Comscore Tracker

Keutamaan 1 Muharam dan 5 Amalan yang Dianjurkan: Puasa hingga Sedekah

Waktu yang mulia untuk panen pahala

Umat Muslim akan menyambut Tahun Baru Hijriah atau tanggal 1 Muharam, yang jatuh pada 20 Agustus 2020. Waktu itu punya keutamaan lebih dari hari biasa serta termasudk hari yang mulia.

Rasulullah Muhammad SAW menyebut bulan Muharam sebagai Syahrullah, yang berarti Bulan Allah. Ada sejumlah amalan dan keutamaan yang bisa kamu lakukan di hari istimewa itu untuk memanen pahala. Berikut ini di antaranya.

1. Berpuasa

Keutamaan 1 Muharam dan 5 Amalan yang Dianjurkan: Puasa hingga Sedekahpexels.com/Naim Benjelloun

Dalam sebuah riwayat Rayyan bin Syabib, Imam Ali Ridha mengatakan: 

"Sesiapa berpuasa pada hari ini dan berdoa kepada Allah, maka dia akan mendapati doanya seperti diterimanya doa Nabi Zakariya."

Amalan puasa yang dilakukan pada 1 Muharam niscaya lebih mudah diterima oleh Allah SWT, layaknya doa Nabi Zakariya. Hukum amalan berpuasa pada waktu itu dipandang berbeda-beda, tergantung niat orang yang melaksanakan.

HR. Bukhari 1 dan Muslim 1907:

"Sah atau tidaknya amal, bergantung pada niatnya, dan seseorang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang dia niatkan."

Berikutnya, puasa yang dianjurkan adalah Asyura, yakni di hari ke-10 pada bulan Muharam. Di mana amalan puasa ini mengandung banyak keutamaan seperti yang disebutkan Rasulullah SAW, yaitu sebagai berikut:

"Puasa yang paling utama setelah Ramadan adalah puasa di bulan Allah al-Muharam." (H.R. Muslim, no. 1982)

2. Salat dua rakaat dengan menambahkan doa tertentu

Keutamaan 1 Muharam dan 5 Amalan yang Dianjurkan: Puasa hingga Sedekahpexels.com/vjapratama

Menurut Imam Ali Ridha, Rasulullah SAW pada hari pertama bulan Muharam melaksanakan salat dua rakaat dan juga membaca doa yang diantaranya adalah sebagai berikut:

"Ya Allah, Tuhan yang Maha kadim, inilah tahun baru, aku memohon suaka-Mu dari kejahatan setan, kekuatan untuk menahan hawa nafsu yang menyeretku kepada kejelekan, sibuk dengan aktivitas yang mendekatkan diriku kepada-Mu. Wahai zat yang Maha Pemurah dan Pemilik Kemuliaan. Wahai Sandaran orang yang tidak memiliki sandaran. Wahai Simpanan orang yang tidak memiliki simpanan. Wahai penolong orang yang tidak memiliki penolong. Wahai Pegangan orang yang tidak memiliki pegangan. Wahai Permata orang yang tidak memiliki permata. Wahai Zat yang baik ujiannya. Wahai Penyelamat orang yang tenggelam. Wahai Penyelamat orang-orang yang celaka. Wahai Pemberi karunia. Wahai zat yang Maha Indah, Pemurah, dan Baik Engkau adalah zat yang memunculkan gelapnya malam, gemerlapnya siang, cahaya bulan, sinar matahari, suara air dan suara pohon yang bersujud kepadamu. Ya Allah tiada sekutu bagimu."

3. Memperbanyak amal saleh

Keutamaan 1 Muharam dan 5 Amalan yang Dianjurkan: Puasa hingga Sedekahpexels.com/David McEachan

Allah menjanjikan pahala yang berlimpah bagi amalan yang dilakukan pada 1 Muharam. Maka umat Muslim dianjurkan mengamalkan ketaatan kepada Allah SWT, misalnya sedekah, membaca Alquran, dan berzikir.

Ibu "Abbas radhiyallahu 'anhuma mengatakan tentang tafsir firman Allah SWT dalam Q.S At-Taubah 36 yang berbunyi :

"Maka janganlah kalian menzhalimi diri kalian; Allah telah mengkhususkan empat bulan dari kedua belas bulan tersebut. Dan Allah menjadikannya sebagai bulan yang suci, mengagungkan kemuliaan-kemuliaannya, menjadikan dosa yang dilakukan pada bulan tersebut lebih besar (dari bulan-bulan lainnya) serta memberikan pahala (yang lebih besar) dengan amalan-amalan salih. (Tafsir Al-Quran Al Azhim, Ibu Katsir)

Baca Juga: 11 Amalan yang Dapat Menghapus Dosa di Bulan Ramadan

4. Membaca Surat Yasin

Keutamaan 1 Muharam dan 5 Amalan yang Dianjurkan: Puasa hingga Sedekahpexels.com/Tayeb MEZAHDIA

Membaca Surat Yasin pada 1 Muharam, bisa kamu lakukan setelah melakukan salat Magrib. Namun pelaksanaan membacanya, harus sudah selesai sebelum masuk salat Isya.

Apabila waktunya habis, maka kamu dapat menggantinya dengan bacaan istigfar sebanyak mungkin. Membaca Surat Yasin pada rentang waktu ini dilakukan tiga kali. 

Setelah membaca surat Yasin pertama, kemudian bisa kamu lanjutkan dengan bacaan doa yang diantaranya sebagai berikut:

"Yaa Allah berikanlah ketetapan Iman Islam dan menjadi bagian dari Ahlussunah Wal Jama'ah, Amin."

Lalu, sesudah membaca Yasin untuk yang kedua, kamu bisa melanjutkan dengan membaca doa sebagai berikut:

"Yaa Allah ampunilah dosa-dosa hamba di dunia dan akhirat secara lahir dan batin dan atas dosa-dosa kedua orangtua serta umat Islam semua, Amin."

Sama halnya setelah bacaan Surat Yasin yang pertama dan kedua, setelah membaca surat Yasin yang ketiga, kamu dianjurkan membaca doa yang berarti:

"Yaa Allah berikanlah hamba umur panjang yang bermanfaat, kelimpahan rezeki yang baik dan halal dan kelak meninggal dengan khusnul khotimah, tenteram nyaman dan selamat dunia akherat, Amin."

5. Muhasabah diri

Keutamaan 1 Muharam dan 5 Amalan yang Dianjurkan: Puasa hingga Sedekahpexels.com/Craig Adderley

Bertambahnya tahun hijriah merupakan pertanda bahwa hari dan bulan telah berganti. Sehingga penting untuk mengetahui bahwa kematian dan juga alam akhirat semakin dekat.

Maka saat 1 Muharam, umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan introspeksi diri melalui muhasabah. Dengan muhasabah, kamu bisa evaluasi terhadap aspek kebaikan dan keburukan yang telah kamu lakukan.

 Allah SWT berfirman pada QS. Al-Hasyr: 18 yang berarti :

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan setiap diri hendaklah memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat).

Berikut tadi beberapa amalan yang bisa kamu lakukan pada tanggal 1 Muharam. Semoga bisa jadi acuan untukmu dalam beribadah, ya!

Baca Juga: Dear Jomblo, Terapkan 5 Amalan Ini Biar Cepat Dapat Jodoh 

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya