Comscore Tracker

7 Jenis Anthurium, Tanaman Eksotis Pemanis Dekorasi Rumah

Hiasan agar rumahmu makin enak dipandang

Ada beragam tanaman hias yang populer di Indonesia, salah satunya Anthurium. Tapi banyak orang yang cuma mengetahui jenis Anthurium cuma sebatas tanaman kuping gajah atau tanaman gelombang cinta.

Nyatanya, dalam Anthuriun dalam keluarga Araceae merupakan genus dengan jumlah jenis terbanyak. Tanaman ini punya sekitar seribu jenis anggota.

Anthurium yang dikenali dengan ciri khas berdaun lebar banyak digemari sebab menambah kesan eksotis serta memperindah tampilan rumah. Nah, di bawah ini merupakan beberapa jenis Anthurium paling cantik yang cocok dijadikan dekorasi rumah.

1. Anthurium Crystallinum (Kuping Gajah)

7 Jenis Anthurium, Tanaman Eksotis Pemanis Dekorasi Rumahpinterest.com/Tank Stewart

Tanaman yang dikenal sebagai kuping gajah ini berasal dari hutan hujan di daerah Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Dinamai demikian, sebab bentuk daunnya lebar dan agak oval mirip telinga gajah.

Tanaman ini unik, dengan daun berwarna hijau tua serta memiliki urat-urat daun yang menonjol, putih atau hijau muda. Bisa tumbuh sampai sekitar 90 cm, tanaman ini bisa bertahan pada suhu minimal 16 derajat Celcius.

2. Anthurium Plowmanii (Gelombang Cinta)

7 Jenis Anthurium, Tanaman Eksotis Pemanis Dekorasi Rumahpinterest.com/PlantVine

Tanaman ini disebut gelombang cinta karena bentuk daunnya yang lebar memanjang, bergelombang, serta punya urat daun menonjol. Termasuk jenis Anthurium yang paling mudah ditemui, sebab banyak orang yang memeliharanya.

Untuk merawat tanaman ini, cukup siram satu hingga dua kali sehari tergantung media tanam. Jika terasa terlalu kering, siram tanaman gelombang cinta secukupnya. Kamu gak perlu menyiramnya kalau masih lembap.

3. Anthurium Keris

7 Jenis Anthurium, Tanaman Eksotis Pemanis Dekorasi Rumahpinterest.com/Malene Sørensen

Seperti namanya, tanaman yang satu ini bentuk daunnya memanjang dan bergelombang bagai keris. Yang unik, semakin kecil ukuran daunnya makan semakin mahal pula harganya.

Anthurium Keris punya beberapa varietas. Misalnya Anthurium Keris hitam, Anthurium Keris merah, dan lain-lain. Bentuknya yang eksotis itu disukai banyak orang. Makanya harga tanaman ini tergolong relatif tinggi.

4. Anthurium Superbum

7 Jenis Anthurium, Tanaman Eksotis Pemanis Dekorasi Rumahpinterest.com/kensphilodendrons.com

Cukup sulit untuk ditemukan, Anthurium Superbum ini tergolong sebagai salah satu jenis yang langka. Di habitat aslinya, tanaman yang berasal dari Amerika Latin ini hidup di hutan tropis yang berada di daerah dataran rendah.

Tanaman ini cocok untuk ditanam di Indonesia karena menyukai daerah dengan tingkat kelembapan tinggi. Namun untuk mendapatkan tanaman ini, kamu perlu menyiapkan budget cukup besar karena setiap tanaman dihargai kira-kira sekitar Rp2,5 jutaan.

Baca Juga: 6 Jenis Monstera untuk Dekorasi Ruangan, dari Daun Kecil hingga Lebar

5. Anthurium Andraeanum

7 Jenis Anthurium, Tanaman Eksotis Pemanis Dekorasi Rumahpinterest.com/waitrosegarden.com

Berasal dari Kolombia dan Ekuador, Anthurium Andraeanum merupakan spesies tanaman berbunga dalam keluarga Araceae. Tanaman ini juga dikenal dengan nama lainnya seperti tailflower, bunga flamingo, dan laceleaf. 

Gak cuma menarik dan eksotis, Anthurium Andraeanum juga punya fungsi untuk membersihkan udara di dalam ruangan. Menurut NASA, tanaman ini cukup ampuh untuk menghilangkan formaldehyde, xylene, toluene, dan amonia dari udara.

6. Anthurium Hookeri

7 Jenis Anthurium, Tanaman Eksotis Pemanis Dekorasi RumahPinterest.com/plantshopnyc.com

Tanaman Anthurium yang satu ini memiliki daun yang cenderung lebih tipis ketimbang jenis Anthurium lainnya. Di luar negeri, Anthurium Hookeri dikenal juga dengan nama bird's nest Anthurium atau Anthurium sarang burung.

Anthurium jenis ini gak hanya populer di Indonesia, tetapi juga di Amerika. Keunikan tanaman ini terletak pada daunnya yang berbentuk roset (letak daun rapat berjejal dengan ruas pendek, sehingga sulit membedakan daun tua dan muda). Anthurium Hookeri juga punya daun berwarna hijau tua dengan tulang daun yang terlihat jelas.

7. Anthurium Corong

7 Jenis Anthurium, Tanaman Eksotis Pemanis Dekorasi Rumahkaritani.id

Satu lagi jenis Anthurium yang dikenal eksotis dan mudah dikenali yaitu Anthurium Corong. Tanaman ini dianggap unik karena memiliki daun yang berbentuk seperti corong. Tanaman ini dianggap sangat cocok untuk dijadikan sebagai dekorasi indoor. 

Sudut-sudut di pangkal daunnya lebih dalam, dan daunnya berbentuk seperti jantung, tapi gak terlalu tegas karena sedikit bergelombang. Kalau kamu mau yang lebih unik, ada jenis Anthurium corong bibir merah yang tepi daunnya berwarna merah.

Itulah tadi tujuh jenis Anthurium yang paling unik dan eksotis, alias paling cocok untuk dijadikan sebagai dekorasi di rumahmu. Terlepas dari indoor atau outdoor, perlu diperhatikan bahwa tanaman Anthurium secara umum butuh penyiraman yang pas.

Selain itu, perhatikan pengaturan letak tanaman agar tetap mendapatkan cahaya secukupnya, dan memperhatikan pilihan media tanam yang terbaik. Kira-kira Anthurium mana nih yang paling menarik minat kamu?

Baca Juga: 8 Jenis Kaktus Indoor yang Bikin Ruangan Auto Kece, Estetis buat Foto!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya