Comscore Tracker

Dijamin Ampuh, 10 Cara PDKT Ilmiah secara Psikologis

Ketahui apakah lawan bicaramu merasa nyaman atau tidak

Kamu pasti menyadari bahwa bersosialisasi tidak semudah yang dibayangkan. Setiap kata yang diucapkan bisa jadi bumerang bagi diri sendiri dan bikin gak nyaman.

Kadang, apa yang kita lakukan bisa merusak hubungan sosial. Tapi santai saja, karena hal seperti itu banyak dialami orang.

Peneliti sudah menyelidiki hal tersebut dan mencari cara bagaimana bersosialisasi yang baik. Berikut ini adalah beberapa cara ilmiah untuk bersosialisasi yang terbukti ampuh secara psikologis.

1. Perhatikan kaki lawan bicaramu

Dijamin Ampuh, 10 Cara PDKT Ilmiah secara Psikologisreddit.com

Bahasa tubuh cenderung lebih jujur dibandingkan ucapan. Kamu bisa mengetahui seseorang berbohong lewat matanya. Ingin yang lebih jujur? Perhatikan kakinya!

Dari kaki lawan bicaramu, kamu bisa mengetahui apa yang dia rasakan saat itu. Contohnya saat dia menyilangkan kaki. Itu tanda dia merasa tidak nyaman, saat otak telah memprogram tubuh secara tidak sadar untuk bersiap-siap pergi.

2. Minum kopi sebelum wawancara

Dijamin Ampuh, 10 Cara PDKT Ilmiah secara Psikologiswallpaperflare.com

Ada banyak tip di internet untuk persiapan sebelum wawancara. Tapi sebagian besar tip itu tidak berguna, sebab kebanyakan pewawancara mengajukan pertanyaan secara spontan dan dalam waktu singkat.

Cara terbaik menghadapi wawancara adalah mengetahui apa yang kamu bicarakan. Untuk meningkatkan kemungkinan meraih kesempatan tersebut, ada baiknya kamu juga perlu menghangatkan tanganmu.

Beberapa penelitian menemukan jika kehangatan dapat membuat seseorang tampak lebih baik dan murah hati. Saran dari kami: baiknya kamu meminum kopi panas sebelum wawancara yang mana dapat menghangatkan tangan sekaligus.

3. Suntiklah botoks di wajahmu jika kamu ingin menjadi seseorang yang tidak memiliki perasaan

Dijamin Ampuh, 10 Cara PDKT Ilmiah secara Psikologist2conline.com

Perawatan botoks sudah dikenal membuat seseorang susah berekspresi. Namun penelitian baru-baru ini menunjukkan jika pengaruh tersebut tak hanya berefek pada fisik tetapi juga pada emosi.

Itu berarti berkat botoks kamu tak lagi mudah sakit hati dan baper, jadi baiknya kamu melakukan perawatan botoks jika lelah dengan sakit hati. Peneliti masih belum bisa memahami fenomena ini mengingat emosi datang dari otak dan perawatan botoks hanya di luar saja. Eits, konsultasi ke dokter dulu tentang risiko dan konsekuensinya ya.

4. Gunakan bahasa sederhana ketika berdebat

Dijamin Ampuh, 10 Cara PDKT Ilmiah secara Psikologisstudyfinds.org

Terdapat studi yang menunjukkan kata-kata yang mudah dimengerti memiliki efek menenangkan untuk pendengarnya. Bahkan dikatakan pesannya menjadi lebih mudah diterima. Fenomena ini terbukti ampuh bahkan untuk situasi-situasi di luar aktivitas sosial, seperti perpolitikan.

5. Gunakan tangan yang tidak dominan untuk mengontrol amarah

Dijamin Ampuh, 10 Cara PDKT Ilmiah secara Psikologisgoodhousekeeping.com

Ketika marah seseorang bisa berada di luar kontrol dan dapat berbahaya bagi sekitarnya, terlebih jika dia dikenal sebagai seseorang yang mudah meledak. Masalah ini sebenarnya dapat diatasi dengan mencoba melakukan kegiatan sehari-hari menggunakan tangan non-dominan.

Penelitian dari University of Wales menunjukkan melakukan tugas sederhana menggunakan tangan non-dominan, seperti bersih-bersih rumah, bisa mengurangi amarahmu dalam skala besar. Perlu diingat saja jika hal ini tidak berlaku di semua kegiatan. Malahan ketika bermain musik atau menulis, menggunakan tangan non-dominan dapat membuatmu menjadi lebih marah.

Baca Juga: 10 Efek Psikologi Unik Ini Sebenarnya Kamu Rasakan dalam Keseharianmu

6. Berbuat baiklah di awal-awal

Dijamin Ampuh, 10 Cara PDKT Ilmiah secara Psikologisjuneauempire.com

Ada sebuah teori fenomena sosial bernama efek Benjamin Franklin. Teorinya, sekalinya seseorang baik kepadamu, maka cenderung ke depannya pun dia akan baik kepadamu. Fenomena ini telah dibuktikan dalam studi pada 1969.

Namun tetap saja ini membingungkan mengingat tindakan kita sebenarnya didasari oleh perasaan lebih dahulu dan bukan sebaliknya. Maka dari itu, sebisa mungkin awali pertemuan dengan cara yang baik.

7. Cari kawan yang sependapat denganmu

Dijamin Ampuh, 10 Cara PDKT Ilmiah secara Psikologiscosmopolitan.com

Bukti sosial atau social proof adalah fenomena yang pasti sering kamu rasakan. Kamu bisa melihat ini dalam kasus adanya dua cafe yang berdempetan, namun satu saja yang ramai. Orang cenderung menuju tempat yang ramai pengunjung karena bagi mereka itu mengindikasikan kualitas yang lebih baik. Hal ini sering dilakukan dalam dunia marketing. 

Faktanya tempat itu tidak selalu lebih baik, hanya saja tempat itu mendapatkan kepercayaan yang lebih besar. Saat kamu sedang berargumen, cobalah mencari orang-orang yang sependapat denganmu untuk menguatkan argumenmu tersebut (walaupun sebenarnya argumenmu salah).

8. Fokuslah kepada impresi terakhir

Dijamin Ampuh, 10 Cara PDKT Ilmiah secara Psikologisgosmallbiz.com

Banyak orang mengatakan impresi pertama seseorang sangatlah penting karena itulah yang akan menjadi langkah awal kehidupan sosialmu dengannya. Namun para peneliti berpendapat lain. Mereka melihat impresi pertama tidak terlalu membawa dampak sosial.

Malahan yang paling membawa adalah impresi terakhirmu. Itu dikarenakan orang cenderung mengingat apa hal terakhir yang kamu lakukan ketimbang yang dulu-dulu. Kalau kamu pernah berbuat salah atau buruk, ada baiknya segera kamu tebus dengan melakukan hal baik.

9. Kunyah permen karet untuk menenangkanmu

Dijamin Ampuh, 10 Cara PDKT Ilmiah secara Psikologisfolio.ng

Gugup itu sangat menyebalkan mengingat kondisi ini bisa membuatmu tampak jelek walaupun kenyataannya itu baik. Sebagai contoh kalau kamu gugup saat akan menghadapi ujian, itu bisa menjadi pertanda kamu sudah belajar dengan baik. Untungnya rasa gugup ini bisa diatasi.

Untuk mengurangi rasa gugup itu, hal kecil yang bisa kamu lakukan adalah mengunyah permen karena. Memang tidak ada catatan medis terkait hal ini, tetapi peneliti telah melakukan riset dan memang benar melakukan itu berulang kali bisa mengurangi kecemasan dan meningkatkan mood. Malahan katanya bisa menurunkan rasa depresi.

10. Meminta tolong membuatmu tampak pintar

Dijamin Ampuh, 10 Cara PDKT Ilmiah secara Psikologisbeyondcareersuccess.com

Penelitian dari Harvard Business School menemukan fakta meminta bantuan seseorang bisa membuatmu tampak lebih pintar. Sebagai contoh, mengakui suatu hal yang tidak kamu pahami atau tidak dikuasai dan mencari tahu tentang hal tersebut merupakan hal pintar yang telah kamu lakukan.

Lebih penting lagi adalah ketika kamu meminta tolong, itu berarti kamu menganggap dan membuat orang tersebut memiliki sisi penting dan tampak pintar. Jadi jangan sungkan untuk meminta tolong ya.

Sebenarnya hal yang kamu lakukan di kehidupan sehari-hari itu semuanya didasari atas psikologismu. Hanya saja kamu tidak sadar dengan yang kamu lakukan. Mengetahui hal-hal macam ini akan membuatmu tahu  mengapa kamu melakukan hal itu dan apa yang sebaiknya dilakukan.

Baca Juga: 9 Trik Psikologi yang Ampuh Menyelamatkanmu dari Situasi Canggung

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya