Comscore Tracker

Berkaca di Film Sweet & Sour, Ini 5 Pemicu Orang Selingkuh

#IDNTimesLife Apakah kamu tidak lagi jadi prioritas?

Pada 4 Juni 2021 lalu Netflix merilis film Korea Sweet & Sour. Film bergenre komedi romantis ini mengangkat kisah tentang pasangan yang terlibat perselingkuhan.

Film yang dibintangi Jang Ki Yong, Chae Soo Bin, dan Jung Soo Jung ini gak cuma menyuguhkan romansa yang unik. Kamu bisa berkaca pada kisah cinta yang sarat makna dan pelajaran berharga. Dari film garapan Lee Kae Byeok ini, misalnya, kamu bisa belajar lima hal yang bisa jadi penyebab perselingkuhan.

Buat yang belum nonton, film ini mengandung spoiler.

1. Berhenti saling mendengarkan

Berkaca di Film Sweet & Sour, Ini 5 Pemicu Orang SelingkuhFilm Sweet & Sour 2021. (instagram.com/netflixkr)

Awal retaknya hubungan bisa jadi berawal dari pasangan yang berhenti saling mendengarkan apa yang dirasakan dan dialami satu sama lain. Saat enggan mendengarkan, empatimu terhadap pasangan jadi berkurang.

Di film, Hyuk dan Da Eun tak lagi ingin tahu bagaimana perasaan satu sama lain dengan dalih pekerjaan atau lelah dengan kesibukan. Akhirnya masing-masing mencari orang baru yang mau mendengarkan keluhan dan memahami perasaannya.

Untuk menghindarinya, cara paling efektif adalah mendengar dengan sungguh-sungguh dan tidak defensif dengan satu sama lain. 

2. Tidak lagi menjadikanmu prioritas

Berkaca di Film Sweet & Sour, Ini 5 Pemicu Orang SelingkuhFilm Sweet & Sour 2021. (instagram.com/netflixkr)

Apakah saat ini kamu dan pasangan masih berupaya membina hubungan dan mengutamakan satu sama lain? Berhenti menjadikan pasanganmu prioritas bisa jadi tanda awal keretakan hubungan, sebab kamu tak lagi penting baginya.

Hal ini terjadi pada pasangan Hyuk dan Da Eun yang memilih untuk berhenti mengupayakan dan mempertahankan hubungan mereka. Hyuk lebih memilih makan dengan teman kantornya, Bo Yeong daripada menghabiskan waktu bersama Da Eun. 

3. Mencari kebahagiaan lain

Berkaca di Film Sweet & Sour, Ini 5 Pemicu Orang SelingkuhFilm Sweet & Sour 2021. (instagram.com/netflixkr)

Waktu Hyuk bingung dengan nasib kekasihnya yang hamil, dia memilih mencari hiburan, alih-alih duduk berdua dan mendiskusikan hal tersebut. Umumnya perselingkuhan terjadi saat pasangan mulai menghibur diri sendiri bersama seseorang di luar hubungannya.

Hyuk merasa Bo Yoeng bisa menjadi pelarian dari masalahnya. Bo Yoeng seolah menawarkan kebahagiaan lain bagi Hyuk yang tengah mengalami permasalahan dengan kekasihnya. 

Hal seperti ini bisa jadi awal mula perselingkuhan dalam hubunganmu. Daripada lari dari masalah, cobalah untuk menghadapinya dan menyelesaikan setiap permasalahan berdua. 

Baca Juga: 5 Syarat Mutlak Kamu Berniat Balikan dengan Dia yang Selingkuh

4. Saling mengkritik kepribadian pasangan

Berkaca di Film Sweet & Sour, Ini 5 Pemicu Orang SelingkuhFilm Sweet & Sour 2021. (instagram.com/netflixkr)

Sebagai pekerja yang sibuk dan perawat yang kelelahan dengan pekerjaannya, Hyuk dan Da Eun harus sering terlibat dalam berbagai pertengkaran. Sayangnya, pertengkaran yang terjadi disertai dengan kritik terhadap kerpibadian satu sama lain. 

Tentu saja, kritik yang dimaksud adalah kecaman yang negatif, cenderung menghina dan bersifat destruktif. Mengkritik kepribadian akan melukai hati pasanganmu. Apalagi jika kritik yang terjadi dalam keadaan emosi dan kondisi lelah secara fisik. 

Daripada mengkritik kepribadiannya, lebih baik kamu fokus menyampaikan apa yang tidak kamu suka dari tindakan pasanganmu. Mengeluh berarti kamu menyatakan perbuatan apa yang tidak kamu suka dari pasanganmu. 

Dengan menjaga emosi agar tidak tersulut amarah, akan membuatmu terhindar dari pertengkaran. Hal ini juga membuat kamu dan pasanganmu tidak mengalami keretakan hubungan. 

5. Menjalin hubungan atas dasar rasa kasihan

Berkaca di Film Sweet & Sour, Ini 5 Pemicu Orang SelingkuhFilm Sweet & Sour 2021. (instagram.com/netflixkr)

Hubungan tidak sehat bisa jadi karena menjalaninya dengan alasan kasihan. Ketika kamu terjebak dalam hubungan yang lebih besar perasaan kasihan daripada cintanya, kamu akan melakukan segala hal secara terpaksa. 

Padahal, hubungan yang baik diusahakan oleh kedua belah pihak. Apabila kamu hanya bertahan karena kasihan, maka tindakanmu tidak akan tulus. Akibatnya, pasanganmu akan lebih mudah mencari orang lain yang bersungguh-sungguh menjaga hubungan itu. 

Nah itu tadi beberapa hal yang dapat menjadi awal perselingkuhan dalam hubunganmu. Ketika kamu mengalami masalah dengan pasangan, cobalah untuk memahami dan saling mendengarkan keluhan satu sama lain. 

Baca Juga: 5 Alasan Selingkuh Dibalas Selingkuh Lagi Itu Buktikan Kamu Gak Dewasa

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya