Comscore Tracker

5 Doa Mustajab Jelang Ibu Melahirkan agar Persalinan Lancar

Ibu hamil wajib tahu

Salah satu momentum paling berharga bagi pasangan suami istri ialah masa-masa kehamilan. Menjelang persalinan, tentunya ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut calon bayi. Salah satunya adalah iman yang kuat.

Berikut ini telah IDN Times kumpulkan beberapa doa yang bisa dihafalkan oleh para ibu menjelang persalinan. Simak, ya!

1. Surah Al-Baqarah ayat 255

5 Doa Mustajab Jelang Ibu Melahirkan agar Persalinan Lancarpexels.com/@omar-el-malo-1907166

Surat yang kedua adalah dari Al-Baqarah ayat 255. Adapun bunyi ayat tersebut adalah sebagai berikut:

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

(Allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khużuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa'u 'indahū illā bi`iżnih, ya'lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min 'ilmihī illā bimā syā`, wasi'a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-'aliyyul-'aẓīm)

Artinya:

"Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar."

2. Surah Al-A'raf ayat 54

5 Doa Mustajab Jelang Ibu Melahirkan agar Persalinan Lancarpixabay.com/pexels

Alkisah saat Fathimah RA sedang dalam masa menjelang persalinan, Rasulullah SAW pun memerintah Ummu Salamah serta Zainab binti Jahsyin R.A untuk membantu mendampingi.

Saat masa tersebut, Rasul meminta keduanya untuk terus melantunkan beberapa ayat Al-Qur'an. Salah satunya adalah surah Al-A'raf ayat 54 yang berbunyi sebagai berikut:

إِنَّ رَبَّكُمُ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ تَبَارَكَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ

(Inna rabbakumullāhullażī khalaqas-samāwāti wal-arḍa fī sittati ayyāmin ṡummastawā 'alal-'arsy, yugsyil-lailan-nahāra yaṭlubuhụ ḥaṡīṡaw wasy-syamsa wal-qamara wan-nujụma musakhkharātim bi`amrihī alā lahul-khalqu wal-amr, tabārakallāhu rabbul-'ālamīn)

Artinya:

"Sungguh, Tuhanmu adalah Allah, yang menciptakan langit dan bumi dalam enam hari, lalu Dia bersemayam di atas Arasy. Dia menutup malam dengan siang yang mengiringinya dengan segera. Dia menciptakan matahari, bulan dan bintang-bintang yang tunduk di bawah perintah-Nya. Ingatlah, hanya milik Allah segala penciptaan dan segala urusan. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam."

Baca Juga: Dear Para Jomblo, Ini Kumpulan Doa Meminta Jodoh yang Baik

3. Surah Al-Falaq

5 Doa Mustajab Jelang Ibu Melahirkan agar Persalinan Lancarpexels.com/@georgia-maciel-1033378

Selanjutnya, ada surat pendek yaitu Al-Falaq yang artinya adalah waktu subuh. Surat ini terdiri dari 5 ayat dan mudah untuk dihafal. Berikut bunyi suratnya:

قُلۡ اَعُوۡذُ بِرَبِّ الۡفَلَقِۙ

(qul a'ụżu birabbil-falaq)

مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ

(min syarri mā khalaq)

وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ

(wa min syarri gāsiqin iżā waqab)

وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ

(wa min syarrin-naffāṡāti fil-'uqad)

وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ

(wa min syarri ḥāsidin iżā ḥasad)

Artinya:

"Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar), dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki".

4. Surah An-Nās

5 Doa Mustajab Jelang Ibu Melahirkan agar Persalinan Lancarunsplash.com/Melanie Brown

Yang terakhir, ada surah An-Nās yang merupakan penutup dari kitab suci Al-Qur'an. Surah yang terdiri dari 6 ayat ini memiliki arti manusia. Berikut adalah bunyi surahnya:

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ

(qul a'ụżu birabbin-nās)

مَلِكِ النَّاسِۙ

(malikin-nās)

اِلٰهِ النَّاسِۙ

(ilāhin-nās)

مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ

(min syarril-waswāsil-khannās)

الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ

(allażī yuwaswisu fī ṣudụrin-nās)

مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

(minal-jinnati wan-nās)

Artinya:

"Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) setan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia".

5. Doa agar proses persalinan berjalan lancar, serta supaya ibu-anak bisa sehat dan selamat

5 Doa Mustajab Jelang Ibu Melahirkan agar Persalinan Lancarpexels.com/@georgia-maciel-1033378

Pada hadis yang diriwayatkan oleh Imam An-Nawawi, disebutkan bahwa terdapat anjuran agar orang-orang yang berada di sekitar ibu hamil untuk banyak membaca doa di saat genting.

Salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW agar proses persalinan berjalan lancar berbunyi sebagai berikut:

لا إله إلا الله العظيم الحليم ، لا إله إلا الله رب العرش العظيم ، لا إله إلا الله رب السموات ورب الأرض رب العرش الكريم. يا حي يا قيوم ، برحمتك أستغيث

(Lâ ilâha illallâhul 'azhîmul halîm. Lâ ilâha illallâhu rabbul 'arsyil 'azhîm. Lâ ilâha illallâhu rabbus samâwâti wa rabbul ardhi rabbul 'arsyil karîm. Yâ hayyu, yâ qayyûm, bi rahmatika astaghîts)

Artinya:

"Tiada Tuhan selain Allah yang Maha Agung lagi Maha Santun. Tiada Tuhan selain Allah, Tuhan arasy yang megah. Tiada Tuhan selain Allah, Tuhan langit, bumi, dan arasy yang mulia. Wahai Tuhan Yang Maha Hidup, lagi Maha Jaga. Hanya kasih sayang-Mu yang kuharapkan."

Itu dia 5 macam doa yang bisa dipakai untuk membantu proses kelancaran persalinan ibu hamil. Semoga berkah ya!

Baca Juga: Doa untuk Ibu Hamil agar Kandungan Sehat dan Terhindar dari Pendarahan

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya