5 Tanda Sikap Mengeluh yang Positif, Tetap Memilih untuk Berusaha

Mengeluh tidak melulu buruk, kok!

Intinya Sih...

  • Mengeluh bisa menjadi media penyaluran emosi negatif dengan porsi yang tepat, membantu dalam proses pengembangan diri.
  • Mengeluh menjadi salah satu cara manusia merespons realitas yang sulit, asalkan tetap mengutamakan tanggung jawab dan upaya terbaik.
  • Mengeluh bisa membantu dalam mengidentifikasi akar persoalan dan mencari alternatif solusi, asalkan dilakukan dengan kesadaran untuk berbenah tanpa hanya menyalahkan keadaan.

Setiap orang pasti pernah mengalami fase sulit dalam hidupnya. Kondisi tersebut tidak jarang dapat menimbulkan kecenderungan untuk mengeluh mengenai beragam hambatan dan tantangan yang dijalani. Sejatinya mengeluh adalah hal yang wajar dilakukan oleh setiap orang.

Hal tersebut disebabkan lantaran mengeluh bisa menjadi media penyaluran emosi apabila tidak berlebihan porsinya. Bahkan sikap mengeluh bisa dikatakan sebagai hal yang positif apabila dalam prosesnya kita memilih untuk tetap berusaha, terlepas dari kesulitan yang dialami. Berikut beberapa tanda sikap mengeluh yang positif untuk dijadikan tolak ukur dalam proses pengembangan diri.

1. Mengeluh dengan tujuan untuk mengekspresikan perasaan

5 Tanda Sikap Mengeluh yang Positif, Tetap Memilih untuk Berusahailustrasi mengeskpresikan emosi negatif (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Mengeluh tidak selamanya diartikan sebagai tindakan yang buruk. Pasalnya mengeluh bisa dijadikan alternatif solusi bagi setiap orang untuk mengekspresikan emosi negatif. Manfaat tersebut tentu dapat diperoleh apabila kita mengeluh dengan porsi yang tepat.

Maka, tidak masalah apabila sesekali kita mengeluh jika memang dihadapkan dengan kondisi yang tidak mudah. Mengeluh menjadi tanda bahwa kita memiliki sisi manusiawi. Belajarlah untuk memvalidasi setiap perasaan guna merayakan realitas.

2. Mengeluh dengan tetap mengutamakan tanggung jawab

5 Tanda Sikap Mengeluh yang Positif, Tetap Memilih untuk Berusahailustrasi fokus pada proses (pexels.com/Mikhail Nilov)

Mengeluh menjadi salah satu cara manusia merespons realitas yang tidak mudah dijalani. Sebab terkadang hidup membawa kita pada kondisi yang membuat tertekan atau frustrasi. Maka mengeluh diperbolehkan selama kita memperhatikan cara berkeluh kesah.

Salah satu bentuk mengeluh yang positif yakni dengan tetap mengutamakan tanggung jawab. Artinya meskipun kita mengeluh lantaran sedang dihimpit tekanan, jangan pernah lupakan tanggung jawab kita dalam menyelesaikan amanah. Dengan begitu, tindakan mengeluh bisa membawa energi positif yang baru dalam diri.

3. Mengeluh dengan tetap melakukan segala upaya terbaik

5 Tanda Sikap Mengeluh yang Positif, Tetap Memilih untuk Berusahailustrasi perempuan fokus dengan diri sendiri (pexels.com/Marcus Aurelius)

Mengeluh sejatinya bukan tindakan yang bersifat negatif secara mutlak. Hal tersebut menjadi salah satu respons alami dari manusia apabila menghadapi ketidaknyamanan. Bahkan dengan mengeluh, sejatinya kita tengah mengakui bahwa ada masalah yang perlu diidentifikasi.

Bentuk sikap mengeluh yang positif dapat tercipta selama kita tetap melakukan upaya terbaik. Artinya meskipun kondisi yang dijalani tidak memuaskan, tak lantas membuat kita menyerah begitu saja. Justru kita seharusnya mengusahakan kemampuan yang terbaik sekalipun diiringi dengan keluh kesah.

4. Mengeluh dengan tetap mencari alternatif solusi

5 Tanda Sikap Mengeluh yang Positif, Tetap Memilih untuk Berusahailustrasi mengeluh (pexels.com/Polina Zimmerman)

Sejatinya setiap masalah yang dialami perlu diekspresikan dengan tepat. Salah satunya melalui tindakan mengeluh. Sebab mengeluh sebenarnya bukan perkara meratapi nasib semata, melainkan proses berbicara mengenai keluh kesah yang dialami guna menciptakan pemahaman diri terhadap persoalan yang sedang dihadapi.

Sehingga tindakan mengeluh yang dilakukan dengan bijak bisa membantu kita dalam mengidentifikasi akar persoalan. Dengan mengetahuinya, tentu akan memudahkan langkah kita dalam upaya memperoleh alternatif solusi. Mencari cara untuk memperbaiki situasi adalah poin penting yang membuat tindakan mengeluh menjadi bermanfaat.

5. Mengeluh dengan tidak membesar-besarkan keadaan yang sedang terjadi

5 Tanda Sikap Mengeluh yang Positif, Tetap Memilih untuk Berusahailustrasi seseorang sedang mengeluh (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengeluh menjadi hal yang positif apabila kita melakukannya dalam porsi yang tepat. Salah satunya yakni dengan tidak membesar-besarkan kondisi yang sedang terjadi lantaran bisa membuat pikiran diliputi energi negatif. Sehingga, mengeluhlah dengan kesadaran untuk berbenah tanpa hanya menyalahkan keadaan. 

Sejatinya tindakan mengeluh tidak selamanya dianggap sebagai hal yang buruk. Kita bisa memaknai sikap mengeluh dengan beragam sudut pandang supaya bisa memahaminya dengan tepat. Pasalnya, mengeluh bisa menjaga keseimbangan diri dalam aspek emosional apabila kita melakukannya dengan benar.

Selama kita tidak berhenti dan pantang menyerah terhadap keadaan, mengeluh bisa menjadi alternatif yang melegakan saat dihadapkan dengan kondisi yang sulit. Maka, tetap perhatikan tujuan dari pilihan mengeluh serta tetap memahami tanggung jawab dari peran kita yang sebenarnya. Pasalnya, sikap mengeluh saja tanpa adanya action sama halnya dengan bualan.

Baca Juga: 5 Cara Membangun Hubungan Tim yang Kuat Secara Virtual

Izah Cahya Photo Community Writer Izah Cahya

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya