Comscore Tracker

Jangan Salah Kira, 5 Beda Pasangan yang Betulan Cinta atau Cuma Obsesi

Pasanganmu menunjukkan tanda yang mana?

Perasaan cinta bisa, jika menggebu, bisa berubah menjadi obsesi. Apalagi jika kamu kurang pandai mengelola perasaan.

Kamu bisa saja mengira sikapmu menunjukkan tanda cinta, namun justru jadi bumerang dan ternyata membuat pasanganmu merasa gak nyaman.

Lalu, bagaimana membedakan antara pasangan yang tulus atau hanya karena obsesi? Simak perbedaannya berikut ini yang sering gak disadari.

1. Mencintai dengan tulus berarti ada dalam suka dan duka. Sebaliknya, orang yang hanya terobsesi itu mudah meninggalkan

Jangan Salah Kira, 5 Beda Pasangan yang Betulan Cinta atau Cuma Obsesipexels.com/Văn Thắng

Orang yang betulan sayang sama pasangan akan serius dan memegang komitmen terhadap hubungan. Gak peduli situasi, dia akan menemani baik sedang susah maupun senang.

Sebaliknya, orang yang hanya menginginkan satu atau dua hal dari pasangan akan cepat merasa bosan. Dia akan mudah meninggalkan saat ada keinginannya yang mulai gak sesuai harapan.

2. Orang yang tulus, tahu bagaimana menunjukkan rasa cintanya. Orang yang hanya terobsesi, akan mencintai tanpa logika

Jangan Salah Kira, 5 Beda Pasangan yang Betulan Cinta atau Cuma ObsesiPexels.com/Joao Jesus

Jika memang tulus, kamu tahu bagaimana cara memperlakukan pasanganmu. Kamu mencintai bukan hanya sebatasi materi, fisik, atau alasan tertentu yang bisa dihitung. Hal-hal itu jadi pertimbangan, tapi kamu gak akan melihat satu hal saja dari dia.

Sebaliknya, orang yang terobsesi mencintai pasangannya tanpa mempertimbangkan logika. Dia akan lebih sering menuntut dibandingkan berupaya memahami pasangan.

3. Jika kamu tulus, pasangan akan merasa aman dan terlindungi. Sebaliknya, saat kamu hanya terobsesi, pasangan merasa terkekang

Jangan Salah Kira, 5 Beda Pasangan yang Betulan Cinta atau Cuma ObsesiIDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Orang yang tulus, tahu bagaimana menghargai pasangannya. Kamu mau mendengarkan pasanganmu dan ia merasa aman serta terlindungi denganmu.

Saat hanya terobsesi, kamu bakal lebih mudah memaksakan kehendak pribadi. Kamu tak peduli terhadap perasaan pasangan karena hanya ingin menyelamatkan diri agar gak terluka dalam hubungan. 

Baca Juga: 5 Tanda Cinta Kalian Hanya Sekadar Obsesi, Bahaya!

4. Orang yang terobsesi hanya menginginkan pasangan, namun gak dibarengi dengan hubungan yang sehat

Jangan Salah Kira, 5 Beda Pasangan yang Betulan Cinta atau Cuma ObsesiIDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Memang cukup tricky buat melihat seseorang betulan sayang atau hanya terobsesi dalam hubungan yang dijalin. Seseorang yang hanya terobsesi, kerap kali kehilangan kontrol diri dan ingin selalu bersama di setiap waktu.

Kamu bakal menghalalkan segala cara untuk membuat kemauanmu bisa dituruti oleh pasangan. Kamu bahkan bisa bertindak secara gak logis.

Akalmu seperti sudah tumpul karena yang kamu mau adalah pasangan. Bukan gak mungkin, sisi obsesi yang kamu miliki bisa membuat hubungan jadi beracun. 

5. Sementara itu, orang yang betulan mencintai akan memberi ruang untuk bisa berkembang bersama dalam hubungan yang sehat

Jangan Salah Kira, 5 Beda Pasangan yang Betulan Cinta atau Cuma ObsesiIDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Sebaliknya, orang yang mencintai tulus akan memberi ruang buat pasangan agar dapat mengembangkan diri dengan maksimal. Kamu punya rasa percaya pada pasangan dan percaya pada hubungan yang sedang kamu jalin sekarang. 

Hari-hari yang kamu lewati bersamanya, tampak cerah karena kalian mampu mengembangkan hubungan yang sehat. Hubungan ini saling mendukung dan berorientasi pada kepercayaan serta komitmen.

Sikap obsesi yang kamu miliki akan mengantarkan hubungan pada jurang kehancuran. Jadi, berhati-hatilah dengan sifat satu ini! Sebab banyak orang yang menyangkal. Gak setiap pasangan pula mau menunjukkanmu perilaku yang mengganggu dalam hubungan. 

Baca Juga: Ini Bedanya Rasa Cinta Vs Obsesi, Jangan Salah Langkah!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya