Comscore Tracker

5 Cara Ampuh Merelakan Orang yang Dicintai Pergi dari Kehidupanmu

Pahami bahwa kenangan dengannya sudah berlalu

Kebanyakan orang akan merasa kehilangan setengah dari dirinya saat kehilangan orang yang dicintai. Ya, kamu sulit melepaskan orang yang kamu sayangi meskipun sudah putus dari hubunganmu. Tak jarang, ada orang menginginkan kembali hubungannya dengan mantannya.

Terkadang, sebuah hubungan harus berakhir karena memang tidak adanya kecocokan. Kalau kamu harus berpisah dan sulit melupakan mantan, berikut cara melepaskan orang yang dicintai setelah berakhirnya hubungan.

1. Kelilingi dirimu dengan orang yang mencintai dan menghargaimu

5 Cara Ampuh Merelakan Orang yang Dicintai Pergi dari Kehidupanmuunsplash.com/brooke cagle

Saat kamu kehilangan orang yang kamu sayangi, kamu merasa kehilangan bagian dari dirimu. Kamu bisa mengembalikan bagian itu sehingga merasa lebih seimbang. Hubungi sahabatmu atau keluargamu yang selama ini terasa jauh. Orang-orang ini yang akan membantumu mengembalikan dirimu lagi seperti sebelumnya.

2. Pahami bahwa kenangan dengannya sudah berlalu

5 Cara Ampuh Merelakan Orang yang Dicintai Pergi dari Kehidupanmuunsplash.com/krists luhaers

Pikiranmu memang cenderung selalu mengingat hal-hal baik dari masa lalumu. Pikiran dapat menghapus hal yang membosankan dan mengingat yang menarik.

Kamu tentu pernah berpikir ulang mengapa kamu bisa bersama mantan yang pernah menyakitimu. Padahal, kamu mengenang bahwa dia sangat baik padamu. Memori itu tidak akurat karena otak kita membawa kita pada satu hal bahagia dan melupakan rasa sakit itu.

3. Lakukan apa pun yang kamu sukai dan ingin lakukan

5 Cara Ampuh Merelakan Orang yang Dicintai Pergi dari Kehidupanmuunsplash.com/@joeel56

Hal yang pasti setelah kamu mengakhiri hubunganmu adalah kamu bisa melakukan apa pun yang kamu mau. Tetapi, alih-alih melakukan banyak hobi dan perawatan, kamu malah rebahan dan meratapi masa lalu.

Hubunganmu sudah berakhir dan kamu berhak bahagia. Kamu bisa melakukan apa pun itu tanpa harus memikirkan kesenangan orang lain dan menyenangkan siapa pun.

Baca Juga: 8 Tanda Cowokmu Bisa Jadi Pendamping Hidup Terbaik, Perjuangkan!

4. Membangun hubungan lagi dengan dirimu sendiri

5 Cara Ampuh Merelakan Orang yang Dicintai Pergi dari Kehidupanmuunsplash.com/@dominikwycislo

Saat kamu membangun hubungan dengan pasanganmu, kamu lupa untuk berhubungan dengan dirimu sendiri. Kamu lupa untuk menjaga tubuh, pikiran, dan perasaanmu sendiri.

Berakhirnya hubungan berarti kamu bisa kembali mengembangkan dirimu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Kamu bisa mengikuti kelas yang ingin kamu ikuti, mengikuti minatmu, dan membiarkan dirimu merasa senang dan sedih tanpa dihakimi.

5. Jangan takut untuk single dahulu beberapa waktu

5 Cara Ampuh Merelakan Orang yang Dicintai Pergi dari Kehidupanmuunsplash.com/@eyeforebony

Saat kamu lepas dari hubunganmu, kamu cenderung ingin mengisi kekosongan dengan mencari orang lain dan menjalin hubungan baru. Ini akan mengalihkanmu dari kegiatan sebelum yang justru bisa kamu gunakan untuk memulihkan dirimu.

Kamu perlu memulihkan diri dan mengembangkan diri untuk bisa membuka hati untuk orang berikutnya. Single untuk beberapa saat bukan berarti kamu tidak bisa menemukan orang lain lagi, tapi kamu memberikan waktu untuk diri sendiri memulihkan diri agar siap untuk berkencan lagi.

Itu dia tips untukmu melepaskan orang yang kamu cintai setelah kamu putus. Tidak perlu terburu-buru untuk move on, karena ini perkara hubunganmu dan dirimu sendiri.

Baca Juga: 5 Zodiak Cewek dengan Pesona Maksimal, Selalu Bikin Kangen!

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya