TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Jenis Tanaman buat Percantik Kamar Mandi, Kelihatan Natural!

Tampilan kamar mandi jadi gak membosankan

ilustrasi tanaman di kamar mandi (freepik.com/freepik)

Ingin mendekorasi kamar mandi agar tampilannya lebih cantik? Ada langkah mudah yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menaruh beberapa jenis tanaman di sudut-sudut kamar mandi.

Kamar mandi yang dihiasi tanaman bakal langsung berasa beda. Kesan natural dan segar langsung terpancar ketika memasukinya. Hal ini tentu menambah kenyamanan bagi pengguna kamar mandi.

Perlu dicatat bahwa tidak semua jenis tanaman bisa ditaruh di kamar mandi. Perlu jenis tanaman yang tahan kelembapan tinggi, suhu yang berfluktuasi, dan cahaya yang terbatas. Ulasan berikut akan membahas beberapa jenis tanaman yang cocok buat percantik tampilan kamar mandi yang bisa jadi referensi buatmu.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Gantung untuk Dekorasi Rumah yang Lebih Hidup

1. Fittonia

Fittonia adalah salah satu tanaman hias yang cocok dipilih untuk mempercantik kamar mandi. Taruh fittonia di sudut kamar mandi yang tersedia maka kesan segar dan natural bakal langsung terpancar dari kamar mandimu.

Fittonia menyukai lingkungan dengan kelembapan tinggi serta cahaya tidak langsung, membuat lingkungan kamar mandi ideal baginya. Terlebih bentuknya yang cantik, dengan variasi warnanya yang berkisar dari hijau tua hingga merah cerah, dan pola urat daunnya uang mencolok membuat tanaman satu ini juga bakal memberikan kesan estetika bagi kamar mandimu.

2. Pothos (devil's ivy)

Tanaman yang cantik dengan perawatan yang simpel, itulah Pothos. Bentuk daunnya unik, seperti hati berwarna hijau dengan aksen kuning. Tumbuhnya menjalar memanjang khas tanaman tropis yang eksotis.

Pothos dapat ditanam pada media tanah atau air tanpa perawatan khusus. Tanaman ini sangat cocok dipajang di kamar mandi untuk menambah kesan natural karena butuh lingkungan dengan kelembapan yang tinggi dan pencahayaan yang rendah.

Gantung pothos dalam pot berisi tanah atau botol kaca berisi air dan biarkan menjalar atau menjuntai ke bawah agar pesonanya bisa memancar menghiasi seisi kamar mandi.

3. Boston Fern (Nephrolepis exaltata)

Boston fern atau pakis boston sangat cocok untuk menambah kehijauan di kamar mandimu. Pakis ini tumbuh subur di tempat yang lembap dan terkena cahaya tidak langsung, sehingga menyerupai habitat alami mereka di hutan hujan tropis. Lingkungan kamar mandi yang lembap membantu menjaga daunnya tetap segar dan sehat.

Pakis boston juga dikenal karena kemampuannya memurnikan udara, yang secara efektif menghilangkan polutan seperti formaldehida dari udara. Gantung pakis boston di keranjang untuk memamerkan daunnya yang anggun dan melengkung.

Sesekali siram pakis boston untuk membuatnya tetap segar. Menambahkan pakis Boston ke dalam dekorasi kamar mandimu dapat memunculkan suasana tropis yang menenangkan.

4. Spider Plant (Chlorophytum comosum)

Spider plant memiliki sifat yang mudah beradaptasi dan dapat tumbuh subur di lingkungan kamar mandi yang lembap. Daunnya melengkung dan menjuntai, mirip laba-laba, menambah kesan elegan bagi seisi ruangan.

Tak hanya itu, Spider plant ternyata juga dapat memurnikan udara, lho! Keberadaannya dapat membantu menghilangkan racun seperti formaldehida dan xilena dari udara, sehingga menciptakan lingkungan kamar mandi yang lebih sehat.

Verified Writer

Hendra Nugroho

Ciao! @damar.sam

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya