Comscore Tracker

Dimudahkan Hidupnya, Ini 6 Keutamaan Membaca Surah Yasin

#RamadanDiRumah Bisa jadi penambah amalan di bulan Ramadan

Dalam Alquran, Yasin merupakan surah ke-36 yang terdiri dari 83 ayat. Surah Yasin tergolong surah Makiyah, karena ayat-ayatnya diturunkan di Kota Makkah. Kandungannya ditujukan bagi seluruh makhluk di alam semesta, terutama manusia.

Seperti umumnya surah dalam Alquran, membaca dan mengamalkan surah Yasin menyimpan keutamaan. Berikut beberapa manfaat dan keistimewaan bagi orang yang membaca surah Yasin.

1. Diampuni dosa-dosanya

Dimudahkan Hidupnya, Ini 6 Keutamaan Membaca Surah Yasinunsplash/masjidmpd

Tidak ada manusia yang tidak berbuat dosa. Tapi Allah SWT akan selalu mengampuni dosa-dosa hamba-Nya. Salah satu amalan supaya Allah mengampuni dosa adalah membaca Yasin, seperti sabda Rasulullah Muhammad SAD yang diriwayatkan dalam hadis riwayat At Thabrani dan Al-Bayhaqi, dari Abu hurairah ra.

“Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridaan Allah, maka diampuni dosa-dosanya.” (HR. At Thabrani dan Al-Bayhaqi, dari Abu hurairah ra). 

2. Dipermudah segala urusannya di dunia

Dimudahkan Hidupnya, Ini 6 Keutamaan Membaca Surah Yasinpixabay/Free-Photos

Jika kamu punya massalah hidup, entah itu pertikaian, utang, atau masalah keluarga yang membuat pikiran tak keruan, sering-seringlah baca surah Yasin. Niscaya berbagai kesulitan hidup akan dipermudah. Penjelasan Sunaan Daarimi juz 2 halaman 549:

“Barangsiapa yang membaca surat Yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari, maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.” (Sunaan daarimi juz 2 hal. 549)

3. Terhindar dari siksa kubur

Dimudahkan Hidupnya, Ini 6 Keutamaan Membaca Surah Yasinpexels/Brett

Jelang bulan suci Ramadan, biasanya terdapat sebuah tradisi, yakni mengunjungi makam dan membacakan surat Yasin atau biasa disebut ziarah. Kegiatan ini bermanfaat untuk meringankan siksa kubur bagi mereka yang dikunjungi kuburannya.

Sebagaimana penjelasan tafsir berikut ini:

“Barang siapa yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan surat Yasin, maka pada hari itu, Allah SWT meringankan siksa kubur mereka dan diberikan kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur di pekuburan itu.” (Tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373)

Baca Juga: 5 Manfaat yang Bisa Kamu Rasakan Ketika Berpuasa di Bulan Ramadan

4. Ketika meninggal, jenazah akan dianggap syahid

Dimudahkan Hidupnya, Ini 6 Keutamaan Membaca Surah YasinIDN Times/Larasati Rey

Manfaat surat Yasin yang lainnya adalah Allah SWT akan menjauhkan orang yang membacanya dari malapetaka, termasuk melindunginya dari berbagai bencana, penyakit, dan bahaya.

Selain itu, orang yang membaca surat Yasin setiap harinya, juga akan dipermudah ajalnya dan meninggal dalam keadaan syahid. Hal tersebut dijelaskan dalam hadis riwayat At-thobroni, yang berbunyi:

“Barang siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam, maka tanpa terduga, dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” (HR. At-thobroni, dari pernyataan Anas bin malik).

5. Dipermudah ketika sakaratul maut

Dimudahkan Hidupnya, Ini 6 Keutamaan Membaca Surah YasinIDN Times/Rizka Yulita

Selain menghindari diri dari ancaman siksa kubur, membaca surat Yasin juga dipercaya dapat membantu sakaratul maut agar lebih mudah. Sebagaimana dijelaskan dalam tafsir Al-Quran Al azhim, berikut:

“Membaca surat Yasin di sisinya mayat akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya ruh.” (Tafsir alqur’an Al-azhim 6/562 daran nassyr wat tauzi )

“Disunnahkan membaca surat Yasin di samping seseorang yang sedang menghadapi kematian.” (Al – Majmu’syaih Al muhadzdzab 5 /76 Dar’alim alkitab)

6. Dikabulkan doa-doanya

Dimudahkan Hidupnya, Ini 6 Keutamaan Membaca Surah YasinIDN Times/Rizka Yulita

Membaca surat Yasin sebanyak tiga kali juga bisa membuat keberkahan dalam hidup meningkat. Ini karena Allah SWT senantiasa mengabulkan doa-doa orang yang membaca surat Yasin sepenuhnya dan diulang sebanyak tujuh kali.

Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis yang berbunyi:

“Barang siapa yang membaca surat Yasin sepenuhnya dan saat mencapai pada ayat 58, surat Yasin tersebut diulang sebanyak 7 kali, maka allah SWT akan mempermudah dan mengabulkan hajatnya.”

Bahkan, seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, surat Yasin juga dipercaya dapat mempermudah segala urusan karena Allah selalu memberi jalan kepada hamba-hamba-Nya yang taat. 

Itu dia beberapa keutamaan membaca surat Yasin yang bisa kamu dapatkan. Jadi, selama bulan Ramadan ini, jangan lupa untuk menambah amalan-amalan pahala dengan membaca surat Al-Qur'an, termasuk surat Yasin!

Baca Juga: Meski Tidak Berpuasa, 5 Amalan yang Bisa Dilakukan Selama Ramadan

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya