Comscore Tracker

Dahsyatnya Doa Penyelamat Nabi Yunus dari Perut Paus, Ini Keutamannya

Mengamalkan doa itu bisa mendatangkan sejumlah manfaat

Saat menghadapi cobaan di dunia, kita sebagai umat muslim hendaknya meminta pertolongan dan berserah diri kepada Allah SWT. Membaca doa Nabi Yunus salah satu yang dianjurkan karena mudah diijabah.

Berikut penjelasan soal keutamaan dan manfaat mengamalkan doa Nabi Yunus.

1. Doa Nabi Yunus saat berada di perut ikan paus

Dahsyatnya Doa Penyelamat Nabi Yunus dari Perut Paus, Ini KeutamannyaUnsplash/Masjid Pogung Dalangan

Diriwayatkan, Nabi Yunus pernah menghadapi cobaan berat saat ditelan ikan paus. Dia pun tak hentinya berdoa kepada Allah saat berada di dalam perut ikan paus tersebut.

Doa saat menghadapi cobaan itulah yang dikenal sebagai doa Nabi Yunus atau Dzun Nuun. Nabi Yunus memanjatkan doa kepada Allah SWT agar menyelamatkannya dari perut ikan paus.

2. Bacaan dan arti doa Nabi Yunus

Dahsyatnya Doa Penyelamat Nabi Yunus dari Perut Paus, Ini Keutamannyaunsplash.com/Masjid Pogung Dalangan

Doa Nabi Yunus berbunyi sebagai berikut.

لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

“Lailaha illa Anta subhanaka inni kuntu minadhdhalimin” :

Artinya:

"Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim."  

3. Keutamaan doa Nabi Yunus

Dahsyatnya Doa Penyelamat Nabi Yunus dari Perut Paus, Ini Keutamannyaunsplash.com/utsmanmedia

Doa Nabis Yunus berisi pengakuan manusia atas dosanya, serta mengakui kekuataan Allah SWT sebagai Tuhan yang Esa. Ada tiga keistimewaan dalam doa tersebut, yakni:

  1. Pengakuan tauhid, percaya akan keagungan Allah SWT
  2. Pengakuan atas dosa yang dilakukan
  3. Permohonan ampun kepada Allah SWT

Keistimewaan Doa Yunus juga diabadikan dalam ayat Alquran. Berikut ayatnya:

وَذَا النُّونِ إِذْ ذَهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَنْ لَنْ نَقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَى فِي الظُّلُمَاتِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ (87) فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَنَجَّيْنَاهُ مِنَ الْغَمِّ وَكَذَلِكَ نُنْجِي الْمُؤْمِنِينَ (88

“Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: “Bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau. Maha suci Engkau, sesungguhnya aku adalah Termasuk orang-orang yang zalim.” Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari pada kedukaan dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman.” (QS. Al Anbiya’: 87-88)

Baca Juga: Tata Cara Berwudu yang Tepat Beserta Niat dan Doa untuk Mengakhirinya

4. Manfaat doa Nabi Yunus

Dahsyatnya Doa Penyelamat Nabi Yunus dari Perut Paus, Ini Keutamannyapexels/mona termos

Selain mengandung keitimewaan, doa Nabi Yunus juga niscara sangat diijabah oleh Allah SWT. Rasulullah Muhammad SAW, dalam sebuah riwayat, pernah mengungkapkan betapa hebatnya doa tersebut. Rasulullah bersabda:

دَعْوَةُ ذِى النُّونِ إِذْ دَعَا وَهُوَ فِى بَطْنِ الْحُوتِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ. فَإِنَّهُ لَمْ يَدْعُ بِهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ فِى شَىْءٍ قَطُّ إِلاَّ اسْتَجَابَ اللَّهُ لَهُ

“Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah: “Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin”. (Artinya: Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau (ya Allah), Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk di antara orang-orang yang berbuat zalim/aniaya). Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah, melainkan Allah kabulkan baginya.” (H.R. At-Tirmidzi).

5. Kapan membaca doa Nabi Yunus?

Dahsyatnya Doa Penyelamat Nabi Yunus dari Perut Paus, Ini Keutamannyapexels/pok rie

Doa Nabi Yunus merupakan doa yang kerap dibaca oleh para ulama. Ada yang membaca doa ini sebanyak 40 kali usai salat subuh tanpa putus. Ada pula yang setiap hari berzikir dan membaca doa ini sebanyak 1000 kali sebagai permohonan ampun dan bekal di akhirat.

Dalam riwayat al-Hakim dari Sa’ad bin Abi Waqash disebutkan bila membaca 40 kali doa Nabi Yunus ketika sakit, lalu kemudian dia meninggal, maka dia akan mendapatkan pahala orang yang meninggal syahid.

Jadi, mulai sekarang jangan lupa mengamalkan Doa Nabi Yunus ini, ya! Terlebih di bulan Ramadan seperti sekarang, bulan penuh berkah dan ampunan Allah SWT.

Baca Juga: Menghapus Dosa! Ini Niat, Doa dan Tata Cara Salat Tahajud saat Ramadan

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya