Comscore Tracker

5 Bonsai Tanaman Liar yang Cocok untuk  Jadi Penghias Rumah

Daya tarik utamanya ada pada daun dan bunga yang lebat

Bonsai merupakan salah satu tanaman yang kerap dijadikan hiasan. Tanaman ini dikerdilkan dalam pot sehingga mirip miniatur pohon besar di dalam bebas.

Tidak semua tanaman bisa dijadikan bonsai. Umumnya bonsai dibikin dari tanaman dikotil dengan usia panjang.

Tanaman yang memiliki daun rindang dan bunga indah juga jadi nilai plus. Berikut ini 5 tanaman liar yang cocok kamu jadikan bonsai untuk hiasan di rumah.

1. Satsuki azalea

5 Bonsai Tanaman Liar yang Cocok untuk  Jadi Penghias RumahPinterest/Bonsaiempire

Salah satu bonsai yang populer, dengan daya tarik utama bunga indah dan lebat. Tanaman ini cocok dengan ruangan bersuhu rendah dan tubuh. Supaya tumbuh subur dan indah, bonsai ini perlu diberi cairan pupuk rhododendron.

2. Maple jepang

5 Bonsai Tanaman Liar yang Cocok untuk  Jadi Penghias RumahPinterest/Banggood

Tanaman dari Jepang ini dikenal dengan nama latih Acer palmatum. Daunnya berbentuk jemari, yang warnanya akan berubah sesuai musim. Tapi karena pengaruh iklim tropis, tanaman ini hanya mengeluarkan warna hijau di Indonesia. Tanaman ini harus disiram air setiap harinya karena tidak tahan lingkungan kering.

3. Kemuning

5 Bonsai Tanaman Liar yang Cocok untuk  Jadi Penghias RumahPinterest/amazon

Bonsai kemuning memiki aroma wangi yang khas. Jika sudah tua, tanaman ini akan memiliki batang utama yang besar dengn sisi-sisinya yang sedikit demi sedikit mengeropos. Pada saat musimnya tiba bonsai kemuning akan memproduksi buah berwarna kemerahan ketika sudah matang.

Baca Juga: Tanaman Sukulen Terbaik Tahun 2020 Ini Mudah Banget Perawatannya

4. Chinese fringe

5 Bonsai Tanaman Liar yang Cocok untuk  Jadi Penghias RumahPinterest/Allthingsbonsai

Chinese fringe memiliki nama latin Loropetalum atau di Indonesia sebih dikenal sebagai serut merah dan pitaloka. Tanaman unik ini memiliki bunga yang berbentuk seperti serutan kain tipis-tipis berwarna keunguan. Untuk perawatannya berikan pupuk NPK Daun sebanyak sebulan sekali.

5. Santigi

5 Bonsai Tanaman Liar yang Cocok untuk  Jadi Penghias RumahPinterest/Worldofsucculents

Pohon santigi banyak ditemukan dan tumbuh liar di daerah pesisir. Tumbuhan ini kerap dijadikan bonsai karena daunnya yang rimbun serta batangnya memiliki bentuk unik. Pohon ini memiliki pertumbuhaan yang cukup lambat dan berisiko busuk jika penanganannya tidak telaten.

Itu dia 5 tanaman liar yang cook banget dijadikan bonsai. Merawat bonsai memang susah-susah gampang dan perlu ketelatenan. Apakah kamu tertarik memilikinya?

Baca Juga: Makin Nyenyak, 7 Tanaman Ini Bisa Membuat Kualitas Tidurmu Lebih Baik

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya