Comscore Tracker

Penelitian: Pada Usia 30-an, Sikap Seseorang Semakin Mirip Orangtuanya

Ortu jadi referensi untuk urusan rumah dan penampilan

Makassar, IDN Times - Dulu ketika masih anak-anak, kita pasti pernah mendengar orang tua berkata: "Kamu bakal ngerti kalau sudah dewasa." Dan itu benar. Seiring bertambahnya usia, kita mulai berpikir lebih dalam tentang segala urusan dalam hidup.

Wejangan orangtua bahwa kita akan mengerti setelah menginjak usia dewasa pun terbukti. Tetapi, sebuah studi mengatakan bahwa kita gak cuma mulai memahami pola pikir dan sudut pandang orangtua. Kita bahkan disebut akan bertindak seperti orangtua kita dulu, entah untuk urusan rumah dan bahkan kehidupan sosial.

1. Kita akan semakin mirip dengan orang tua masing-masing saat memasuki usia kepala tiga

Penelitian: Pada Usia 30-an, Sikap Seseorang Semakin Mirip OrangtuanyaPexels.com/J carter

Dilansir oleh laman Harper's Bazaar, seorang ahli kecantikan asal Inggris bernama Dr. Julian De Silva pernah melakukan penelitian tentang hal tersebut. Ia mewawancarai 2.000 responden tentang hubungan mereka dengan kedua orangtua serta cara-cara mereka saat mulai membina rumah tangga.

Hasilnya? Sifat seorang perempuan berubah jadi semakin mirip dengan ibunya saat mencapai usia 33. Hal serupa juga terjadi pada laki-laki, di mana sifat ayah masing-masing kian terlihat pada diri mereka ketika menginjak umur 34.

Dr. Julian menyebut, bahwa lebih dari separuh perempuan yang menjadi responden mengaku berhenti "memberontak" atau ngeyel kepada ibu masing-masing sejak mulai memasuki usia kepala tiga.

2. Perempuan jadi kian mirip ibunya setelah melahirkan anak pertama

Penelitian: Pada Usia 30-an, Sikap Seseorang Semakin Mirip OrangtuanyaPexels.com/Andrea Piacquadio

"Kita bakal berubah menjadi seperti orang tua kita di beberapa momen dalam hidup, dan itu adalah sesuatu yang harus dirayakan," ungkap Dr. Julian. "Menjadi orang tua adalah pemicu utama (perubahan tersebut) selain faktor penting lainnya yaitu gaya hidup."

Selain itu dia menyebut perempuan kemungkinan besar akan meniru selera ibu mereka setelah melahirkan anak pertama. Mulai dari gaya berpakaian, hobi, acara televisi kesukaan hingga tutur kata sehari-hari.

Itu gak lepas dari usaha perempuan mencari metode mengasuh anak pertama mereka. Dan segala hal yang pernah ibu mereka lakukan pun seolah kembali tercermin, sebab ibu lah orang terdekat. Pengalaman mereka bisa menjadi referensi untuk ditiru.

Baca Juga: Kayak Sahabatan, 10 Artis Ini Dekat Banget dengan Sang Ibunda

3. Laki-laki kian mirip dengan ayahnya setelah beberapa tahun menjadi kepala rumah tangga

Penelitian: Pada Usia 30-an, Sikap Seseorang Semakin Mirip OrangtuanyaPexels.com/Lgh_9

Lantas bagaimana dengan para lelaki? Hal sama juga terlihat saat mereka mulai menjadi ayah. Tanda-tandanya bisa saja berupa kebiasaan mencolok. Contohnya mematikan lampu rumah saat malam tiba, meminum kopi pagi atau bahkan mengadopsi pandangan politik yang sama.

Untuk urusan penampilan, para responden mengakui mereka mulai merasa seperti orang tua mereka ketika wajah dan gaya berpakaian terlihat mirip sedikit demi sedikit.

"Ini adalah bagian yang tak terhindarkan dari penuaan, tetapi banyak orang ingin menundanya selama mungkin," jelas Dr. Julian.

Baca Juga: Millennials, Catat 5 Cara Sederhana Mengajari Anakmu Rasa Bersyukur

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya