Comscore Tracker

Jadi Lebih Bahagia, 5 Tips Hidup dengan Gaya Minimalis

#IDNTimesLife Bikin hidup lebih simpel dan tanpa beban

Gaya hidup minimalis semakin sering dibicarakan. Tapi apakah kamu sudah tahu apa itu gaya hidup minimalis? 

Secara sederhana, gaya hidup ini menerapkan kebiasaan sederhana dengan hanya menggunakan barang-barang yang kita perlukan. Dengan minimalis, kita jadi lebih hemat dan mengurangi perilaku konsumtif. Hidup punjadi lebih berharga dan bahagia.

Berikut ini IDN Times akan memberikan beberapa tips menerapkan gaya hidup minimalis. Yuk, simak!

1. Gunakan prinsip satu masuk, satu keluar

Jadi Lebih Bahagia, 5 Tips Hidup dengan Gaya Minimalispexels.com/Karolina Grabowska

Saat kamu membeli sesuatu yang baru, barang kepunyaanmu di rumah jadi kian menumpuk. Dengan prinsip satu masuk satu keluar, hal itu bisa diminimalisir.

Jadi, setiap kamu beli barang, pastikan ada barang yang keluar dari rumahmu. Jangan lupa untuk berpikir ulang apabila ingin membeli barang agar kamu pun bisa lebih hemat. Ingat, diganti bukan ditambah!

2. Merawat barang dengan baik

Jadi Lebih Bahagia, 5 Tips Hidup dengan Gaya Minimalispexels.com/Karolina Grabowska

Pastikan kamu punya barang yang fungsinya sesuai kebutuhanmu. Itu bikin kamu lebih memperhatikannya. Rawatlah barang-barangmu supaya awet. Contohnya, kamu bisa merawat pakaian yang kamu punya.

Apabila merawat dan mencucinya secara benar, pakaian tersebut akan awet dan bisa mengurangi kegiatan membeli baju yang baru. Hal ini juga berlaku untuk barang-barang lain seperti alat kerja, alat masak, dan furnitur.

3. Membeli sesuai kebutuhan, bukan keinginan

Jadi Lebih Bahagia, 5 Tips Hidup dengan Gaya Minimalispexels.com/Anna Shvets

Jika ingin menerapkan gaya hidup minimalis, tips ini harus kamu tanamkan. Cukup beli barang yang benar-benar berfungsi, jangan mudah tergoda barang murah atau diskon.

Sebaiknya belu barang sesuai kualitas, bukan kuantitas. Dengan begitu kamu pun bisa mencegah barang-barang di rumahmu semakin menumpuk.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Perlu Memulai Gaya Hidup Minimalis

4. Menggunakan barang yang praktis dan multifungsi

Jadi Lebih Bahagia, 5 Tips Hidup dengan Gaya Minimalispexels.com/pixabay

Barang yang praktis dan multifungsi tentu sangat berguna apabila kamu ingin menerapkan gaya hidup minimalis. Misalnya, kamu dapat memiliki meja makan sekaligus tempat kerja atau pakaian dengan warna yang mirip supaya mudah dipadukan tanpa memerlukan banyak item.

5. Mengurangi jajan makanan

Jadi Lebih Bahagia, 5 Tips Hidup dengan Gaya Minimalispexels.com/Norma Mortenson

Sering membeli makanan, tanpa kita sadari, membuat gaya hidup menjadi boros. Jika kamu ingin tetap hidup minimalis, kamu bisa mulai mengurangi jajan makanan. Karenanya, belilah makanan secukupnya supaya gak mubazir!

Cara ini dinilai dapat mencegah gaya hidup boros sekaligus mengurangi limbah makanan. Kamu bisa lebih berhemat dengan membuat makanan sendiri memanfaatkan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menerapkan hidup minimalis. Semoga bermanfaat untukmu!

Baca Juga: 5 Kesalahan Mindset Hidup Minimalis yang Wajib Kamu Ketahui

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya