Comscore Tracker

Bacaan Doa agar Hati Suami Senantiasa Luluh untuk Hindari Pertengkaran

Upaya membangun keluarga yang harmonis dengan berdoa

Jakarta, IDN Times – Sering kali terjadi perbedaan pendapat yang menyebabkan pertengkaran dalam kehidupan rumah tangga antara suami dan istri. Hal tersebut dapat mengubah karakter seseorang menjadi keras kepala dan sulit dikendalikan.

Dalam menjaga keharmonisan keluarga, agama Islam mengajarkan pertolongan Allah bagi mereka yang meminta. Salah satunya adalah dengan membaca doa meluluhkan hati suami.

1. Bacaan doa agar hati seseorang luluh

Bacaan Doa agar Hati Suami Senantiasa Luluh untuk Hindari PertengkaranIlustrasi Berdoa (IDN Times/Sunariyah)

Dikutip dari buku 'Pintar Ibadah: Dilengkapi: Tuntunan Shalat Wajib, Shalat Sunat, Zakat' karya Ustaz H Fatkhur Rahman, terdapat doa yang dapat meluluhkan hati seseorang termasuk untuk suami dan juga anggota keluarga yang lain.

Berikut doa yang dapat dipanjatkan ketika menghadapi kerasnya hati suami :

اللَّهُمَّ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزُ الْكَبِيْرُ وَأَنَا عَبْدُكَ الضَّعِيْفُ الذَّلِيْلُ الَّذِيْ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِكَ، اللَّهُمَّ سَخِّرْ لِيْ كَمَا سَخَّرْت فِرْعَوْنَ لِمُوْسَى وَلَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ كَمَا لَيَّنْتَ الْحَدِيْدَ لِدَاوُدَ فَإِنَّهُ لَا يَنْطِقُ إِلَّا بِإِذْنِكَ نَاصِيَتُهُ فِيْ قَبْضَتِكَ وَقَلْبُهُ فِيْ يَدِكَ جَلَّ ثَناَءُ وَجْهِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

"Allaahumma innaka antal azizul kabir. Wa anaa abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzii laa khaula wa laa quwwata illaa bika. Allaahumma sakhkhir lii amrii kama sakhkhorta firauna li musa. Wa layyin li qolbahuu kama layyantalhadiida li dawuda. Fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fii qobdhatika. Wa qolbuhuu fi yadiKka. Jalla tsanau wajhik. ya arkhamar rakhimiin"

Artinya: “Ya Allah bahwasanya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Besar. Dan sesungguhnya aku ini adalah hamba-Mu yang hina lagi lemah. Ya Allah mudahkanlah bagiku urusanku, sebagaimana Engkau mudahkan bagi urusan Fir'aun kepada Musa dan lunak hati manusia bagiku sebagaimana Engkau lunakkan besi bagi Nabi Daud. Engkaulah adalah sebaik-baik pemimpin dan sebaik-baik penolong, wahai Tuhan Yang Maha Hidup, Wahai Tuhan Yang Maha Penguasa, Wahai Tuhan Yang Punya Keagungan dan Kemuliaan, perkenanlah ya Allah.”

Baca Juga: Doa untuk Orang Meninggal, Semoga Husnul Khatimah

2. Melafalkan zikir senantiasa membawa ketenangan hati

Bacaan Doa agar Hati Suami Senantiasa Luluh untuk Hindari PertengkaranIlustrasi berdoa (IDN Times/Umi Kalsum

Dikutip dari nu.or.id zikir dapat dilakukan sebagai upaya meluluhkan hati orang yang sedang marah. Berdoalah dengan niat yang baik dan yakin bahwa doa yang anda panjatkan kepada Allah pasti dikabulkan.

Dzikir dalam Al-Quran berarti juga membangkitkan daya ingat dan kesadaran, ingat terhadap hukum-hukum Allah, mengambil peringatan, dan meneliti proses alam.

Berikut adalah hadis yang mengatakan bahwa berzikir juga mampu memberikan ketenangan bagi seseorang sehingga lebih muudah untuk melembutkan hatinya.

 

لَايَقْعُدُوْنَ قَوْمٌ يَذْكُرُوْنَ اللهَ تَعَالَى اِلَّا حَفَّتْهُمُ الْمَلَئِكَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَنَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِيْنَةُ وَذَكَرَهُمُ اللهُ تَعَالَى فِيْمَنْ عِنْدَهُ رواه مسلم  

 

Artinya : “Tidaklah duduk dan berkumpul suatu kaum dengan mengingat Allah (berzikir) kecuali mereka dikepung oleh para malaikat, diliputi rahmat, diberikan ketenangan, dan Allah mengingat siapa saja yang berada di tengah-tengah perkumpulan tersebut” (HR Muslim).

3. Bacaan doa agar suami semakin menyayangi pasangan sahnya

Bacaan Doa agar Hati Suami Senantiasa Luluh untuk Hindari PertengkaranIlustrasi Berdoa (IDN Times/Sunariyah)

Dalam kehidupan rumah tangga diharapkan hubungan yang harmonis dan tetap saling mencintai dan menyayangi. Untuk membuat seorang pasangan tetap menaruh hatinya, selain dengan perlakukan juga dengan bantuan doa yang telah tertulis dalam Al Quran.

Berikut ayat yang dapat menambah cinta kasih pasangan dan diberikan ketentraman hidupnya :

 

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ 

 

Artinya : “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir” [ QS. Ar Rum 30:21]

3. Doa agar disayangi oleh banyak orang

Bacaan Doa agar Hati Suami Senantiasa Luluh untuk Hindari PertengkaranIlustrasi Salat (IDN Times/Besse Fadhilah)

Rasa kasih sayang juga penting diwujudkan dalam menjalin hubungan yang baik antara sesama manusia apalagi dalam hubungan keluarga. Disayangi oleh seseorang adalah anugerah yang diinginkan oleh semua orang, jika sudah disayangi maka hatinya akan ikut luluh karena rasa sayang itu.

Berikut doa yang dapat kamu baca untuk membuat orang-orang di sekitar menyayangi kamu.

وَاَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّيْ ەۚ وَلِتُصْنَعَ عَلٰى عَيْنِيْ

wa-alqaytu ‘alayka mahabbatan minnii walitushna’a ‘alaa ‘aynii

Artinya: “Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku; dan agar engkau diasuh di bawah pengawasan-Ku.” (Qs. Taha: 39)

Baca Juga: Memohon Keberkahan dan Keturunan, Ini Manfaat Doa Nabi Ibrahim

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya