Comscore Tracker

Gak Ribet, 12 Tanaman Hias Kekinian Ini Cocok Kamu Tanam di Rumah

Gak khawatir kalau terlalu sering terpapar cahaya matahari

Di media sosial, banyak warganet yang membagikan pengalamannya merawat tanaman hias di rumah. Ada beberapa tanaman kekinian yang kini banyak digemari, seperti kaktus dan semacamnya.

Tapi bagi sebagian orang, merawat tanaman adalah hal yang ribet. Memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin tanaman hias tumbuh subur. Misalnya rajiin menyiram serta menempatkannya di lokasi dengan pencahayaan cukup.

Tapi, jika terlalu sering terpapar cahaya matahari, tanah bisa kering sehingga tanaman menjadi layu. Buat kamu yang ingin merawat tanaman hias tanpa khawatir terpapar cahaya matahari berlebih, sejumlah tanaman yang dirangkum dari The Spurce ini bisa kamu pilih. 

1. String of pearls (Senecio rowleyanus)

Gak Ribet, 12 Tanaman Hias Kekinian Ini Cocok Kamu Tanam di Rumahdiacos.com.au

Tanaman ini unik seperti namanya, yakni berbentuk bulatan kecil berwarna hijau dengan tangkai yang tipis. Orang Indonesia mengenal tanaman hits ini dengan nama sukulen tasbih.

Tanaman ini tahan dengan cahaya tamahari, tapi tetap usahakan supaya tidak terpapar secara langsung. Kalau kamu ingin meletakkannya di tempat dengan paparan cahaya langsung, sebaiknya batasi hanya 4-6 jam, pada matahari pagi atau sore.

2. African milk bush (Euphorbia trigona)

Gak Ribet, 12 Tanaman Hias Kekinian Ini Cocok Kamu Tanam di Rumahworldofsucculents.com

Tanaman ini sekilas mirip kaktus. Tapi ini jenis berbeda, meski juga punya duri tajam di beberapa bagian tubuhnya.

African milk bush ini tergolong tanaman tropis yang sangat menyukai kehangatan cahaya matahari. Tapi tetap jangan meletakkan tanaman ini di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. 

3. Aloe vera (Aloe barbadensis)

Gak Ribet, 12 Tanaman Hias Kekinian Ini Cocok Kamu Tanam di Rumahcalloways.com

Lidah buaya banyak digemari karena punya segudang manfaat. Selain tanaman hias, dagingnya bisa diminum, sedangkan getahnya bisa jadi obat atau perawatan rambut.

Tidak sulit merawat lidah buaya. Tanaman ini tahan disimpan di tempat dengan cahaya matahari berlimpah. Tidak mudah mati meski terpapar cahaya langsung. Kamu cukup memberikan air secukupnya supaya tetap lembab.

4. Ponytail palm (Beaucarnea recurvata)

Gak Ribet, 12 Tanaman Hias Kekinian Ini Cocok Kamu Tanam di Rumahgreenandvibrant.com

Nama tanaman ini unik sesuai bentuknya. Dengan pangkal atau batang yang tebal, dia punya bentuk daun yang panjang dan melengkung sehingga terlihat bagaikan menggantung.

Tanaman ini cocok untuk dijadikan hiasan karena dapat bertahan terhadap paparan sinar matahari secara langsung. Kamu bisa meletakkan di teras rumah.

5. Jade plant (Crassula argentea)

Gak Ribet, 12 Tanaman Hias Kekinian Ini Cocok Kamu Tanam di Rumahsmartgardenguide.com

Dengan batang yang kokoh, daun tebal, dan warna hijau yang kemerahan, tanaman ini banyak dijadikan pilihan sebagai tanaman hias. 

Sebagian orang menganggap tanaman ini pembawa hoki, karena itu dinamai pohon uang Asia. Meski sangat tahan dengan kekeringan, tanaman ini bukanlah kaktus. 

6. Sago Palm (Cycas revoluta)

Gak Ribet, 12 Tanaman Hias Kekinian Ini Cocok Kamu Tanam di Rumahgroupon.co.uk

Tanaman ini memiliki batang yang besar dan kokoh. Daunnya terlihat seperti helaian yang menyatu pada tangkai. Sago palm sering menjadi pilihan tanaman hias indoor karena jarang sekali rontok daunnya sehingga selalu terlihat rapi.

Sayangnya, tanaman ini tidak boleh berada di lingkungan dengan anak balita atau kucing karena sangat beracun. Untuk merawatnya, letakkan di tempat yang kering dengan cahaya matahari yang cukup.

Baca Juga: Wajib Tahu nih! 5 Spesies Tanaman yang Paling Dibenci oleh Ular

7. Snake plant (Sansevieria trifasciata)

Gak Ribet, 12 Tanaman Hias Kekinian Ini Cocok Kamu Tanam di Rumahforum.gardenersworld.com

Di Indonesia, tanaman ini lebih populer disebut dengan tanaman lidah mertua. Bentuknya memanjang seperti mata pedang dan berwarna hijau dengan ujung daun kekuningan.

Jika diperhatikan lagi, di bagian daun terdapat motif garis berwarna hijau tua. Tanaman ini akan tumbuh dengan baik jika diletakkan di tempat yang mendapatkan cukup cahaya. Akan tetapi, mereka juga bisa bertumbuh di tempat yang teduh.

8. Papyrus (Cyperus papyrus)

Gak Ribet, 12 Tanaman Hias Kekinian Ini Cocok Kamu Tanam di Rumahlifeisagarden.co.za

Bentuknya sangat unik dengan batang yang panjang tipis dan berwarna kehijauan. Daunnya lebat dan memanjang. Jika dilihat dari jauh, ia akan mengingatkanmu pada pensil dengan hiasan bulu-bulu yang dijual di toko alat tulis.

Papyrus juga menyukai sinar matahari secara penuh dan langsung. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan airnya juga, ya!

9. Croton (Codiaeum variegatum)

Gak Ribet, 12 Tanaman Hias Kekinian Ini Cocok Kamu Tanam di Rumahgardeningknowhow.com

Tanaman ini memiliki daun yang sangat menarik. Daunnya cukup besar, berwarna, dan bercorak. Ada yang berwarna hijau kehitaman dengan corak berwarna oranye. Ada juga yang berwarna hijau dengan corak warna kuning.

Tanaman ini mampu membuat ruangan yang terlihat polos, menjadi lebih hidup dan meriah. Mampu bertahan di cuaca kering, kamu bisa meletakkannya di area terbuka yang terpapar sinar matahari. Meski begitu, kelembapannya harus tetap diperhatikan.

10. Hibiscus (Hibiscus rosa-sinensis)

Gak Ribet, 12 Tanaman Hias Kekinian Ini Cocok Kamu Tanam di Rumahen.wikipedia.org

Tanaman yang dikenal dengan nama kembang sepatu ini, memiliki bunga yang cukup mekar dengan berbagai warna. Ada yang berwarna merah, pink, kuning, bahkan putih.

Supaya tanaman ini bisa bertumbuh dengan baik, letakkan di tempat dengan cahaya atau sinar matahari penuh! Siramilah secara teratur, namun jangan sampai membuat tanahnya menjadi basah!

11. Areca palm (Dypsis lutescens)

Gak Ribet, 12 Tanaman Hias Kekinian Ini Cocok Kamu Tanam di Rumahgreenandvibrant.com

Di Indonesia, tanaman ini disebut dengan palem kuning. Tanaman ini memiliki batang berwarna hijau dengan daun yang jarang dan panjang.

Palem kuning memiliki manfaat, yaitu mampu menyedot polutan yang berasal dari senyawa formaldehyde. Tinggi tanaman ini bisa mencapai 6 hingga 8 kaki. Letakkan di ruangan dengan cahaya yang terang atau tempat yang lembap!

12. Jasmine plant

Gak Ribet, 12 Tanaman Hias Kekinian Ini Cocok Kamu Tanam di Rumahgardenloversclub.com

Jasmine atau melati menjadi tanaman kesukaan untuk ditanam di rumah. Hal ini lantaran bentuk daun dan bunga yang cantik, serta baunya yang harum.

Tanaman ini sangat senang berada di lokasi yang cerah dan mendapatkan cukup banyak sinar matahari. Akan tetapi, lebih baik apabila tidak terkena cahaya secara langsung. 

Itu dia beberapa tanaman yang bisa tetap hidup meski terkena banyak sinar matahari. Kamu mau menanam yang mana, nih?

Baca Juga: Minim Perawatan, 10 Tanaman Cantik Ini Bisa Hidup di Terarium

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya