Comscore Tracker

5 Kalimat yang Sebaiknya Jangan Diucapkan kepada Ibu Rumah Tangga

Memang terkesan sepele, tapi sebenarnya menyakitkan

Sebagian menganggap remeh peran ibu rumah tangga. Padahal menjalani sebagian besar hari dan mengerjakan semua pekerjaan domestik gak selalu ringan.

Lain kali, kamu harus pikir-pikir sebelum berkomentar sembarangan kepada ibu rumah tangga. Apalagi sampai menyampaikan lima kalimat yang terkesan menyepelekan berikut ini. Pokoknya hindari!

1. "Enak ya, santai di rumah terus."

5 Kalimat yang Sebaiknya Jangan Diucapkan kepada Ibu Rumah Tanggahancinema.net

Pekerjaan ibu rumah tangga bukan cuma bersantai seharian di rumah. Mereka mesti cekatan dan sabar menjaga kebersihan rumah tangga, sambil menjaga anaknya hampir 24 jam.

Menyebut ibu rumah tangga bersantai bakal membuat mereka sakit hati dan tersinggung. Kalimat itu membuatnya merasa semua pekerjaannya di rumah gak dihargai.

2. "Seharian di rumah terus, gak bosen?"

5 Kalimat yang Sebaiknya Jangan Diucapkan kepada Ibu Rumah Tanggahancinema.net

Kalau bisa menjawab, tentu ibu rumah tangga juga merasa bosan. Tapi mereka lebih memilih bertahan demi kepentingan rumah tangganya.

Alih-alih bertanya seperti itu, lebih baik memberi ibu waktu me time secara rutin. Biarkan dia sesekali menghilangkan rasa penat dan bosan supaya suasana hatinya selalu baik.

3. "Aku sih gak bergantung sama uang suami."

5 Kalimat yang Sebaiknya Jangan Diucapkan kepada Ibu Rumah Tanggahancinema.net

Ibu rumah tangga bakal tersinggung jika ada yang menyindir masalah uang suaminya. Dia bakal merasa harga dirinya jatuh jika dianggap hidup bergantung dengan uang suami.

Kamu mungkin menganggap ibu rumah tangga bergantung pada uang suami. Tapi ingat, suami bakal sulit fokus bekerja tanpa kehadiran istri di rumah. Ingat juga bahwa suami dan istri sama-sama punya peran masing-masing yang gak kalah penting.

Baca Juga: 9 Ilustrasi Problematika Ibu Saat Bekerja dari Rumah, Kamu Gini Juga?

4. "Sayang sekolah tinggi-tinggi, ilmunya gak terpakai."

5 Kalimat yang Sebaiknya Jangan Diucapkan kepada Ibu Rumah Tanggahancinema.net

Selain berkaitan dengan pekerjaan, ibu juga sensitif dengan pendidikan. "Capek-capek sekolah dokter, tapi cuma jadi ibu rumah tangga", "Kuliah sampai ke Amerika, tapi cuma ngurus anak." Kalimat-kalimat tersebut sangat tidak pantas untuk diucapkan!

Tidak ada salahnya kalau perempuan mengambil sekolah yang tinggi untuk memperkaya wawasan. Pada akhirnya, ia bisa jadi guru terbaik untuk anak. Di zaman yang serba canggih ini, ibu pun bisa memanfaatkan ilmunya secara kreatif meski hanya di rumah.

5. "Kamu di rumah aja, tapi kenapa urusan rumah masih gak selesai?"

5 Kalimat yang Sebaiknya Jangan Diucapkan kepada Ibu Rumah Tanggahancinema.net

Memasak, mengurus anak, dan urusan domestik lainnya itu membutuhkan waktu yang gak sebentar lho!  Makanya, sesekali mungkin ibu tidak sempat menyelesaikan seluruh urusan domestiknya karena kelelahan.

Sayangnya, orang yang tidak mengetahui ini, bisa asal nyinyir dan mengkritiknya. Ibu tentu bakal merasa sakit hati. Lebih parahnya, ibu bisa merasa dirinya gagal menjadi seorang Ibu dan istri yang baik karenanya.

Itu tadi 5 kalimat yang gak boleh diucapkan pada ibu rumah tangga. Mulai sekarang, kamu harus lebih menjaga lisanmu ya agar tidak menyinggung perasaan!

Baca Juga: 5 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Dilakukan Ibu Rumah Tangga di Rumah 

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya