Comscore Tracker

5 Kebiasaan Negatif Ini Tanda Kamu Kurang Bersyukur

Sudah berapa kali kamu bersyukur hari ini?

Manusia sudah sepatutnya bersyukur terhadap apa yang terjadi dalam kesehariannya. Namun kadang orang lupa bagaimana cara bersyukur karena disibukkan urusan hidup.

Bersyukur bisa bikin hati tenteram. Namun beberapa kebiasaan menunjukkan bahwa kamu kurang bersyukur dalam menghadapi hidup. Berikut ini di antaranya.

1. Selalu merasa kurang terhadap apa yang dimiliki

5 Kebiasaan Negatif Ini Tanda Kamu Kurang Bersyukurpexels.com/Владимир Васильев

Setiap orang punya rezekinya masing-masing. Rezekimu dibilang cukup jika kamu syukuri.

Jika ingin lebih mudah bersyukur, kamu harus menyesuaikan gaya hidupmu. Jangan terlalu memaksakannya karena hal tersebut hanya akan menyiksamu.

2. Sering mengeluh terhadap sesuatu yang telah dijalani

5 Kebiasaan Negatif Ini Tanda Kamu Kurang Bersyukurpexels.com/RODNAE Productions

Kamu mungkin mengeluh saat menjalani hari yang berat. Memang tenaga dan hati ada batasnya. Namun kamu tidak boleh juga selalu mengeluh dalam menghadapi setiap cobaan.

Cobalah menjalani perjuanganmu sebaik mungkin. Ingat, ada orang di luar sana yang tidak seberuntung dirimu yang telah menemukan jalan perjuangan. Manfaatkan hal tersebut semaksimal mungkin dan berhenti mengeluh.

Baca Juga: 5 Penyebab Seseorang jadi Lupa Bersyukur, Hindari ya!

3. Senantiasa menganggap bahwa hidupmu terlalu menderita

5 Kebiasaan Negatif Ini Tanda Kamu Kurang Bersyukurpexels.com/andrea piacquadio

Apakah kamu sering menganggap dirimu paling menderita? Cobalah untuk membuang pemikiran semacam itu sebab sejatinya hal tersebut malah akan membuatmu kehilangan semangat hidup. Percaya, deh kalau sebenarnya ada banyak orang yang lebih menderita dari dirimu, lho di luar sana.

Jangan pernah menganggap diri sendiri paling menderita karena hal itu akan menjadi bumerang untukmu. Mulai sekarang cobalah untuk lebih bersyukur dengan cara tidak mendramatisir cobaan hidup. Hal itu pasti akan membuatmu menjadi lebih kuat.

4. Jarang berterima kasih kepada diri sendiri

5 Kebiasaan Negatif Ini Tanda Kamu Kurang Bersyukurpexels.com/darwis alwan

Mengapresiasi diri sendiri merupakan sebuah hal yang perlu dilakukan. Hal itu akan membuatmu merasa bangga terhadap dirimu sebab telah melakukan yang terbaik hingga sejauh ini.

Percayalah bahwa ada sesuatu yang spesial dalam dirimu sehingga tidak perlu untuk disesali. Lakukan hal tersebut agar kamu bisa selalu bersyukur terhadap apa yang terjadi di hidup ini.

5. Selalu overthinking dalam menjalani hidup

5 Kebiasaan Negatif Ini Tanda Kamu Kurang Bersyukurpexels.com/anna shvets

Overthinking merupakan sebuah hal yang dapat membuatmu terus memikir sesuatu kurang penting. Dengan overthinking kamu akan malas melakukan berbagai macan hal sehingga terus terpaku pada permasalahan. Apalagi jika overthinking tersebut dilandasi oleh rasa iri, kamu pasti akan merasa insecure.

Hal tersebut tentunya akan malah membuatmu menjadi kurang bersyukur terhadap apa yang kamu miliki saat ini. Agar hal tersebut tidak merugikanmu, cobalah untuk berhenti memikirkan sesuatu yang gak penting secara berlebihan, ya!

Dari kelima kebiasaan buruk yang telah disebutkan di atas, apakah kamu memiliki salah satunya? Jika iya, cepat-cepatlah berbenah agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Keliru Menganggap Kurang Bersyukur Penyebab Depresi

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Hamas Nurhan R T di IDN Times Community dengan judul 5 Kebiasaan Buruk yang Menunjukkan Kamu Kurang Bersyukur

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya