Comscore Tracker

5 Manfaat Me Time untuk Hidup, Memulihkan Pikiran hingga Memahami Diri

Kamu perlu meluangkan waktu sejenak untuk diri sendiri

Manusia memang makhluk sosial yang tidak mampu hidup sendirian. Tapi meluangkan waktu sejenak untuk sendiri atau menjauh dari rutinititas sosial juga perlu.

Aktivitas yang disebut dengan me time itu punya banyak manfaat positif. Baik itu yang berdampak langsung ke diri sendiri maupun kepada orang-orang di sekeliling. Yuk simak beberapa manfaat me time berikut ini!

1. Memulihkan pikiran, emosi, dan mental supaya kamu kembali fresh

5 Manfaat Me Time untuk Hidup, Memulihkan Pikiran hingga Memahami DiriUnsplash.com/neotronimz

Beragam kesibukan dan aktivitas rutin sehari-hari bisa membuatmu lelah dan stres. Hal itu bisa memicu gangguan kesehatan mental, sehingga kamu tidak bisa optimal dalam bekerja.

Sejenak melakukan me time membantumu untuk fokus ada pikiran dan emosi yang penting. Me time juga membuatmu rileks secara psikis, sehingga bisa mengisi ulang energi di dalam tubuh.

2. Membantu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas

5 Manfaat Me Time untuk Hidup, Memulihkan Pikiran hingga Memahami DiriPixabay.com/Free-Photos

Rehat sejenak dari hiruk-pikuk aktivitas sehari-hari akan membuatmu sadar tentang sebuah ketenangan. Sebab itu bsa membantu meningkatkan konsentrasi terhadap berbagai hal.

Saat menyendiri, kamu juga bisa menggali potensi dan kemampuanmu secara lebih baik. Itu karena kamu tidak menerima banyak interupsi dari orang lain. Saat kembali ke rutinitas, kamu pun bakal siap untuk menjadi lebih produktif.

Baca Juga: Pembawaannya Tenang & Anti Lasak, 5 Zodiak Ini Katanya Kalem Banget!

3. Melalui me time, kamu bisa belajar memahami diri kamu sendiri dengan lebih baik

5 Manfaat Me Time untuk Hidup, Memulihkan Pikiran hingga Memahami DiriUnsplash.com/cikstefan

Gak ada orang lain yang dapat memahamimu lebih baik dari diri sendiri. Ketika keseharianmu dipenuhi dengan aktivitas yang melibatkan banyak orang, kamu bisa lupa akan hal tersebut. Terkadang secara gak sadar, kamu hanya mengikuti arus hingga merasa kebingungan setelahnya.

Cukup luangkan waktu sebentar dengan dirimu sendiri. Me time memberimu kesempatan untuk merefleksikan siapa kamu dan apa yang kamu inginkan. Kamu bisa mengenal dan memahami dirimu lebih dalam melalui me time yang berkualitas.

4. Kemampuan bersosialisasi dan kualitas hubungan dengan orang lain juga bisa semakin membaik, lho!

5 Manfaat Me Time untuk Hidup, Memulihkan Pikiran hingga Memahami Diriunsplash.com/Omar Lopez

Siapa bilang me time menjadikanmu orang yang self-centered? Justru sebaliknya, me time bisa mengubah cara pandang dan pemikiranmu mengenai pentingnya bersosialisasi dan menjaga hubungan dengan orang lain.

Meluangkan sedikit waktu untuk diri sendiri itu gak salah. Tapi kalau terlalu lama, yang ada kamu malah merasa kosong atau kesepian karena kurangnya interaksi dengan orang lain.

Melalui me time, kamu justru bisa semakin menghargai segala bentuk hubungan yang dipunya dengan orang lain. Kemampuan bersosialisasimu pun bisa jadi meningkat juga.

5. Bisa memberi ide atau solusi untuk mengatasi masalah yang sedang kamu hadapi

5 Manfaat Me Time untuk Hidup, Memulihkan Pikiran hingga Memahami DiriPexels.com/Andrea Piacquadio

Rasa tenang yang kamu dapatkan saat menyendiri, bisa membantu kamu untuk berpikir lebih jernih dalam menghadapi suatu masalah. Kamu pun jadi lebih leluasa memikirkan opsi penyelesaian beserta dengan risikonya.

Meminta pendapat orang lain, tentu gak salah. Tapi, terkadang kamu juga harus percaya dengan intuisi yang kamu miliki.

Selama me time, bukan gak mungkin kamu bakal mendapat insight baru karena bisa menganalisis situasi dan kondisi dengan lebih baik. Itulah mengapa, ide dan solusi yang efektif bisa saja muncul ketika kamu sedang sendirian.

Itulah kelima manfaat yang bisa kamu dapatkan dari me time. Selama kamu gak melalaikan tanggung jawab, meluangkan waktu sejenak untuk diri sendiri itu gak salah. Bahkan, ini bisa membuatmu jadi orang yang lebih bahagia dan sehat secara mental. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Cara Berhenti Membandingkan Hubunganmu dengan Orang Lain, Jangan Lagi!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya