah perasaan bangga karena berhasil menemani dan mengeluarkannya dari kemalangan. Namun, ketika akhirnya dia terbebas dari kemalangan, kamu kehilangan momen untuk menjadi pahlawan tersebut. Makanya kamu gak bahagia.

2. Kamu bertemu dengannya ketika dia sedang dalam masa-masa berat

5 Tanda Rasa Kamu ke Dia Gak Benar-benar Cinta, Cuma Kasihan!pexels/Immortal shots

Menyambung dari poin sebelumnya, rasa cinta yang berlandaskan kasihan diawali dari adanya pertemuan dalam masa berat. Salah satu sedang merasa tak berdaya kemudian ada pahlawan yang menemani dan menyelamatkannya dari masa berat tersebut. Merasa telah melihat pasangannya dari masa yang paling buruk, mereka akhirnya percaya bahwa hubungan tersebut berlandaskan cinta yang sesungguhnya. Terdengar seperti kisah yang romantis? 

Terkadang rasa cinta ini bukanlah cinta yang sesungguhnya, perasaan muncul karena seseorang ingin menjadi pahlawan bagi satu orang lainnya. Akhirnya, kalian akan terus terjebak dalam hubungan pahlawan dan korban.

3. Ada yang lebih dominan dan ada yang terkesan tertindas

5 Tanda Rasa Kamu ke Dia Gak Benar-benar Cinta, Cuma Kasihan!Pexels/Vera Arsic

Ketika kamu menjalani hubungan karena dasar kasihan, salah satu orang akan terlihat dominan dan yang satunya tertindas. Awalnya, dia yang dominan mungkin akan terlihat romantis, namun semakin lama ia akan terlihat mengekang.

Dia ingin selalu terlihat powerful, kuat, dan punya kendali dalam hubungan. Akhirnya, sang pasangan akan terlihat tertindas.

Hubungan ini berlandaskan rasa kasihan, sehingga si dominan tidak akan membiarkan pasangannya bebas. Tentunya ini merupakan hubungan yang sangat tidak sehat.

Baca Juga: Girls, 8 Kalimat Sederhana Ini Bikin Cowok Bersyukur Punya Kamu

4. Salah satu pihak terlalu banyak memberi tanpa imbal balik yang sama

5 Tanda Rasa Kamu ke Dia Gak Benar-benar Cinta, Cuma Kasihan!pexels/pixabay

Selain rasa menjadi pahlawan, ketika kamu kasihan kamu cenderung akan memberi terlalu banyak. Memang gak salah untuk memberi kepada orang yang kita sayangi, namun ketika kamu tidak mendapat imbal balik yang sama, hubungan ini tentu akan menjadi tidak seimbang.

Hubungan yang baik adalah hubungan yang seimbang. Ketika kamu memberi, kamu juga akan menerima. Bukan berarti kamu mengharapkan imbalan kembali, namun dia yang betul-betul mencintaimu gak akan membiarkanmu terus-terusan memberi.

5. Yang kamu lihat dari pasangan hanya kelemahannya, bukan kelebihannya

5 Tanda Rasa Kamu ke Dia Gak Benar-benar Cinta, Cuma Kasihan!pexels/Vera Arsic

Terakhir, hubunganmu bukan cinta namun kasihan, ketika kamu fokus terhadap kelemahan pasanganmu. Setiap orang memiliki kebaikan dan keburukannya masing-masing. Namun, yang kamu lihat dari pasanganmu hanya keburukannya dan bagaimana kamu bisa mengimbangi kelemahan tersebut.

Meskipun mungkin pasanganmu punya berbagai kelebihan, kamu gak ingin kelebihan tersebut lebih menonjol daripada kelemahannya. Pokoknya, dia harus terlihat lebih lemah daripada kamu.

Seperti itulah tanda kamu gak benar-benar cinta, tapi hanya kasihan. Kamu dan pasanganmu gimana? Benar cinta atau hanya kasihan?

Baca Juga: 8 Sikap Cowok Tanda Dia Betulan Tulus sama Kamu, Cowokmu Gimana?

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya