Comscore Tracker

Latihan Sampai Subuh, Curhat Anin JKT48 tentang Sibuknya Jadi Idol

Anin perlu menyeimbangkan kuliah dengan kehidupan idolnya

Sejak tahun 2014, Aninditha Rahma Cahyadi menjadi anggota grup idol JKT48. Perempuan berusia 21 tahun ini pun mesti menyeimbangkan antara padatnya jadwal sebagai idol dengan kehidupan pribadi.

Anin JKT48 menceritakan pengalamannya menjadi idol di usia muda, saat media visit ke kantor IDN Media, Rabu (5/2). Dia berbagi kisah kesibukannya sehari-hari, dan trik menyeimbangkan berbagai aktivitas.

Baca Juga: 10 Potret Kebersamaan Zara JKT48 dan Kyla JKT48, Kakak-Adik Gokil!

1. Anin harus menyeimbangkan kehidupan idol, kuliah, dan latihan fisik

Latihan Sampai Subuh, Curhat Anin JKT48 tentang Sibuknya Jadi IdolAnin JKT48 di media visit JKT48. 5 Februari 2020. IDN Times/Erfah Nanda

Anin JKT48 tercatat sebagai mahasiswa semester 6 dengan marketing communication. Pada tahun-tahun terakhir kuliah, Ia semakin disibukkan dengan berbagai tugas dan kewajiban kuliahnya.

Di satu sisi, perempuan berusia 21 tahun ini juga harus menjalani kegiatannya sebagai member JKT48. Karena itu dia harus pintar-pintar membagi waktu.

"Biasa latihan mulai dari jam 4 atau 5 sore sampai jam 1 subuh, paling malam jam 3 subuh. Belum lagi selain latihan konser, latihan fisik, juga ada aktivitas kuliah," papar Anin JKT48 di IDN Media HQ, Rabu (5/2).

2. Anin mengaku pernah menangis karena kelelahan

Latihan Sampai Subuh, Curhat Anin JKT48 tentang Sibuknya Jadi IdolAnin JKT48 di media visit JKT48. 5 Februari 2020. IDN Times/Erfah Nanda

Anin menjadi member dengan tim rangkap di JKT48 sejak Sejak bulan Juli 2019. Dia bergabung di tim KIII dan tim T. Kemudian, pada bulan Desember, ia merangkap sebagai member tim KIII dan tim J

Menjadi member dengan tim ganda tersebut bukan hal yang mudah untuknya. Perempuan kelahiran 1999 ini bahkan pernah menangis saking merasa kelelahan.

"Iya, aku pernah nangis pas di lagu terakhir. Untungnya lagunya juga lagu sedih, ya. Aku nangis karena merasa capek banget. Tapi, aku sendiri yang minta double tim. Jadi gak boleh ngeluh!" ungkapnya.

3. Anin juga sering berhadapan dengan penggemar JKT48 yang kurang menyukainya

Latihan Sampai Subuh, Curhat Anin JKT48 tentang Sibuknya Jadi IdolAnin JKT48 di media visit JKT48. 5 Februari 2020. IDN Times/Erfah Nanda

Sebagai seorang idol di usia muda, banyak tantangan lain yang harus dihadapi Anin. Salah satunya adalah tantangan berhadapan dengan fans JKT48.

Sebagai grup dengan banyak member, Anin sadar bahwa ia tidak bisa mengambil hati semua penggemar.

"Tantangannya tentu gak semua penggemar suka sama kita. Jadi, kayak pengin membuktikan kalau kita itu gak seburuk yang mereka pikirkan," ungkap perempuan asal Palembang ini.

Baca Juga: Tampil Menawan, 7 Idol Ini Disebut Punyai Aura Aktor yang Kuat

4. Di tengah tantangan, Anin merasa menemukan keluarga sekaligus passion-nya di JKT48

Latihan Sampai Subuh, Curhat Anin JKT48 tentang Sibuknya Jadi IdolAnin JKT48 di media visit JKT48. 5 Februari 2020. IDN Times/Erfah Nanda

nin gak merasa lengah begitu saja meski menghadapi berbagai tantangan. Ia bersyukur bisa bergabung dengan JKT48.

Menurutnya, sebelum bergabung dengan JKT48, ia adalah perempuan yang pemalu. Selain itu, dahulu ia bingung akan passion-nya sendiri. Namun, kini ia bisa tampil lebih percaya diri dan mengetahui minat serta bakatnya.

"Aku menemukan passion-ku di JKT48. Dulu aku gak tahu hobiku apa. Kalau sekarang aku tahu passion aku di mana. Aku juga masuk ke e-sport tim JKT48," paparnya.

Selain itu, Anin juga merasa menemukan keluarganya di tim KIII. "Aku udah pernah di tim J, T, dan KIII. Menurutku, tim KIII seperti keluarga," ungkapnya.

5. Bisa multitasking, para member JKT48 adalah contoh perempuan yang hebat bagi Anin

Latihan Sampai Subuh, Curhat Anin JKT48 tentang Sibuknya Jadi IdolIDN Times/Erfah Nanda

Selama 6 tahun menjadi idol di JKT48, Anin melihat betapa kuat dan hebatnya para member JKT48. Meskipun harus menanggung lelah karena kegiatan yang padat, para member juga bisa menyeimbangkan kehidupannya di luar idol. 

"Perempuan hebat itu ya kayak member JKT48," ungkap Anin.

"Kalau yang orang awam liat kan kita cuma joget-joget, pakai baju samaan. Tapi di belakangnya itu kita benar-benar latihan, ngafalin koreo. Kita juga ada yang kuliah, ada yang sekolah. Pokoknya harus benar-benar multitasking banget," paparnya.

Ternyata berat juga ya menjadi seorang idol apalagi di usia muda. Semoga kamu semakin terinspirasi untuk selalu bersemangat mengejar impian!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya