Comscore Tracker

Jangan Muram, 7 Hal Simpel Ini Ampuh Ringankan Kesedihanmu!

Ingat, air mata itu bukan pertanda kamu lemah!

Berbagai jenis emosi bisa kamu rasakan dalam satu hari, seperti senang, marah, penuh antusias, dan lain sebagainya. Saat kamu merasakan emosi positif yang dominan, maka kamu bakal lebih mudah menikmati setiap momen yang saat ini sedang kamu lakukan. Namun sebaliknya, ketika kamu merasakan emosi negatif yang dominan, waktu seperti begitu berjalan dengan begitu lambat. 

Namun sebaliknya, saat kamu merasakan emosi sedih, ada keadaaan di mana kamu merasa bersalah dan tidak berdaya untuk melakukan apa-apa. Sebelum hal ini menjadi kebiasaan, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi emosi sedih berlebihan yang bisa kamu coba. Seperti apa saja? Yuk simak pada artikel berikut!

1. Menangislah jika itu bisa membuatmu lega

Jangan Muram, 7 Hal Simpel Ini Ampuh Ringankan Kesedihanmu!dramabeans.com

Air mata tidak selalu menjadi pertanda kamu lemah. Kesedihan, perasaan kesal, atau rasa bersalah dapat kamu luapkan dengan cara menangis. Beberapa orang menemukan manfaat dari menangis untuk mengatasi emosi mereka. Ini akan membuat kamu lebih rileks. Jangan malu untuk menangis hal ii wajar dan merupakan respon alami yang dialami manusia. Ini akan memudahkan untuk melepaskan segala emosi negatif.

2. Kamu bisa meluapkan perasaan melalui tulisan, mulailah menulis!

Jangan Muram, 7 Hal Simpel Ini Ampuh Ringankan Kesedihanmu!bustle.com

Berhentilah sejenak dari rutinitas yang kamu lakukan dan duduk sebentar. Gambarkan bagaimana perasaan, apa yang terjadi, dan bagaimana kamu kesal dengan hal yang mengganggu itu. Ini akan membantu kamu untuk memahami perasaan sedih. Menulis mampu membantu kamu dalam proses menjelaskan situasi atau konflik batin yang kamu rasakan. Menjurnal juga akan membantu kamu menguraikan pikiran yang sedang kalut.

Baca Juga: Gina S. Noer di IWF 2019: Stop Menghakimi Sesama Perempuan

3. Tidur yang cukup

Jangan Muram, 7 Hal Simpel Ini Ampuh Ringankan Kesedihanmu!pexels.com/Ivan Obolelinov

Jika kamu merasa sedih, ada bagian otak yang memproses emosi tersebut. Sehingga mengambil waktu untuk tidur adalah salah satu cara untuk membiarkan otak istirahat dari pikiran-pikiran negatif yang muncul. Ambillah waktu yang cukup untuk tidur, tidak berlebihan dan tidak kurang.

4. Bermain musik atau menari

Jangan Muram, 7 Hal Simpel Ini Ampuh Ringankan Kesedihanmu!www.arabnews.com

Mendengarkan musik atau menari akan membantu untuk mengatasi gangguan kesehatan mental seperti sedih, kecemasan dan penyakit secara psikis lain. Mendengarkan musik akan membantu untuk memahami apa yang kamu alami saat itu. Jika kamu merasa belum siap untuk menerima emosi saat ini, musik akan membantu untuk menghadapi perasaan sedihmu.

5. Makan makanan favorit kamu

Jangan Muram, 7 Hal Simpel Ini Ampuh Ringankan Kesedihanmu!unsplash/ Pablo Merchán Montes

Beberapa makanan bermanfaat untuk menangkal kesedihan. Seperti misalnya kacang almond, bayam, cokelat hitam, salmon, dan buah berry. Jika makanan favorit kamu masuk salah satunya, ambillah sebagai kudapan. Misalnya jika kamu suka makanan manis, ambil cokelat hitam sebagai camilan saat kamu merasa sedih. Beberapa kandungan di dalamnya akan secara alami membantu meningkatkan mood sehingga tidak terlalu larut dalam perasaan sedih. 

6. Mendistraksi dirimu dengan kegiatan positif

Jangan Muram, 7 Hal Simpel Ini Ampuh Ringankan Kesedihanmu!pexels/rawpixel.com

Mudah untuk lebih fokus pada emosi negatif seperti sedih ketimbang perasaan bahagia, rileks, penuh antusias, dan menikmati apa yang kamu lakukan.Kamu dapat mendistraksi diri dari emosi negatif dengan melakukan hal positif. Misalnya seperti membuat teh, mewarnai rambut, menonton TV atau film, membersihkan kamar, atau kegiatan positif lainnya. 

7. Menghabiskan waktu untuk keluar bersama orang terdekat saat akhir pekan

Jangan Muram, 7 Hal Simpel Ini Ampuh Ringankan Kesedihanmu!unsplash.com/Priscilla Du Preez

Salah satu cara untuk menangkal rasa sedih adalah dengan menyadari bahwa sebetulnya banyak orang yang mendukungmu, terlepas dari permasalahan yang kamu hadapi. Pergi jalan bareng teman atau orang terdekat kamu akan membuatmu punya pandangan lain.

Sesederhana itulah cara yang dapat kamu lakukan untuk melepaskan kesedihan. Tambahkan mindset bahwa kamu dapat melewati masa sulit ini. Semangat, kamu pasti bisa kok!

Baca Juga: 7 Lagu Sheila On 7 Buat Kamu yang Ingin Move On 

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You