Comscore Tracker

6 Kebiasaan Ini Harus Ditinggalkan Setelah Kamu Menikah, Mengapa?

Kamu tidak bisa lagi seenaknya pulang larut malam

Menikah adalah sebuah komitmen untuk hidup bersama seumur hidup. Keputusan untuk menuju ke jenjang itu harus dipersiapkan dengan matang dan berdasarkan berbagai pertimbangan.

Persiapan di sini bukan cuma soal administrasi atau pesta resepsi. Yang paling penting adalah soal persiapan mental. Sebab pernikahan yang sesungguhnya baru dimulai setelah resepsi, saat suami istri bergantung satu sama lain.

Menikah tidak cuma mengubah status. Seharusnya menikah juga membuat tanggung jawabmu bertambah. Untuk itu, ada beberapa kebiasaan lama sewaktu lajang dulu yang wajib kamu tinggalkan. Seperti enam di antaranya berikut ini. 

1. Nongkrong sama teman hingga larut malam

6 Kebiasaan Ini Harus Ditinggalkan Setelah Kamu Menikah, Mengapa?Pexels.com/cottonbro

Waktu masih bujang, kamu mungkin bebas nongkrong bareng teman sampai larut malam, bahkan pulang pagi. Tapi kebiasaan itu tidak bisa kamu lakukan setelah jadi seorang suami.

Kamu tetap bisa sekali-kali hangout bareng teman-temanmu. Tapi jangan sampai lupa waktu. Masa iya, tega meninggalkan istri sendirian di rumah demi nobar pertandingan bola sampai subuh? Lebih baik ajak sekalian istrimu kalau mau. Daripada timbul masalah di kemudian hari, kan. 

2. Menghabiskan uang untuk sesuatu yang kurang penting

6 Kebiasaan Ini Harus Ditinggalkan Setelah Kamu Menikah, Mengapa?Pexels.com/Alexandra Maria

Apakah kamu selama ini menikmati hasil kerja kerasmu seorang diri? Kamu mungkin membeli berbagai barang yang kamu inginkan dari gaji yang kamu dapatkan.

Beda cerita saat setelah menikah. Meskipun suami gak memintamu untuk ikut bayar biaya operasional rumah tangga, tapi masa iya kamu tega berfoya-foya? Ikut andil juga, dong.

Sisihkan penghasilanmu untuk tambah-tambah uang tabungan. Jangan boros dengan membeli segala sesuatu yang gak perlu-perlu banget, deh. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Darimu yang Harus Dibuang biar Hubungan Gak Toxic

3. Malas-malasan dan suka menunda pekerjaan

6 Kebiasaan Ini Harus Ditinggalkan Setelah Kamu Menikah, Mengapa?Pexels.com/Samson Katt

Ingat, ya, sekarang kamu punya tanggung jawab lebih sebagai seorang istri. Kalau semasa lanjang dulu masih suka bangun siang, sekarang cobalah untuk lebih rajin. Sebab sudah sda suami yang perlu kamu perhatikan.

Walaupun sekadar menyiapkan roti bakar untuk sarapan dan mengantarnya berangkat kerja. Buang kebiasaan lamamu yang suka bermalas-malasan itu.

Bayangkan kalau kalian sudah punya anak nanti, masa iya kamu masih suka mager dan enggan melakukan pekerjaan rumah, sih? 

4. Genit dan sering menggoda lawan jenis

6 Kebiasaan Ini Harus Ditinggalkan Setelah Kamu Menikah, Mengapa?Pexels.com/Andrea Piacquadio

Zaman masih pacaran dulu kamu sempat beberapa kali khilaf dengan menggoda cewek lain. Meskipun perbuatan tersebut tercela, tapi masih bisa dimaklumi, deh. Kan statusnya baru pacaran. Kalau memang dia gak bisa memaafkan, ya kalian tinggal putus saja.

Tapi lain cerita saat sudah menikah. Kamu harus bisa menjaga mata dan juga hatimu untuknya. Kebiasaan buruk ini gak boleh kamu bawa-bawa lagi. Istrimu wajib diutamakan dan menjadi satu-satunya wanita yang menarik di matamu. 

5. Tidak jujur pada pasangan demi menutupi kesalahanmu sendiri

6 Kebiasaan Ini Harus Ditinggalkan Setelah Kamu Menikah, Mengapa?Pexels.com/Blue Bird

Kejujuran itu penting banget dalam sebuah hubungan. Apalagi kita bicara soal pernikahan. Bila dulunya kamu masih suka bohong sama pacar, sekarang ya jangan lakukan itu pada pasangan halal-mu.

Meskipun faktanya menyakitkan, akan lebih baik untuk dikatakan daripada dipendam. Toh, sebagai suami istri kalian itu partner hidup, lho. Bahkan, ketika suatu saat nanti kamu merasa jenuh dengan pernikahan ini. Ngomong aja terus terang lalu segera bersama-sama mencari jalan keluarnya. 

6. Mengutamakan hobi dibandingkan dengan keluarga

6 Kebiasaan Ini Harus Ditinggalkan Setelah Kamu Menikah, Mengapa?Pexels.com/Matilda Wormwood

Setiap orang pasti punya hobi atau kegemaran yang sering kali digunakan untuk melepaskan penat. Setelah menikah kamu tetap boleh menggeluti hobimu, kok. Tapi jangan jadikan itu sebagai yang utama, apalagi mengalahkan perhatianmu pada keluarga.

Misalnya, dari dulu kamu hobi modifikasi motor. Cukupkan kebutuhan rumah tanggamu dulu baru, deh sisa uangnya digunakan untuk hobi. Jangan malah sebaliknya. 

 

Setelah menikah memang mau gak mau kamu harus banyak mengalah. Mengutamakan keluarga di atas segalanya, gak boleh egois dan merasa diri seperti masih bujang saja. Kalau memang sekiranya kamu merasa berat melepaskan keenam kebiasaan tadi, ya jangan menikah dulu.

Itu artinya kamu belum siap. Bila dipaksakan juga dampaknya gak akan baik, kok. Ujung-ujungnya rumah tanggamu bakal diwarnai dengan pertengkaran terus menerus. So, siap tidak siap itu semua balik ke kamu lagi, deh. Semoga bisa sedikit memberikan pencerahan, ya! 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Khas Orang Indonesia yang Harus Dibuang

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Angel Rose di IDN Times Community dengan judul 6 Kebiasaan Lama yang Harus Kamu Tinggalkan Setelah Menikah

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya