Comscore Tracker

10 Hal Sederhana Ini Bikin Kamu Lebih Bahagia Setiap Hari

Percayalah, bahagia tak pernah semudah ini

Masing-masing orang punya pilihan dalam hidup. Mau menjalani rutinitas harian dengan penuh kesenangan atau keluhan. Orang yang hidup dengan kesenangan cenderung merasa lebih bahagia.

Berbicara tentang kebahagiaan, ternyata itu tidak serumit cara pandang sebagian orang. Sejumlah penelitian menunjukkan ada kebiasaan yang kerap dilakukan orang-orang bahagia. Umumnya, mereka punya cara bertindak dan berpikir yang berbeda dibandingkan orang umumnya.

Berikut beberapa kebiasaan sederhana yang biasa dilakukan oleh orang-orang bahagia di luar sana.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kamu Harus Berhenti Pura-pura Bahagia

1. Nikmati apa pun yang kamu lakukan sekarang

10 Hal Sederhana Ini Bikin Kamu Lebih Bahagia Setiap HariUnsplash/Christin Hume

Orang yang merasa waktu berlalu begitu cepat, akan menjalani dan menikmati apa yang dia lakukan. Demikian halnya mereka yang punya konsentrasi tinggi. Dengan memiliki sense of the flow, orang-orang bisa merasakan kebahagiaan.

2. Rutin berolahraga

10 Hal Sederhana Ini Bikin Kamu Lebih Bahagia Setiap HariUnsplash/Curtis MacNewton

Orang yang bahagia rutin berolahraga karena mereka peduli dengan kesehatannya. Dengan latihan fisik secara teratur, kamu bisa meningkatkan energi dalam menjalani rutininitas, membuat tekanan darah normal, risiko diabetes berkurang, berat badan berkurang, serta tidur lebih baik.

Secara psikologi, olahraga juga membantumu mengurangi kecemasan, depresi, meningkatkan kepercayaan diri, serta mengontrol mood.

3. Menyempatkan untuk menghabiskan waktu di luar ruangan

10 Hal Sederhana Ini Bikin Kamu Lebih Bahagia Setiap HariUnsplash/Sylwia Bartyzel

Kamu bisa meningkatkan kebahagiaan dengan menghabiskan waktu di luar ruangan, seperti bertualang di alam bebas. Menurut sebuah penelitian, berjalan kaki di ruangan terbuka yang masih alami dapat mengurangi pikiran negatif. Itu alasannya, travelling di alam terbuka jadi alternatif yang menguntungkan untuk kesehatan jiwa.

4. Mau menyisihkan waktu untuk teman dan keluarga

10 Hal Sederhana Ini Bikin Kamu Lebih Bahagia Setiap HariUnsplash/Toa Heftiba

Ciri orang bagagia adalah mereka bisa membagi waktu, antara kesibukan dengan bersosialisasi dengan orang lain. Membiasakan diri membuat obrolan dan mendengarkan orang lain bisa melatih kemampuan empatimu.

5. Merespon kebahagiaan orang lain dengan ikut merayakan kesuksesannya

10 Hal Sederhana Ini Bikin Kamu Lebih Bahagia Setiap HariUnsplash/Alasdair Elmes

Penelitian menunjukkan bahwa meluangkan waktu untuk merayakan kebahagiaan orang lain merupakan prediktor baik dalam membentuk hubungan sehat. Kebiasaan alami orang bahagia ini kerap kali dinamakan respon yang aktif dan konstruktif. Ketika ada seseorang yang menceritakan kesuksesan, ikutlah merayakan. Responlah dengan antusiasme dan mintalah mereka membagikan pengalamannya. 

Baca Juga: 6 Kerugian yang Bakal Kamu Derita Kalau Terus Pura-pura Bahagia

6. Mereka yang bahagia lebih banyak memberi

10 Hal Sederhana Ini Bikin Kamu Lebih Bahagia Setiap HariUnsplash/Morgan Sessions

Salah satu kebahagiaan sejati adalah mampu membuat orang lain bahagia. Beberapa hal yang bisa diterapkan dalam hal ini seperti menjadi pribadi yang baik, membantu dengan tulus, dan memberikan kesempatan orang lain untuk merasakan kebahagiaan yang sama. Berilah lebih banyak waktu, uang, atau bahkan saran untuk orang lain dengan catatan tak perlu merisaukan ketika hal itu tak kembali lagi.

7. Memaafkan diri sendiri dan orang lain adalah jalan menuju kebahagiaan

10 Hal Sederhana Ini Bikin Kamu Lebih Bahagia Setiap HariUnsplash/Lina Trochez

Ketika kamu ingin membiasakan hidup bahagia, belajar lah untuk memaafkan diri sendiri dan orang lain. Melepaskan emosi negatif seperti marah, benci, bersalah, permusuhan, kesedihan, dendam, rasa kesal, dsb akan memberanikan dirimu untuk membangun pribadi baru yang lebih positif. Memaafkan nyatanya mampu membuat seseorang lebih bahagia, sehat, dan berempati.

8. Optimis terhadap masa depan

10 Hal Sederhana Ini Bikin Kamu Lebih Bahagia Setiap HariUnsplash/Kyle Glenn

Saat kamu merasa penuh harapan baik terhadap masa depan, kamu akan secara otomatis mengalami perasaan ketertarikan, antusias, motivasi, dan senang menjalani apa yang kamu lakukan. Sebaliknya, ketika kamu tidak berharap baik tentang masa depan, kamu akan lebih mungkin merasa cemas dan depresi. 

9. Berusaha nyaman dalam keadaan penuh tekanan

10 Hal Sederhana Ini Bikin Kamu Lebih Bahagia Setiap HariUnsplash/Priscilla Du Preez

Perbedaan nyata dari mereka yang bahagia dan tidak adalah bagaimana cara menghadapi situasi yang penuh tekanan. Orang yang kurang bahagia cenderung terlalu mengkritik diri sendiri, mereka benar-benar merasa tidak berdaya sepenuhnya. Sedangkan orang yang bahagia lebih mungkin membuat dirinya nyaman daripada mengasihani diri, mereka mencoba mengafirmasi nilai positif dan melakukan usaha terbaik untuk melewati tantangan.

10. Memilih jadi kuat di waktu-waktu tersulit

10 Hal Sederhana Ini Bikin Kamu Lebih Bahagia Setiap HariUnsplash/Kinga Cichewicz

Alih-alih menyerah, orang yang bahagia lebih percaya pada kelebihan dan kekuatan yang dimiliki untuk mengatasi waktu sulit mereka. Setiap orang punya karakter kuat yang melekat pada dirinya; baik itu tentang keberanian, kejujuran, rasa empati, kecerdasan, optimisime, dll. Penelitian menemukan bahwa menggunakan karakter kuat ini akan membantu individu untuk mencapai sesuatu sehingga dapat memperoleh kepuasan yang lebih.

Itulah tadi beberapa kebiasaan yang melekat pada diri mereka yang punya tingkat kebahagiaan lebih tinggi. Kamu sekarang sudah siap dong buat mensontek kebiasaan baik ini?

Baca Juga: Sering Tak Disadari, Ini 5 Hal yang Membuat Hidup Kamu Tidak Bahagia

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya