Comscore Tracker

8 Sikap Ini Tanpa Kamu Sadari Menyakiti Orang Lain

Kamu mungkin gak sadar telah berbuat jahat ke orang lain

Tidak ada manusia yang lepas dari khilaf. Kealpaan membuat kesalahan jadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari, sadar atau tidak. 

Yang menyedihkan adalah saat kita khilaf berulang kali. Atau bahkan kita gak sadar sikap dan perlakuan kita sudah melukai orang lain.

Ada beberapa hal yang tanpa kamu sadari menyakiti orang lain. Mungkin kamu pun sedang melakukannya saat membaca artikel ini. Yuk introspeksi diri!

1. Terlalu banyak ngomong soal diri sendiri

8 Sikap Ini Tanpa Kamu Sadari Menyakiti Orang LainSumber Gambar: showlove.co.za

Ini beda tipis dengan sombong. Kamu bisa saja punya segudang prestasi, tapi akan lebih bijaksana jika kamu lebih banyak mendengar saat ngobrol dengan orang lain. Kamu mungkin lupa diri, berpikir dirimu hebat, tapi justru orang lain merasa muak.

2. Pasang muka jutek

8 Sikap Ini Tanpa Kamu Sadari Menyakiti Orang LainSumber Gambar: livestrong.com

Memang tidak ada aturan yang melarang kamu memasang muka jutek. Kamu bebas berekspresi apa saja. Tapi bukan berarti kamu bisa seenaknya pasang muka masam saat ada hal yang nggak berjalan sesuai keinginan kamu. Yuk, ingat umur!

3. Meninggikan suara

8 Sikap Ini Tanpa Kamu Sadari Menyakiti Orang LainSumber Gambar: thesecretonlinediaryofamadwoman.blogspot.com

Lain soal, ya, kalau suara kamu emang melengking dari sananya. Tapi saat kamu sedang berbicara dengan orang yang lebih tua, atau orang yang lebih muda sekalipun, meninggikan suara sama artinya dengan kamu sedang emosi. Dan seperti yang kamu pasti udah tahu, tidak ada komunikasi dengan landasan emosi yang berakhir dengan baik. Jadi, latih diri kamu untuk nggak mudah emosi, ya.

4. Menggosip

8 Sikap Ini Tanpa Kamu Sadari Menyakiti Orang LainSumber Gambar: innovativelyorganized.com

Gosip sekarang nggak cuman dilakukan oleh mayoritas cewek aja, karena cowok pun juga mulai menemukan serunya ngomongin orang tanpa sepengetahuan orangnya. Siapapun oknum yang melakukannya, gosip adalah sikap jahat yang tanpa sadar selalu kita lakukan. Kalau kamu emang ingin menjadi orang yang lebih baik, cobalah untuk lain kali nggak ikutan saat kawan kamu lagi ngomongin orang lain. Kalau teman-teman kamu yang lagi ngegosip minta pendapat kamu, jangan tergoda untuk ikut membeberkan keburukan orang yang jadi bahan pembicaraan. Cobalah mencari sisi baik dari orang tersebut untuk dijadikan bahan pembicaraan.

5. Menghindari kewajiban dan mengabaikan kata hati

8 Sikap Ini Tanpa Kamu Sadari Menyakiti Orang LainSumber Gambar: prprofs.com

Terkadang, terdapat dorongan dalam hati kita untuk melakukan kebaikan. Tapi, entah apa yang membuat kita kemudian memutuskan untuk tidak melakukannya. Entah karena keadaan pribadi kita atau karena takut dinilai yang tidak-tidak oleh orang lain, kita akhirnya mangkir dari dorongan hati kita. Saat ini terjadi, tanpa kamu sadari kamu sudah menghindari kewajiban sosial manusia yang paling mendasar, dan biasanya hal ini tidak berakibat baik buat orang yang kamu abaikan, maupun buat kamu sendiri.

6. Membela diri saat terbukti bersalah

8 Sikap Ini Tanpa Kamu Sadari Menyakiti Orang LainSumber Gambar: morganmckinley.co.uk

Orang yang paling berjiwa dan berhati besar adalah mereka yang dengan berani mengakui kesalahan mereka. Sayangnya, nggak banyak dari kita yang bisa berbesar hati dan cukup rendah hati berkata ya saat orang lain menunjuk kesalahan kita. Saat kita membela diri atas nama reputasi, saat itulah kita sedang jahat pada diri sendiri, karena kita tidak membiarkan diri kita belajar dari kesalahan. Orang lain juga jadi ngerasain imbasnya deh.

7. White lies

8 Sikap Ini Tanpa Kamu Sadari Menyakiti Orang LainSumber Gambar: lifehacker.com

Mari kita luruskan hal ini: Nggak ada namanya bohong untuk kebaikan dan warna saja tidak cukup untuk mengalamatkan adanya kebohongan jahat dan kebohongan baik. Yang namanya bohong, ya bohong. Coba deh, kamu pikir lagi, apa bener kebohongan yang kamu ucapkan itu murni untuk kebaikan diri orang yang kamu bohongi atau untuk kebaikan diri kamu sendiri? Karena yang namanya bohong, pasti dilandasi oleh keegoisan pribadi.

8. Nggak sopan

8 Sikap Ini Tanpa Kamu Sadari Menyakiti Orang LainSumber Gambar: exclusive.multibriefs.com

Tidak mengucapkan terima kasih, malas menyapa hingga memutar mata ke orang yang menurut kamu sedang membuang-buang waktumu semuanya tanpa kamu sadari sering kamu lakukan. Bahkan, mengklakson orang karena kamu nggak sabaran atau melengos saat seharusnya kamu bisa menyapa orang baik-baik karena lagi bad mood, semuanya juga termasuk dalam payung ketidaksopanan.

8 Sikap Ini Tanpa Kamu Sadari Menyakiti Orang LainSumber Gambar: giphy.com

So, gimana? Yuk, sama-sama introspeksi diri!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya