TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Makna Gebetan Kerap Bilang Sibuk, Awas Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

#IDNTimesLife Kembangkan rasa pengertian yang lebih besar

ilustrasi bertelepon (pexels.com/Arina Krasnikova)

Intinya Sih...

  • Gebetan yang sering bilang sibuk bisa jadi berusaha menghindarimu
  • Kesibukan sebenarnya bisa menjadi alasan valid, tapi perhatikan juga tanda-tanda lainnya
  • Ada kemungkinan dia ingin meningkatkan daya tariknya dengan mengatakan kesibukan sebagai strategi

Buat kamu yang sedang berusaha mendapatkan perhatian gebetan, seberapa sering dia bilang sibuk ketika diajak pergi olehmu? Kalau 2 dari 3 kali upayamu mendekatinya dengan berbagai cara selalu direspons dengan perkataan bahwa dia sedang sibuk, dirimu perlu waspada. Pun ini sudah ajakanmu yang kesekian kalinya.

Artinya, dia kerap menolak usaha PDKT yang dilakukan olehmu. Dirimu mengajaknya makan di luar saat akhir pekan pun, katanya masih sibuk dan bilang lain kali saja. Telepon atau chat-mu juga jarang dijawab dengan alasan dia sibuk. Apakah benar ia sesibuk itu sampai mengangkat telepon serta membalas chat saja gak sempat?

Ada beberapa kemungkinan makna di balik alasannya sibuk melulu. Kamu jangan terlalu lugu saat memperoleh jawaban seperti itu dari gebetan. Siapkan diri untuk kemungkinan terburuknya, yaitu dia berusaha menutup pintu hatinya rapat-rapat untukmu. Biar kamu gak penasaran, kami uraikan arti selengkapnya dari alasannya lagi sibuk.

1. Memang kesibukannya tinggi dan ia ingin dimengerti

Ini sih, bukan sekadar alasannya buat menghindarimu. Memang dia punya kesibukan yang tinggi baik karena sudah terbiasa seperti itu atau kebetulan saja sedang ada kegiatan tertentu di kantornya. Kamu perlu lebih mengenal kesibukan gebetan biar tidak salah paham.

Kalau dirimu benar-benar mengerti ritme kesibukannya, tanpa dia bilang sibuk pun seharusnya kamu sudah paham. Peningkatan aktivitasnya terlihat jelas olehmu. Ia berpindah-pindah lokasi untuk keperluan pekerjaannya, terus menerima telepon penting, dokumen pekerjaannya tersebar di meja, dan wajahnya terlihat tegang sekaligus lelah.

Dengan dia menegaskan sedang sibuk, satu-satunya harapannya padamu ialah kamu bersikap pengertian. Jangan malah membuatnya tambah pusing dengan permintaan macam-macam. Meski dirimu ingin mengajaknya jalan, tunda dulu saja sampai kesibukannya berkurang. Bahkan nanti setelah kesibukannya reda, boleh jadi dia yang terlebih dahulu mengajakmu pergi.

2. Sebenarnya dia gak sesibuk itu, tapi tidak tertarik denganmu

Nah, ini tanda bahaya buatmu yang lagi memperjuangkan cinta. Gebetan yang sedikit-sedikit beralasan sibuk boleh jadi hanya berpura-pura. Tujuannya pantas bikin kamu syok, yaitu ia sebenarnya tak tertarik padamu. Dia cuma gak mau terdengar kasar dengan langsung mengatakannya.

Ia lebih memilih cara menghindarimu dengan alasan kesibukan. Harapannya, kamu akan peka atas sinyal yang diberikannya atau terlalu capek buat mengejarnya sehingga berhenti sendiri. Dari mana dirimu bisa tahu dia sibuk betulan atau cuma alasan untuk menghindarimu? Lakukan pengamatan terhadap aktivitasnya dan responsnya ke orang lain.

Dia hanya pura-pura sibuk apabila ketika kamu diam-diam mengamati mendapatinya masih santai-santai saja. Ia malah nongkrong dengan teman-temannya dan tak tampak harus bergegas pergi. Celakanya lagi kalau dia mau diajak pergi berdua saja oleh lawan jenis selain kamu. Bila ini terjadi, jangan-jangan itulah gebetannya dan cintamu bertepuk sebelah tangan.

3. Pura-pura sibuk agar kamu lebih tertarik padanya

Meski kemungkinan di poin kedua sangat menakutkanmu, jangan terlalu khawatir dulu. Ada juga makna sebaliknya yang sangat positif untukmu asal kamu gak salah membacanya. Ucapan-ucapannya terkait kesibukan tak lebih dari strateginya buat meningkatkan daya tariknya di matamu.

Sekalipun kamu yang duluan naksir, ia agak tidak percaya diri. Dia takut terlihat tak cukup sibuk untuk membuat daya tariknya selalu kuat bagimu. Terutama jika ia cowok dan kamu cewek. Kesibukan kerja kerap dipandang sebagai letak harga diri seorang cowok. Dia tidak sekadar ingin diketahui sudah bekerja, melainkan juga termasuk dalam orang yang sibuk.

Kesibukan dipercaya berbanding lurus dengan jabatan serta pendapatan. Bila ia selalu bilang gak sibuk padamu, jangan-jangan kamu menyangkanya tak serius dalam bekerja. Atau, masa depannya kurang prospektif sehingga dirimu berpikir ulang buat meneruskan pendekatan atau mencari gebetan yang lain saja.

4. Dia menginginkan pasangan yang juga punya kesibukan

Gebetan boleh jadi punya kriteria khusus untuk calon pendampingnya nanti. Dia menginginkan pasangan yang juga memiliki kesibukannya sendiri selama itu positif. Misalnya, kalian sama-sama sibuk bekerja. Jangan ia sibuk bekerja, sedangkan kamu siang dan malam cuma sibuk mengejar-ngejarnya.

Sikapmu itu justru bikin dia risi. Ia butuh pasangan yang cukup sepadan dalam kesibukan. Bila kesibukan kalian jomplang, pasti sulit untuk kamu dan dia bisa merasa nyambung. Terutama di posisinya yang menjadi gak leluasa beraktivitas dan sukar mengobrolkan kesibukannya padamu.

Kamu pun menjadi lebih susah memahaminya apalagi mampu memberinya dukungan. Tuntutanmu bisa membuatnya tertekan seperti ia harus meluangkan waktu sekarang juga buatmu. Sikap begini hanya akan meningkatkan stres gebetanmu di samping stres akibat pekerjaannya. Cobalah menambah kesibukanmu dan lihat seperti apa reaksinya kemudian.

Baca Juga: 5 Tips Bertemu Teman Kencan Online Pertama Kali, Anti Canggung!

Verified Writer

Marliana Kuswanti

Penulis fiksi maupun nonfiksi. Lebih suka menjadi pengamat dan pendengar. Semoga apa-apa yang ditulis bisa memberi manfaat untuk pembaca. Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya