Comscore Tracker

Tips Membersihkan Rumah agar Bebas dari Virus Corona

Rumah kini jadi pusat aktivitas sehari-hari

Rumah menjadi tempat anggota keluarga menghabiskan sebagian waktunya sehari-hari. Terlebih di masa wabah COVID-19 yang disikapi dengan gerakan physical distancing seperti sekarang.

Seperti tempat lain, rumah pun harus selalu dijaga kebersihan lingkungannya. Merebaknya wabah virus corona di Indonesia seharusnya membuat banyak orang sadar mengenai kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

Untuk mencegah penularan COVID-19, kamu dianjurkan membersihkan rumah secara efektif dan tepat. Inilah caranya, berdasarkan rekomendasi Centers for Disease Control and Prevention (CDC) serta berbagai sumber lain. 

1. Bersihkan sebelum lakukan disinfeksi

Tips Membersihkan Rumah agar Bebas dari Virus Coronapexels.com/Nathan Cowley

Sebelum lebih jauh, kita mesti membedakan dulu antara membersihkan dan disinfeksi. Membersihkan berarti menghilangkan semua partikel yang nampak mengotori permukaan, seperti deub, pasir, dan lainnya. Sedangkan disinfeksi artinya membasmi kuman, virus, parasit, atau bakteri.

Agar optimal, hendaknya permukaan dibersihkan dulu dari debu dan kotoran lain. Setelah itu baru membasmi patogen dengan sempurna. 

2. Utamakan pada permukaan yang sering disentuh

Tips Membersihkan Rumah agar Bebas dari Virus Coronafreepik.com

CDC menyarankan agar pembersihan dan disinfeksi dilakukan pada permukaan yang sering disentuh. Artinya pada barang atau benda sehari-hari. Misalnya daun pintu, saklar, permukaan meja, toilet, kursi terutama di bagian lengannya. Lalu remote TV, alat elektronik, dan keran. 

Menurut penelitian National Health Institute Amerika Serikat, virus corona bisa bertahan hidup di permukaan benda selama beberapa jam, bahkan hingga tiga hari tergantung jenis benda. Pembersihan dan disinfeksi  bisa mencegah penularannya lewat benda.

3. Bersihkan hingga debu dan kotoran hilang

Tips Membersihkan Rumah agar Bebas dari Virus Coronapexels.com/pixabay

Kamu bisa memulai membersihkan rumah seperti biasa, baik dengan lap atau vacuum cleaner. CDC menyarankan kita menggunakan larutan air dan sabun atau deterjen supaya maksimal, karena bisa melarutkan semua debu dan kotoran yang menempel.

Pastikan permukaan bersih sebelum lanjut ke tahap selanjutnya.

4. Bahan-bahan yang bisa digunakan sebagai alat disinfektan

Tips Membersihkan Rumah agar Bebas dari Virus Coronafreepik.com

Kamu bisa menemukan cairan disinfektan di toko-toko. Atau kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, googling saja cara pembuatannya. Tapi yang direkomendasikan CDC adalah campuran air dan pemutih. Berikut caranya:

  • Siapkan empat sendok teh pemutih dan satu liter air;
  • Masukkan ke dalam botol semprotan;
  • Kocok hingga kedua bahan tercampur. 

Catanan penting, jangan mencampurkan pemutih dengan bahan pembersih lainnya. Sebab cairan itu sangat kuat dan bisa merusak permukaan benda jika dicampur dengan bahan lain, menurut laporan dari Wired.

Baca Juga: Apa Jadinya jika Kutub Magnet Bumi Terbalik? Ini 10 Gambaran Ilmiahnya

5. Semprotkan secukupnya ke benda, lalu tunggu sebelum mengelap

Tips Membersihkan Rumah agar Bebas dari Virus Coronathespruce.com

Jika kamu sudah punya cairan disinfektan, waktunya membasmi kuman dan virus di rumah. Caranya mudah, cukup semprotkan cairan secukupnya ke permukaan benda. Setelah itu diamkan selama sekitara sepuluh menit, dan lap dengan kain basah.

Mudah sekali, kan? Pastikan semua benda yang sering dipegang terdisinfeksi, ya. Selain itu, kamu bisa melakukan upaya ini dua hingga tiga hari sekali untuk menghindari kuman datang lagi ke rumah. 

Selama melakukan langkah ini, bukalah jendela dan pintu rumahmu, ya. Dengan begitu sirkulasi udara bisa berjalan dengan lancar dan bau menyengat dari cairan desinfeksi tidak akan membuatmu mual. 

6. Cara membersihkan pakaian dari virus

Tips Membersihkan Rumah agar Bebas dari Virus Coronastylist.co.uk

Virus juga bisa menempel pada pakaian yang kita kenakan, terlebih jika kita baru saja kontak dengan pasien COVID-19. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk membersihkannya? Berikut ini langkah yang direkomendasikan CDC:

  • Jika kamu memiliki sarung tangan, gunakan. Jika tidak, pastikan untuk cuci tangan setelahnya;
  • Jangan mengucek terlalu keras agar virus tidak terlepas ke udara (berpindah ke benda sekitar atau bahkan kamu);
  • Cuci seperti biasa, tapi gunakan air yang lebih hangat dengan temperatur sekitar 60 derajat celsius;
  • Setelah itu, jangan lupa cuci tanganmu dengan air dan sabun. 

7. Perlukah mendisinfeksi paket yang kita terima?

Tips Membersihkan Rumah agar Bebas dari Virus Coronanindelivers.com

Paket, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri sebenarnya terbilang cukup aman. Virus tidak akan bertahan pada permukaannya dalam waktu yang lama.

Akan tetapi, kamu bisa melakukan desinfeksi terhadapnya untuk berjaga-jaga. Caranya pun sama, yaitu dengan menyemprotkan larutan disinfektan kemudian mengelapnya setelah sepuluh menit. 

8. Makanan tidak perlu didesinfeksi

Tips Membersihkan Rumah agar Bebas dari Virus Coronaclarkdeals.com

Sering pesan makanan online selama physical distancing? Tidak perlu takut, Food and Drug Association (FDA) menyatakan bahwa tidak ada bukti yang mengatakan bahwa makanan dan packaging-nya bisa menularkan virus corona. Namun kamu perlu ingat untuk selalu membeli dari tempat yang memenuhi standar kebersihan, ya!

Itulah hal-hal yang perlu kamu lakukan untuk menjaga agar rumahmu terbebas dari virus penyakit. Mudah, kan? Praktikkan secara rutin, ya!

Pembaca bisa membantu kelengkapan perlindungan bagi para tenaga medis dengan donasi di program #KitaIDN: Bergandeng Tangan Melawan Corona di Kitabisa.com (http://kitabisa.com/kitaidnlawancorona)

Baca Juga: 10 Kegunaan Unik Hand Sanitizer selain Cuci Tangan, Jarang Diketahui

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya