Comscore Tracker

Sayangi Lingkungan, 5 Kiat Mengurangi Sampah ala Nicholas Saputra

#IDNTimesLife Jaga lingkungan dengan aksi nyata sederhana

Aktor Nicholas Saputra turut memperingati Hari Peduli Sampah Nasional pada Minggu, 21 Februari 2021. Dikutip dari Ruangguru, Nicho menunjukkan kepeduliannya lewat dengan berbagi tips mengurangi sampah dan pengelolaannya untuk membangkitkan kesadaran masyarakat pada isu lingkungan ini.

Kamu bisa meniru langkah Nicho untuk menjaga lingkungan lewat aksi nyata yang simpel. Sayangi bumi, ini lima cara keren mengurangi sampah ala Nicholas Saputra yang bisa kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari!

1. Mengurangi konsumsi barang atau makanan

Sayangi Lingkungan, 5 Kiat Mengurangi Sampah ala Nicholas Saputrapexels.com/Gustavo Fring

Mengurangi konsumsi berarti sampah yang dihasilkan dari limbah industri maupun rumah tangga akan semakin berkurang. Artinya, mengurangi sampah bisa kamu mulai dengan menerapkan gaya hidup minimalis.

Setiap akan membeli barang atau makanan, coba tanyakan pada dirimu apakah benar-benar membutuhkannya. Sebab semakin banyak yang kamu konsumsi, limbah yang kamu hasilkan pun semakin besar!

2. Bawa kantong sendiri saat belanja

Sayangi Lingkungan, 5 Kiat Mengurangi Sampah ala Nicholas Saputrapexels.com/Polina Tankilevitch

Tidak bisa dimungkiri, kita salah satu negara penyumbang limbah plastik terbesar di dunia. Gak cuma berdampak buat manusia, limbah itu juga berpengaruh terhadap ekosistem hewan dan tumbuhan.

Kamu bisa mengurangi penggunaan plastik dengan membawa kantong belanja sendiri. Dengan membiasakan pakai tas belanja sendiri, jumlah sampah plastik secara otomatis akan berkurang. 

3. Apabila kamu mendapat kantong plastik, jangan dibuang dulu karena kamu bisa gunakan kembali di lain waktu

Sayangi Lingkungan, 5 Kiat Mengurangi Sampah ala Nicholas Saputrapexels.com/Anna Shvets

Masa pandemik seperti sekarang membuat kamu lebih mungkin mendapat banyak kantong plastik dari paket yang dialamatkan ke rumah. Untuk itu, kamu bisa menyimpannya terlebih dahulu, alih-alih langsung membuangnya ke tempat sampah. 

Kantong plastik merupakan jenis sampah yang sangat sukar diuraikan. Butuh waktu bertahun-tahun supaya sampah plastik terurai dan gak lagi mencemari lingkungan. Jadi, simpan dahulu kantong plastik yang kamu dapat untuk digunakan kembali di lain waktu.

Baca Juga: Ini 3 Cara Keren AQUA Peringati Hari Peduli Sampah Nasional  

4. Pilih dan beli produk yang menggunakan kemasan berbahan biodegradable

Sayangi Lingkungan, 5 Kiat Mengurangi Sampah ala Nicholas Saputrapexels.com/Karolina Grabowska

Sebelum membeli barang atau makanan, kamu bisa pilih dulu mana yang menggunakan kemasan ramah dan gak ramah lingkungan. Pasalnya, ada jenis kemasan tertentu yang memiliki bahan mudah terurai seperti biodegradable. Bahan biodegradable mampu terurai dalam kurun waktu 12-24 bulan secara alami. 

Kamu bisa memberi tanda atau berlangganan pada penjual yang menggunakan kemasan berbahan biodegradable. Dengan melakukan pencatatan produk dengan kemasan ramah lingkungan, ini adalah satu bentuk kepedulian dan kontribusimu dalam mengurangi sampah. 

5. Bantu petugas kebersihan mendaur ulang sampah dengan memisahkan sampah organik dan anorganik

Sayangi Lingkungan, 5 Kiat Mengurangi Sampah ala Nicholas Saputrapexels.com/Karolina Grabowska

Tahap pertama dalam memproses sampah adalah memisahkan antara sampah organik dan organik. Kamu dapat membantu petugas pengolahan sampah dengan memisahkan sampah yang ada di rumah terlebih dahulu. 

Misalnya, membuat dua tong sampah dengan tanda sampah organik atau anorganik. Sampah yang tergolong organik merupakan sampah yang mudah terurai seperti kulit buah dan sisa makanan. Sedangkan sampah yang susah terurai dari bahan plastik, aluminium, kaca atau logam, dapat kamu tempatkan di tong sampah anorganik. 

Apabila kamu memiliki tanaman di rumah, sampah organik pun bisa kamu daur ulang sendiri menjadi pupuk kompos dengan tambahan dedaunan kering. Setelah menunggu sekitar 6 minggu, sampah organik akan jadi pupuk kompos yang dapat kamu manfaatkan sebagai penyubur tanaman. Semakin lama proses pematangan, maka pupuk kompos organik ini akan semakin bagus kualitasnya. 

Itu tadi tips mudah mengurangi sampah dan bagaimana cara pengelolaannya. Selamat Hari Sampah Nasional! Mari lebih peduli sampah demi kelangsungan kehidupan bumi, di mana kamu berpijak saat ini. 

Baca Juga: Pantai Kuta Bali Terima Sampah Plastik Kiriman Sampai 200 Ton Per Hari

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya