Comscore Tracker

Salat dan Hal-hal yang Tidak Boleh Ditunda Menurut Islam

Siapa nih yang terbiasa dengan tradisi ngaret?

Bagi umat muslim, waktu adalah hal yang sangat penting. Allah SWT bahkan bersumpah dengan waktu pada firmannya di Surah Al-'Ashr:

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” [QS. Al-‘Ashr: 1-3]

Ketika Allah bersumpah atas waktu, itu menunjukkan betapa pentingnya waktu. Sebab kita tidak akan bersumpah dengan sesuatu melainkan kita mengagungkan dan menganggapnya sakral.

Kenyataannya, sebagian orang masih menunda waktu untuk berbagai hal dalam kehidupan. Termasuk dalam melakukan kebaikan. Padahal ada beberapa hal yang tidak boleh kita tunda dalam Islam. Berikut di antaranya.

1. Tobat

Salat dan Hal-hal yang Tidak Boleh Ditunda Menurut Islampexels.com/Ali Arapoğlu

Yang namanya manusia pasti tidak pernah luput dari dosa. Itu sebabknya kita mesti bertobat kepada Allah, yakni memohon ampunan sekaligus mengharapkan rida-Nya untuk kehidupan dunia dan akhirat yang lebih baik.

Tobat sebaiknya tidak boleh ditunda, baik untuk dosa kecil maupun besar. Semua harus diselesaikan dengan hati yang ikhlas dan penuh kesungguhan. Sebab bisa jadi, tanpa disadari kita akan menyesal karena dosa telah menumpuk.

“Orang-orang munafik itu memanggil mereka (orang-orang mukmin) lalu berkata: “Bukankah kami dulu bersama-sama dengan kalian?” Orang-orang mukmin menjawab: “Benar, tetapi kalian mencelakakan diri kalian sendiri dan kalian menunggu dan kalian ragu-ragu serta ditipu oleh angan-angan kosong sehingga datanglah ketetapan Allah; dan kalian telah ditipu terhadap Allah oleh (syaitan) yang amat penipu.” (Al Hadid: 14)

2. Salat

Salat dan Hal-hal yang Tidak Boleh Ditunda Menurut IslamPixabay/rudolf_langer

Salat adalah kewajiban bagi umat Muslim sekaligus tiang agama. Orang yang menunda atau meremehkan waktu salat fardhu merupakan dosa.

Allah berfirman, yang artinya: “Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan salat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan.” (QS. Maryam: 59)

Menurut sebagian ulama, tafsir menyia-nyiakan salat dalam ayat itu adalah salat di luar waktunya. Umar bin Abdul Aziz berkata, “(makna,-ter) mereka menyia-nyiakan shalat itu bukan meninggalkannya, tetapi menunda-nunda waktunya.”

3. Menguburkan jenazah

Salat dan Hal-hal yang Tidak Boleh Ditunda Menurut Islampexels.com/Jeswin Thomas

Memandikan dan menguburkan jenazah tidak boleh ditunda. Apalagi yang ingin menguburkan jenazah di kampung halaman, kalau ada pekarangan yang lebih dekat, bisa langsung menggunakan area tersebut tanpa melakukan perjalanan jauh. Karena lebih cepat lebih baik.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda:

"Percepatlah kalian dalam membawa jenazah. Jika jenazah itu baik maka kalian telah mendekatkanya pada kebaikan. Jika jenazah itu jelek, maka kalian telah melepaskan dari pundak kalian." (HR Bukhari)

Baca Juga: Niat, Doa dan Tata Cara Salat Hajat di Bulan Ramadan

4. Menikah

Salat dan Hal-hal yang Tidak Boleh Ditunda Menurut IslamInstagram/princessyahrini

Menikah juga menjadi hal yang tidak boleh ditunda dalam Islam. Bila seorang laki-laki telah sampai di hadapan kamu untuk melamar dan menjadikan kamu sebagai istri, maka bukalah hatimu lebar-lebar.

“Nikah itu sunnahku, barangsiapa yang tidak suka, bukan golonganku !” (HR. Ibnu Majah, dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha)

5. Membayar utang

Salat dan Hal-hal yang Tidak Boleh Ditunda Menurut Islamunsplash.com/Sharon McCutcheon

Segera bayar utangmu tanpa harus menunggu mampu, bahkan ditagih. Karena kita tidak pernah tahu kapan ajal akan tiba. Betapa meruginya kita bila menjadi orang-orang yang menyesal di kemudian hari, karena tak membayar utang hingga ajal menjemput.

“Menunda pembayaran oleh pengutang yang mampu menghalalkan kehormatan dan hukumannya.” (HR.Ahmad, Abu Dawud, an-Nasa’i, Ibnu Majah, dan al-Bukhari)

Dari lima hal yang gak boleh ditunda di atas, mana saja yang masih sering kamu tunda, nih?

Baca Juga: Bukan Cuma Doa Dapat Jodoh, Tapi Siapkan 5 Hal Ini Saat Masih Jomlo

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya