Comscore Tracker

5 Doa untuk Memohon Kemudahan dan Kelancaran Segala Urusan

Supaya urusanmu dihindarkan dari masalah

Islam mengajarkan umatnya agar selalu berikhtiar atau berusaha untuk menghadapi berbagai urusan. Dengan demikian umat Muslim tidak menjadi manusia yang mudah menyerah terhadap keadaan.

Tapi bagaimana pun usahanya, setiap orang tetap perlu berdoa. Doa sebagai pelengkap agar apa yang diupayakan berjalan lancar dan mudah. Berikut ini doa-doa yang bisa kamu panjatkan kepada Allah SWT agar urusanmu dimudahkan dan dihindarkan dari masalah.

1. Doa Ashabul Kahfi

5 Doa untuk Memohon Kemudahan dan Kelancaran Segala Urusanlearnreligions.com

Doa ini berupa salah satu isi surah Al Kahfi, yaitu ayat 10. Tafsir Al-Quranul Adzhim Ibnu Katsir menerangkan doa ini dipanjatkan oleh tujuh pemuda yang berlindung di dalam gua setelah melarikan diri dari raja yang kejam. Beirkut doanya:

Rabbanā ãtinā milladunkarahmatata wahayyi lanā min amrinā rasyadāRabbanā ãtinā milladunkarahmatata wahayyi lanā min amrinā rasyadā

Artinya:

Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami. (Q.S Al Kahfi:10)

2. Doa mohon kemudahan segala urusan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW

5 Doa untuk Memohon Kemudahan dan Kelancaran Segala Urusanpexels.com/Ali Arapoğlu

Kamu juga bisa menerapkan amalan Rasulullah Muhammad SAW untuk memohon kemudahan dan kelancaran kepada Allah SWT. Rasulullah mengajarkan umatnya membaca doa berikut ini:

Allahumma lã sahla illa mã ja’altahu sahla wa anta taj’alul hazna idzã syi’ta sahla

Artinya:

Ya Allah, tiada suatu kemudahan kecuali Engkau jadikan mudah, dan Engkau yang menjadikan kesedihan (kesulitan), apabila Engkau menghendaki pasti akan menjadi mudah.

Riwayat soal Rasulullah SAW mengajarkan doa ini disampaikan oleh Anas bin Malik dan tercantum dalam hadis riwayat Ibnu Hibban.

3. Doa ketika Nabi Musa AS akan menghadapi Firaun

5 Doa untuk Memohon Kemudahan dan Kelancaran Segala Urusanhttps://islamidia.com/

Dalam surat Thaha ayat 24, Allah SWT memberi perintah kepada Nabi Musa AS untuk menghadap Raja Firaun dan mendakwahinya karena ia telah melampaui batas kekafiran. Sebelum menghadapi Firaun, Nabi Musa AS membaca doa memohon kemudahan yang terdapat dalam surat Thoha ayat 25-28.

Rabbisyrohlī shodrī wa yassirlī amri wahlul ‘uqdatam millisanī yafqohū qoulī

Artinya:

Ya Rabbku, lapangkanlah bagiku kelapangan dadaku, dan mudahkanlah bagiku kemudahan urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari ludahku agar mereka mengerti perkataanku. (Q.S Thaha:25-28)

Baca Juga: 6 Doa untuk Orang yang Menikah, Ada Doa Agar Cepat Punya Keturunan!

4. Doa Nabi Muhammad SAW ketika memohon pertolongan

5 Doa untuk Memohon Kemudahan dan Kelancaran Segala Urusanfreepik.com/freepik

Menurut hadis riwayat Tirmidzi nomor 3524, ketika memohon pertolongan dari Allah SWT, Nabi Muhammad SAW akan membaca doa ini:

Yā hayyu yā qoyyūm birahmatika astaghītsu

Artinya:

Wahai Rabb Yang Maha Hidup, Yang Berdiri Sendiri, hanya dengan rahmat-Mu saja, aku meminta pertolongan.

Abu Thahir mengatakan hadis ini sahih.

5. Doa dari surat Al Baqarah ayat 286

5 Doa untuk Memohon Kemudahan dan Kelancaran Segala UrusanUnsplash/Masjid Pogung Dalangan

Ayat terakhir dari surat Al Baqarah dapat kita lafalkan saat memohon kemudahan dan kelancaran kepada Allah SWT. Ayat ini berisi permohonan ampun dan permintaan untuk diberi beban sesuai kemampuan kepada Sang Pencipta.

Robbanā lā tuā khidznā innasīnā au akhtho’na, robbanā walā tahmil ‘alainā ishran kamā hamaltahuu ‘ala al ladziina min qoblinaa. Robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanaabih, wa’ fuannaa waghfirlanaa warhamnaa, anta maulana fansurnaa ‘alal qaumilkaafiriin

Artinya:

Wahai Rabb kami, janganlah Engkau hukum kami apabila kami lupa atau kami salah. Wahai Rabb kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan (beban yang berat) kepada orang-orang sebelum kami. Wahai Rabb kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup bagi kami untuk memikulnya. Maafkanlah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah adalah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir (Q.S Al Baqarah:286)

Itulah 5 doa meminta kemudahan serta kelancaran dalam menghadapi berbagai urusan dan keadaan. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Begini Doa dan Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban 

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya