Comscore Tracker

 9 Amalan yang Mendapat Ganjaran Pahala Paling Besar dalam Islam

#RamadanDiRumah Dari berzikir hingga bersabar

Agama Islam menjanjikan pahala berlimpah untuk setiap kebaikan yang dilakukan secara ikhlas. Tapi dari berbagai kebaikan, ada beberapa amalan yang diganjar dengan pahala paling besar.

Apa sajakah amalan tersebut? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Berzikir sepanjang waktu

 9 Amalan yang Mendapat Ganjaran Pahala Paling Besar dalam Islamfreepik/Rawpixel

Hadis riwayat Bukhari dan Muslim menerangkan pentingnya selalu berzikir. Pahala berzikir sebanyak seratus kali sehari setara dengan amalan memerdekakan sepuluh budak. Orang yang mengerjakan amalan itu mendapatkan seratus kebaikan serta dihapus seratus dosanya.

“(Tidak ada illah yang berhaq diibadahi selain Allah yang tunggal, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kekuasaan dan puji-pujian, dan dia berkuasa atas segala sesuatu), pada setiap hari seratus kali maka baginya seimbang dengan memerdekakan sepuluh budak sahaya dan tertulis baginya seratus kebaikan dan dihapus daripadanya seratus dosa dan menjadi perlindungan baginya sepanjang hari itu hingga sore hari. Dan tidak ada seorang pun yang lebih utama dari yang berbuat seperti itu atau yang lebih banyak dari pada itu.” (disepakati oleh Bukhari dan Muslim)

2. Bersedekah

 9 Amalan yang Mendapat Ganjaran Pahala Paling Besar dalam IslamIDN Times/Anjani Eka Lestari

Bersedekah termasuk amalan yang dijanjikan pahala besar, dengan catatan dilaksanakan dengan tujuan tulus untuk membantu. Firman Allah SWT:

“Dan infakkan dari sebagian dari apa yang telah kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata (menyesali), Ya Rabb ku sekiranya Engkau berkenan menunda (kematianku) sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh.” (QS Al-Munafiquun: 10)

“Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir. Tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan ganjaran bagi siapa yang dikehendakiNya dan Allah maha luas lagi maha mengetahui.” (QS Al-Baqarah: 261)

3. Menunaikan puasa Ramadan dan puasa Syawal

 9 Amalan yang Mendapat Ganjaran Pahala Paling Besar dalam IslamPixabay/272447

Puasa Ramadan merupakan ibadah istimewa, yang juga menjadi salah satu Rukun Islam. Amalan tersebut bakal diganjar pahala besar, terlebih jika dilanjutkan dengan puasa enam hari di bulan Syawal.

Firman Allah dalam surah Al-An'am ayat 160:

“Barang siapa yang membawa amalan yang baik maka baginya pahala sepuluh kali lipat amalnya, dan bagi siapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi balasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikit pun tidak dianiaya (dirugikan).” (QS Al-An’am: 160)

Terdapat pula sebuah hadis yang senantiasa menerangkan makna yang sama:

“Barang siapa puasa pada bulan Ramadan kemudian diikuti dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka akan seperti berpuasa selama satu tahun.” (HR.Muslim) 

4. Salat tepat waktu

 9 Amalan yang Mendapat Ganjaran Pahala Paling Besar dalam IslamIDN Times/Anjani Eka Lestari

Salat tepat waktu sangat diutamakan. Seperti driwayatkan dalam sebuah hadis yang disahihkan oleh Al-Bani dalam Misykaatul Mashaabih (1251). Diterangkan bahwa Allah SWT takjub melihat seorang lelaki bangun dari pembaringan dan kasur, kemudian meninggalkan keluarga dan kekasihnya untuk salat.

"Allah SWT berkata: Wahai malaikat-malaikatku, lihatlah hamba-Ku itu, ia bangun dari pembaringan dan kasurnya, meninggalkan keluarga dan kekasihnya untuk mengerjakan salat karena mengharapkan pahala di sisi-Ku dan merindukan apa yang ada di sisi-Ku.” (HR.Ahmad dan disahihkan oleh Al-Bani dalam Misykaatul Mashaabih (1251))

5. Mengajarkan ilmu dan memberikan amal jariah

 9 Amalan yang Mendapat Ganjaran Pahala Paling Besar dalam IslamPexels/Fauxels

Membagikan ilmu adalah salah satu amal jariyah yang punya pahala besar. Pahalanya seperti amalan memiliki anak saleh, Al-Qur'an yang diwariskan, masjid dan rumah yang dibangun, dan sedekah yang diinfakkan.

Hal ini tercantum dalam hadis riwayat Ibnu Majah berikut:

“Di antara yang akan ditemui seorang mukmin dari amal dan kebaikannya sepeninggalnya adalah ilmunya yang diajarkan dan disebarluaskan, anak saleh yang ditinggalkannya, Al-Qur’an yang ia wariskan, masjid yang ia bangun, rumah yang ia bangun dan ia gunakan untuk fi sabilillah, sungai (mata air) yang ia gali, dan sedekah yang ia infak kan dari harta kejayaannya semasa sehatnya dan semasa hidupnya. Niscaya itu akan ditemuinya sepeninggalnya.” (HR.Ibnu Majah, dianggap hasan ole al-Bani)

Baca Juga: 7 Perbuatan yang Bikin Puasamu Jadi Sia-sia dan Gak Dapat Pahala

6. Salat di Masjidil Haram

 9 Amalan yang Mendapat Ganjaran Pahala Paling Besar dalam IslamFoto ilustrasi. ANTARA FOTO/REUTERS/Jorge Silva

Banyak orang yang berharap bisa berbadah ke tanah suci, Mekkah. Salah satu alasannya adalah salat di Masjidil Haram amalannya lebih baik dari seratus ribu salat di masjid lain. Seperti diterangkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majja, Allah berfirman:

“Salat di masjid-Ku (Masjid Nabawi) lebih baik dari seribu kali dari seribu kali salat di masjid lainnya kecuali di Masjidil Haram (Makkah). Dan salat di Masjidil Haram lebih baik dari 100.000 (seratus ribu) salat di masjid lainnya.” (HR.Ibnu Majjah, dishahihkan oleh al-Bani)

7. Menjenguk orang sakit

 9 Amalan yang Mendapat Ganjaran Pahala Paling Besar dalam Islamunsplash/AliYahya

Hal sederhana seperti menjenguk orang sakit, ternyata juga termasuk sebagai amalan kebaikan dengan pahala yang berlimpah. Ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis berikut:

“Tiada seorang muslim yang menjenguk seorang muslim pada waktu pagi melainkan dia didoakan oleh 70.000 malaikat hingga sore hari. Dan ia menjenguk pada sore hari maka ia didoakan oleh 70.000 malaikat hingga pagi harinya. Dan akan mendapatkan jaminan buah-buahan yang siap dipetik di dalam surga.”(HR Tirmidzi dan dianggap sahih oleh Al-Bani)

8. Bersabar

 9 Amalan yang Mendapat Ganjaran Pahala Paling Besar dalam IslamIDN Times/Rizka Yulita

Bersabar juga dikatakan sebagai amalan kebaikan dengan pahala yang paling besar. Ini bisa terjadi karena terkadang bersabar sangat sulit dilakukan.

Pada hadis riwayat Tirmidzi, dikatakan bahwa orang yang bersabar akan diberikan sejuta kebaikan dan dihapuskan sejuta keburukannya oleh Allah SWT.

“(Tiada tuhan selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dialah yang memiliki kerajaan dan pujian, yang menghidupkan dan mematikan dan Dialah maha hidup dan tidak akan pernah mati, di tangan-Nya segala kebaikan dan Dia maha kuasa atas segala sesuatu), niscaya Allah akan memberikan kepadanya seribu-seribu (sejuta) kebaikan dan menghapus seribu-seribu (sejuta) keburukan serta diangkat kedudukannya seribu-seribu (sejuta) derajat. Dalam riwayat lain dikatakan: Niscaya Allah akan membangunkan rumah di dalam surga.” (HR.Tirmidzi dan Al-Bani menganggapnya hasan).

9. Mendoakan orang lain

 9 Amalan yang Mendapat Ganjaran Pahala Paling Besar dalam IslamIDN Times/Anjani Eka Lestari

Pernah mendengar pernyataan bahwa doa baik yang dipanjatkan akan kembali lagi kepada orang yang mendoakannya? Nah, hal tersebut ternyata benar adanya sebagaimana diterangkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ath-Thabrani:

“Barang siapa yang mendoakan mukmin laki-laki ataupun perempuan, niscaya Allah akan memberi pahala kebaikan dari setiap mukmin laki-laki dan perempuan yang didoakannya.” (HR Ath-Thabrani dan dianggap hasan oleh Al-Bani)

 

Sudah tahu kan hal atau amalan dalam agama Islam dengan ganjaran pahala yang berlimpah. Jangan lupa untuk melaksanakannya, ya!

Baca Juga: Dapat Pahala Berlipat, Ini 7 Keuntungan Sedekah di Bulan Ramadan

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya