Comscore Tracker

5 Tanaman Hias Cantik yang Juga Baik untuk Kesehatan

Dari yang menyembuhkan hingga meningkatkan mood!

Belakangan ini aktivitas merawat tanaman hias jadi tren di masyarakat. Sejumlah jenis tanaman pun populer karena dianggap cantik dan menyejukkan.

Tahukah kamu? Ternyata, selain sedap dipandang, tanaman hias tertentu juga punya manfaat lain. Di antaranya berkhasiat positif untuk kesehatan. Seperti sejumlah tanaman berikut ini.

1. Aloe vera: penyembuh

5 Tanaman Hias Cantik yang Juga Baik untuk Kesehatanpexels.com/Cintia Siqueira

Tanaman yang populer dengan nama lidah buaya ini digemari karena bisa beradaptasi dengan cuaca kering maupun lembab. Selain cantik, aloe vera juga punya formula sebagai antibakterial serta antioksidan. 

Aloe vera bermanfaat untuk perawatan kulit serta bisa menyembuhkan luka luar pada tubuh. Banyak produk skincare yang mengandung aloe vera untuk dijadikan pelembap alami kulit. 

2. Mint: pembawa energi

5 Tanaman Hias Cantik yang Juga Baik untuk Kesehatanpexels.com/Buenosia Carol

Ada lebih dari 600 varietas tanaman yang tergolong mint. Sebagian bisa tumbuh subur jika ditempatkan di pot, dengan pencahayaan cukup. Makanya digemari, karena perawatannya cukup mudah.

Menurut sejumlah studi, kandungan tertentu pada tanaman mint  bisa meningkatkan memori serta memperbaiki mood. Tanaman ini kerap diletakkan di dalam ruangan agar memberi energi positif bagi penghuni rumah. 

3. Gardenia: membantu tidur lebih berkualitas

5 Tanaman Hias Cantik yang Juga Baik untuk Kesehatansouthernliving.com

Jika kamu mengidap insomnia, tanaman ini mungkin bisa membantumu meraih tidur yang lebih berkualitas.

Menurut beberapa penelitian di Jerman, kandungan dari gardenia mampu memberi efek yang sama kuatnya dengan obat tidur, tanpa memberikan efek samping. Selain itu, tentunya tanaman ini memiliki bunga dan daun yang indah. 

Baca Juga: Tak Cuma Aglonema, 5 Tanaman Indoor Ini Juga Punya Umur Panjang

4. Lemon: meningkatkan mood booster

5 Tanaman Hias Cantik yang Juga Baik untuk Kesehatanjacksonandperkins.com

Penelitian dari Ohio menyebutkan bahwa lemon memiliki efek yang kuat untuk meningkatkan mood seseorang. Bahkan, kemampuannya ini sebanding dengan minyak lavender yang biasa dimanfaatkan untuk essential oil. 

Tanaman lemon punya harum alami layaknya aroma parfum lemon dalam ruangan. Untuk merasakannya, tempatkan tanaman lemon pada tanah yang punya drainase baik dan sedikit asam.

Kamu juga perlu menjaga tanah agar tetap lembap. Jangan lupa berikan pupuk sesuai kebutuhan, ya!

5. Golden Pothos: pengganti air purifier dalam ruangan

5 Tanaman Hias Cantik yang Juga Baik untuk Kesehatanalmanac.com

Golden pothos bisa memberi manfaat kesehatan untuk ruangan yang memiliki cahaya kurang, seperti pada garasi. Tanaman golden pothos memang dikenal punya formula untuk menyaring kotoran, zat kimia, atau polusi dalam rumah.

Tanaman yang juga dikenal sebagai sirih gading ini, mudah tumbuh subur di berbagai media tanam. Baik itu pada tanah, pot, maupun pada botol dengan cara digantung. Jadi, golden pothos merupakan tanaman yang direkomendasikan untuk pemula juga.

Itu tadi beberapa jenis tanaman yang dipercaya memberi efek baik untuk kesehatan. Mana favoritmu nih? 

Baca Juga: 5 Tanaman Indoor yang Berumur Panjang untuk Ruangan yang Lebih Asri

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya