Comscore Tracker

Mengapa Penting Terbuka kepada Pasangan? Ini 5 Alasannya

#IDNTimesLife Sebaiknya ungkapkan perasaanmu kepada pasangan

Kalau kamu mendambakan hubungan yang romantis, keterbukaan dan saling jujur adalah kuncinya. Salah satunya dengan terbuka terhadap perasaan satu sama lain dan menyampaikannya secara langsung kepada pasangan.

Mengungkapkan perasaan kepada pasangan memang bisa lebih mendekatkan hubungan kalian. Yuk, simak apa saja alasan kamu harus mengungkapkan perasaanmu pada pasangan dan sebaliknya.

1. Menguatkan hubunganmu dengan pasangan

Mengapa Penting Terbuka kepada Pasangan? Ini 5 Alasannyapixabay.com/Vinotecarium

Dengan jujur dan terbuka kepada pasangan, ikatan kalian semakin kuat, sedangkan rasa insecure dalam hubungan berkurang. Dikutip dari Elite Daily, seorang penasihat hubungan asmara bernama Connell Barrett mengatakan bahwa terbuka kepada pasangan membuatnya yakin akan komitmenmu dan mengingatkan kembali bahwa dia spesial untukmu.

2. Memahami kebutuhan yang diinginkan pasanganmu

Mengapa Penting Terbuka kepada Pasangan? Ini 5 Alasannyafreepik.com/svetlanasokolova

Dengan menyampaikan perasaan kepada pasangan, kamu jadi lebih peduli terhadap apa yang kamu butuhkan. Dan itu membantumu jadi orang yang lebih baik.

Sebaliknya, pasanganmu mengerti apa keinginanmu dan apa yang kamu butuhkan dalam hubungan yang kalian bangun bersama.

3. Membantumu untuk membicarakan hal yang sulit

Mengapa Penting Terbuka kepada Pasangan? Ini 5 AlasannyaPexels.com/Ketut Subiyanto

Kalau ada hal yang sulit kamu diskusikan dengan pasangan, ini dapat berdampak pada hubunganmu. Namun, kamu bisa membukanya dengan menyampaikan perasaanmu tentang topik itu. Dilansir Verywell Mind, saat kamu bisa menyampaikan perasaan terdalam yang kamu rasakan, kamu akan mendapat hubungan yang kuat dan berarti dalam hidupmu.

Baca Juga: Setelah Bertengkar Hebat, Ini Cara Memperbaiki Hubungan dengan Sahabat

4. Membantu kamu dan pasanganmu agar gak bertengkar

Mengapa Penting Terbuka kepada Pasangan? Ini 5 AlasannyaFreepik.com/freepik

Kalau kamu sudah saling terbuka, kamu pun saling mengerti apa yang satu sama lain pikirkan. Hal ini akan membantumu dalam jangka panjang untuk memahami perspektif pasanganmu tanpa membuat konflik yang memengaruhi hubunganmu.

5. Membantu pasanganmu lebih berempati

Mengapa Penting Terbuka kepada Pasangan? Ini 5 AlasannyaUnsplash/alan filipe santos diaz

Berbagi tentang perasaanmu tentang suatu topik dengan pasangan akan membuat pasangan lebih berempati. Saat kamu mengalami hari yang buruk dan menceritakan pengalamanmu, pasanganmu akan tersentuh dan menjadi lebih berempati akan apa yang kamu rasakan.

Inilah alasan-alasan kamu sebaiknya mengungkapkan perasaanmu dengan pasangan secara jujur dan terbuka. Hubunganmu pun akan lebih kuat dan langgeng.

Baca Juga: 5 Tips Punya Hubungan yang Bahagia, Sweet Banget! 

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya