Comscore Tracker

8 Tanaman Beraroma Wangi yang Bikin Kamu Betah di Rumah

Cocok buat kamu yang lagi WFH nih

Karena sekarang semua aktivitas dilakukan di rumah, kamu pun perlu menata tempat tinggalmu supaya terasa lebih nyaman. Salah satu caranya dengan menyediakan pengharum ruangan supaya bau tidak sedap bisa lenyap, dan kita pun bisa betah di rumah.

Jika lebih suka yang alami, kamu bisa menanam sejumlah tanaman di rumahmu. Beberapa tanaman di bawah ini mengeluarkan aroma segar dan wangi yang membuatmu kian betah berlama-lama di rumah. Yuk lihat daftarnya, seperti dikutip dari Country Living dan Smart Garden Guide!

1. Gardenia

8 Tanaman Beraroma Wangi yang Bikin Kamu Betah di Rumahbalconygardenweb.com

Masyarakat Indonesia mengenal tanaman gardenia dengan nama kacapiring. Tanaman ini berpenampilan indah dengan bunga mekar berwarna putih. Daunnya juga menarik dengan warna hijau mengkilap.

Tanaman gardenia mengeluarkan aroma tropis yang manis dan harum. Menurut sebagian orang, wanginya terasa cukup kuat seperti wangi parfum.

2. Indoor Citrus

8 Tanaman Beraroma Wangi yang Bikin Kamu Betah di Rumahsmartgardenguide.com

Sepintas, tanaman ini terlihat seperti pohon jeruk. Tapi indoor citrus punya ukuran lebih kecil dengan daun yang berwarna hijau gelap. Aromanya segar seperti jeruk, lemon, dan sejenisnya.

Kamu bisa meletakkan tanaman ini di ruang tamu atau ruang keluarga untuk menyingkirkan bau tidak sedap. Tapi kamu harus merawatnya supaya tidak gampang mati.

3. Jasmine

8 Tanaman Beraroma Wangi yang Bikin Kamu Betah di Rumahgardeningknowhow.com

Jamine atau dikenal dengan nama melati banyak disukai orang. Tanaman ini mengeluarkan aroma yang menyanangkan, indah dipandang, serta mudah didapat. Yang terpenting, aromanhya lembut dan tidak menyengat.

Tanaman ini punya daun cukup besar, tapi bunganya kecil dengan warna putih kekuningan. Kamu bisa meletakkannya di ruang keluarga atau ruang tamu karena wanginya bisa bikin betah. 

4. Scented geranium

8 Tanaman Beraroma Wangi yang Bikin Kamu Betah di Rumahgardeningknowhow.com

Tanaman geranium memiliki banyak sekali varietas dengan aroma yang berbeda-beda. Ada varietas yang beraroma buah, kacang, cokelat, bahkan pala. Akan tetapi, aroma geranium yang terkenal adalah aroma lemon dan mawar.

Bentuk daunnya unik, yaitu seperti bulat dengan bunga yang terlihat bertumpuk dan mekar. Mencium aromanya bisa meningkatkan perasaan yang positif dan merasa tenang. 

Baca Juga: 12 Tanaman Hits yang Bisa Hidup Meski Terkena Banyak Cahaya Matahari

5. Orchid

8 Tanaman Beraroma Wangi yang Bikin Kamu Betah di Rumahgardenista.com

Sama seperti geranium, orchid alias anggrek memiliki banyak varietas dengan aroma khas masing-masing. Contohnya, anggrek jenis Miltoniopsis Herralexander di mana baunya mirip dengan aroma gardenia.

Ada juga jenis Cycnoches Wine Delight yang aromanya manis namun pedas. Tampilannya yang cantik, membuat tanaman ini menjadi favorit banyak orang untuk dijadikan tanaman di dalam rumah. 

6. Lavender

8 Tanaman Beraroma Wangi yang Bikin Kamu Betah di Rumahhgtv.com

Aroma lavender dikenal mampu memberikan efek relaksasi pada fisik dan psikis. Wanginya sangat lembut, manis, namun tak terlalu keras. Bentuk tanamannya sangat cantik dengan daun yang tipis dan panjang, sementara bunganya berwarna ungu.

Banyak orang memanfaatkan tanaman ini sebagai aromaterapi, parfum, ataupun body lotion. Letakkan tanaman ini di kamar mandi ataupun kamar tidurmu dan kamu akan merasa lebih tenang!

7. Mint

8 Tanaman Beraroma Wangi yang Bikin Kamu Betah di Rumahherbsathome.co

Sudah jadi rahasia umum jika mint mampu mengatasi segala bau. Buktinya, banyak sekali tips memasak atau bahkan produk pasta gigi memanfaatkannya. Bentuk tanamannya mini, daunnya oval, dengan tulang daun yang cukup menonjol dan kasar.

Aroma mint cenderung kuat, menyegarkan, terasa segar, dan juga dingin. Letakkan tanaman mint ini di ruang kerjamu agar semangatmu terpacu!

8. Frangipani

8 Tanaman Beraroma Wangi yang Bikin Kamu Betah di Rumahmorflora.com

Frangipani atau kamboja memiliki bentuk bunga yang mekar. Jumlah kelopaknya ada lima dan terdapat warna kuning di ujung pangkal tengah bunga. Deskripsi aromanya, ada yang mengatakan, mirip seperti aroma jeruk, anggur, kelapa, nanas, bahkan jahe.

Itu dia beberapa tanaman yang bisa membuat rumahmu beraroma wangi. Apakah kamu sudah memilikinya?

Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Lagi Hits, Cocok untuk Kamu Rawat di Rumah

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya