7 Seserahan "Tak Biasa" Demi Melamar Gadis Toraja

Seserahan yang satu ini mungkin yang paling mahal dalam daftar

Sulsel, IDN Times - Seserahan merupakan salah satu tradisi yang  menjadi bagian dalam prosesi pernikahan beberapa suku di Tanah Air. Seserahan ini biasanya diberikan dari pihak calon mempelai pria saat lamaran--sebelum pesta pernikahan digelar. 

Apa saja isi seserahan itu biasanya berbeda di setiap tempat. Lalu, bagaimana jika mau melamar gadis asal Tana Toraja? Di daerah yang termasuk dalam provinsi Sulawesi Selatan ini, banyak syarat yang wajib kamu penuhi sebelum bisa mendapatkan restu dari kedua orangtua si gadis.

Gak main-main, IDN Times mencatat ada 7 syarat seserahan yang wajib kamu penuhi jika ingin melamar gadis Toraja. 

Baca Juga: Wisata Alam dan Budaya Berpadu di Toraja International Festival 

1. Kapur sirih

7 Seserahan Tak Biasa Demi Melamar Gadis Torajarepository.usu.ac.id

Syarat seserahan pertama yang wajib kamu penuhi sebelum melamar gadis Toraja adalah membawa kapur sirih. Di adat Toraja, kapur sirih memang salah satu barang yang gak boleh dilupakan.

Seserahan kapur sirih ini juga gak boleh sembarangan ternyata bro. Urat daun sirihnya harus dipastikan menyatu. Soalnya, urat daun sirih yang menyatu menandakan bersatunya kedua keluarga besar.

2. Padi

7 Seserahan Tak Biasa Demi Melamar Gadis TorajaPixabay/41330

Syarat seserahan selanjutnya yang wajib kamu siapkan kalau mau melamar gadis Toraja adalah padi. Ingat ya, bukan beras.

Makanan pokok ini jadi seserahan wajib karena maknanya yang mendalam dalam adat orang Toraja sendiri yakni sebagai lambang kesuburan dan rejeki.

3. Sayur mayur dan umbi-umbian

7 Seserahan Tak Biasa Demi Melamar Gadis TorajaPixabay/distel2610

Ketiga, syarat seserahan yang wajib dipenuhi untuk melamar gadis Toraja adalah sayur mayur dan umbi-umbian. Seserahan ini wajib dibawa kala kamu melamar gadis Toraja bro. Bagi orang Toraja, seserahan satu ini menandakan keberkahan yang berwujud hasil bumi pemberian dari yang kuasa.

4. Uang logam lama alias kuno

7 Seserahan Tak Biasa Demi Melamar Gadis TorajaPixabay/Devanath

Seserahan selanjutnya yang wajib dipenuhi ketika akan melamar gadis Toraja adalah uang logam lama. Kenapa harus uang logam lama atau kuno? Koin kuno menandakan bahwa kamu berniat meminang bersama seluruh bagian dalam hidupnya, termasuk leluhur yang dalam hal ini disimbolkan dalam uang logam lama.

5. Parang dan kostum tradisional Toraja

7 Seserahan Tak Biasa Demi Melamar Gadis TorajaIlustrasi Tana Toraja (Instagram/ika_hi_)

Sama seperti di adat lain, syarat selanjutnya yang wajib kamu penuhi untuk melamar gadis Toraja adalah parang dan kostum tradisional. Membawa parang atau senjata khas dan kostum tradisional saat lamaran menandakan kamu gak lupa sama leluhur berikut dengan tradisinya bro.

6. Kue dan masakan khas Toraja

Gak berbeda jauh dengan adat atau syarat melamar pada daerah lainnya, saat kamu akan melamar gadis Toraja maka jangan lupa juga membawa seserahan berupa kue dan masakan khas.

Contohnya adalah nasi merah, lalu makanan yang dibungkus dengan bambu, seperti Pa'Piong Manuk atau Dangkot, Pokon, Kririk, Deppa Tori, ketan dalam bambu dan masih banyak lagi.

7. Kerbau

7 Seserahan Tak Biasa Demi Melamar Gadis TorajaAdu kerbau di Toraja (Wikipedia/org/00indra)

Nah, ini mungkin seserahan paling mahal dalam daftar ini. Bisa dibilang, kerbau dalam adat Toraja adalah lambang status sosial.

Semakin tinggi status sosial gadis yang akan kamu lamar bro, maka semakin banyak juga jumlah kerbau yang perlu kamu serahkan untuk mendapat restu dari orangtua.

Kabarnya, untuk wanita golongan puang atau golongan atas wajib menyerahkan 1 hingga 12 ekor kerbau. Lalu untuk wanita golongan "tumakaka" wajib menyerahkan 1 sampai 3 ekor kerbau dan 1 ekor saja untuk wanita golongan hamba.

Nah, itulah 7 syarat seserahan yang wajib kamu penuhi bro kalau berniat melamar gadis Toraja. Panjang yah prosesinya, tapi worth it kok demi pujaan hati. 

Fyi, di beberapa keadaan seserahan di atas gak perlu di bawa atau dipenuhi. Cukup disesuaikan dengan keputusan keluarga dan kondisi keuangan bro.

Baca Juga: 8 Stereotip Salah Kaprah Tentang Toraja yang Tak Boleh Kamu Percaya

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You