Comscore Tracker

6 Tips Meredakan Stres secara Cepat, Berhenti Overthinking!

#IDNTimesLife Renungi hal yang patut kamu syukuri hari ini

Stres merupakan salah satu situasi normal bagi manusia. Apalasi jika kita berada di kondisi yang tidak kondusif.

Saat merasa stres, kita cenderung menerima informasi negatif tanpa filtrasi. Stres pun tak kunjung usai.

Penting bagi kamu mengetahui hal-hal yang perlu diterapkan dalam keseharianmu. Berikut ini 6 tips agar kamu cepat merasa lebih baik saat sedang dilanda stres.

1. Sempatkan diri untuk melihat hal-hal yang patut disyukuri setiap hari

6 Tips Meredakan Stres secara Cepat, Berhenti Overthinking!Cuplikan drama A Love So Beautiful (dok. KAKAO TV)

Menurut artikel di Harvard Health Publishing, bersyukur bisa mendorong manusia merasakan kebahagiaan. Dengan bersyukur, kamu terlatih merasakan emosi-emosi positif, meningkatkan kesehatan, dan menguatkan hubunganmu dengan orang lain.

Hidup yang penuh rasa syukur membuat kita melihat masa lalu sebagai memori yang menyenangkan dan berharga. Kamu jadi bisa memandang hidup secara positif, sekalipun dalam kondisi terpuruk.

Mungkin harimu tidak lebih baik dari kemarin. Tapi percayalah, setiap hari akan selalu baik, tergantung sudut pandangmu. Sekarang, coba tuliskan lima hal yang membuatmu senang atau bersyukur.

Sebelum tidur, lihat lagi apa saja hal-hal baik yang sudah terjadi dalam hidupmu. Semakin rutin dilakukan maka akan semakin melatihmu untuk hidup positif di saat stres melanda.

2. Perbanyak jadwal untuk me time

6 Tips Meredakan Stres secara Cepat, Berhenti Overthinking!Cuplikan drama Nevertheless (dok. JTBC)

Setiap orang butuh waktu untuk memanjakan diri. Saat sibuk, tetap luangkan waktumu sejenak untuk diri sendiri. Coba lakukan apa pun kegiatan yang kamu senangi tanpa keterlibatan orang lain.

Kamu bisa mencari kegiatan positif yang membuatmu relaks saat di rumah. Setidaknya dalam seminggu, kamu bisa mencari waktu khusus dan rutin untuk sekadar memanjakan diri. 

Mengambil rehat di tengah jenuhnya pekerjaan juga penting, lho. Bukan hanya istirahat fisik, tetapi menjaga kesehatan mental agar tetap waras dan bahagia.

3. Stop overthinking atas hal yang belum terjadi

6 Tips Meredakan Stres secara Cepat, Berhenti Overthinking!Cuplikan drama Oh My Ladylord (dok. MBC)

Banyak orang cenderung memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi, bahkan tidak mungkin terjadi di masa depan. Pemikiran seperti ini perlu kamu buang jauh-jauh. 

Dilansir Life Hack, salah satu cara untuk bisa hidup bebas dari stres adalah berhenti menganalisa situasi yang belum terjadi. Coba tanyakan pada diri sendiri, apakah dengan memikirkan hal-hal tersebut akan membuatmu merasa lebih baik?

Kalau hal-hal yang kamu pikirkan itu gak bisa membuatmu merasa bahagia, lupakan saja. Nikmati saja apa yang kamu lakukan di hari itu. Pasalnya, kamu juga gak punya kewenangan untuk mengontrol apa pun yang terjadi di masa depan.

Baca Juga: Gak Cemas! Begini 9 Cara Sederhana Menghilangkan Stres dengan Cepat

4. Jangan lupa olahraga

6 Tips Meredakan Stres secara Cepat, Berhenti Overthinking!ilustrasi olahraga (pexels.com/Marta Wave)

Salah satu cara terbaik untuk melawan stres adalah berolahraga. Mengutip Healthline, orang yang rutin olahraga itu jarang merasa cemas dibanding dengan mereka yang tidak pernah olahraga.

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi hal ini. Ketika kamu berolahraga, hormon endorfin akan meningkat. Endorfin ini yang bertugas mengirimkan sinyal ke tubuh untuk menghilangkan rasa sakit dan stres.

Saat kamu rutin olahraga, banyak energi yang terpakai sehingga tidur akan lebih nyenyak. Kamu juga akan merasa lebih kompeten dan percaya diri. Cari olahraga-olahraga simpel yang bisa kamu lakukan di rumah. Misalnya yoga di rumah, atau mengikuti exercise routine selama beberapa hari.

5. Lebih banyak menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga

6 Tips Meredakan Stres secara Cepat, Berhenti Overthinking!Ilustrasi makan bersama keluarga (pexels.com/RODNAE Production)

Yang gak boleh terlewatkan adalah menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga. Kamu butuh support system, lho. Dilansir Healthline, adanya dukungan dari orang-orang terdekatmu pasti akan sangat membantumu dalam melewati masa-masa yang sulit.

Saat kamu merasa penat, ceritakanlah permasalahanmu kepada orang lain. Jangan memendam masalah sendirian. Mungkin dengan bercerita, justru kamu bisa mendapatkan sudut pandang baru yang lebih solutif.

6. Hindari prokrastinasi

6 Tips Meredakan Stres secara Cepat, Berhenti Overthinking!Ilustrasi wanita di depan laptop (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mungkin kedengarannya sepele, tetapi prokrastinasi atau menunda-nunda pekerjaan itu bisa membuat jadwalmu berantakan. Bukannya tenang, kamu akan kewalahan karena banyak tugas-tugas yang belum selesai. Alhasil, bisa berakibat stres dan menggangu jam tidur.

Mengutip Healthlinedijelaskan pula bahwa cara yang baik untuk mengontrol stres itu dengan berhenti menunda pekerjaan. Daripada menyusahkan dirimu sendiri, coba buat to do list sesuai dengan prioritas kegiatan. 

Buat deadline sendiri, sehingga kamu tahu seberapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mengerjakan tugas itu. Kalau semuanya selesai tepat waktu, kamu pasti akan lebih tenang dan bahagia.

Itu dia cara simpel yang bisa dilakukan untuk membuat diri merasa lebih baik, saat dilanda stres. Yuk, mulai peduli dengan diri sendiri!

Baca Juga: 7 Hal yang Akan Kamu Dapat Jika Rehat dari Sosial Media, Hilang Stres!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya