Comscore Tracker

Kamu Senang Berutang? 5 Hal Ini Membuatmu Sulit Kaya

#IDNTimesLife Ada kebiasaan yang bisa menghalangi impianmu

Sepertinya hampir semua orang ingin kaya. Sebab pada dasarnya manusia ingin hidup yang nyaman. Dan itu bisa lebih mudah dicapai jika kita punya kondisi finansial yang menunjang.

Kenyataannya, tak semua orang bisa hidup kaya. Ada juga yang mengalami kondisi prasejahtera atau keuangan yang pas-pasan.

Soal finansial, ada beberapa hal atau kebiasaan yang membuat seseorang sulit kaya. Kamu mungkin melakukannya. Apa saja itu? Yuk kita simak sama-sama!

1. Gak membuat anggaran keuangan

Kamu Senang Berutang? 5 Hal Ini Membuatmu Sulit Kayapexels.com/@karolina-grabowska

Membuat anggaran keuangan itu sangat penting. Itu agar kamu tahu ke mana saja alur pemasukan dan pengeluaranmu. Sehingga pos-pos pengeluaran yang tidak efektif bisa ditekan.

Melihat anggaran juga bisa menjadi motivasi bagi kamu buat meningkatkan pemasukan. Kamu juga pasti gerah karena banyak hal penting yang terpaksa ditunda karena tak ada biaya. Makanya, cara ini bisa mendorongmu untuk mencari alternatif penghasilan tambahan.

2. Gaji naik, gaya hidup pun meningkat

Kamu Senang Berutang? 5 Hal Ini Membuatmu Sulit Kayapexels.com/@olly

Sebagian orang mengeluh karena gajinya naik tapi dia tetap kekurangan uang. Ini bukan salah perusahaan, melainkan dirimu yang kurang bisa menahan diri dari godaan untuk hidup enak.

Kamu boleh kok ngopi cantik tiap akhir pekan atau menghabiskan liburan ke luar kota. Tapi tetap harus disesuaikan dengan anggaran. Kalau gajimu baru saja naik, dan gaya hidupmu belum bisa untuk senyaman itu, jangan dipaksakan.

Percuma nantinya gaji naik, tapi gaya hidup pun inflasi, akhirnya tetap saja besar pasak daripada tiang.

3. Hanya fokus pada tabungan

Kamu Senang Berutang? 5 Hal Ini Membuatmu Sulit Kayapixabay.com/quincecreative

Kamu penting menabung untuk jaga-jaga jika ada kejadian tak terduga. Tapi sulit juga kalau cuma mengandalkan tabungan untuk bisa lebih sejahtera.

Kamu perlu juga memikirkan investasi atau menciptakan sumber pemasukan lebih dari satu. Selain kondisi finansialmu jadi lebih aman, tentunya cuan pun jadi lebih besar. Sehingga, bisa membuatmu hidup dengan lebih nyaman.

Baca Juga: Doa Agar Terbebas dari Jeratan Hutang yang Menumpuk

4. Suka berhutang

Kamu Senang Berutang? 5 Hal Ini Membuatmu Sulit Kayaunsplash.com/@paxtechnology

Satu sisi, sistem kredit bisa memudahkan sekali saat kamu membutuhkan sesuatu tapi dananya belum cukup. Namun di sisi lain, hutang ini bisa jadi jebakan yang bakal buat hidupmu sulit.

Sering tergiur dengan sistem kredit nol persen, membuatmu jadi konsumtif. Mudah sekali membeli sesuatu yang sebenarnya gak penting, dan sekadar ingin saja. Dampaknya, uang yang seharusnya bisa kamu tabung atau bisa buat investasi, jadi habis buat bayar cicilan.

5. Gak mau keluar dari zona nyaman

Kamu Senang Berutang? 5 Hal Ini Membuatmu Sulit Kayapexels.com/Nipan Chawcharernpon

Semua orang ingin kaya, tapi tak semuanya mau bayar harga. Karena menjadi kaya memang jadi hak semua orang dan bisa dilakukan siapa pun, tapi butuh usaha yang tidak mudah.

Hanya mereka yang mau keluar dari zona nyaman, bisa meraihnya. Saat yang lain sudah tidur, kamu masih terjaga mengerjakan bisnis sampinganmu. Saat yang lain senang-senang liburan, kamu harus tahan karena uangnya buat tabungan modal.

Tapi semua itu akan terbayar di saat yang tepat. Ketika orang lain harus berpikir seribu kali saat hendak membeli barang yang ia inginkan, kamu hanya tinggal tekan tombol checkout. Asyik, kan?

Jika ada hal-hal di atas yang hingga kini masih kamu lakukan, sebaiknya ubah mulai dari sekarang! Supaya impianmu untuk menjadi kaya, bisa segera terwujud dan tak sekadar impian.

Dan jangan lupa pula, banyak-banyak doa! Agar hartamu gak cuma lebih dari cukup, tapi juga berkah.

Baca Juga: 5 Tanda Seseorang Punya Hutang Karma di Masa Lalu, Pernah Mengalami?

Artikel ini pertama kali ditulis oleh L A L A di IDN Times Community dengan judul 5 Hal yang Bisa Membuatmu Sulit Kaya, Salah Satunya Senang Berhutang!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya