Comscore Tracker

8 Tips Ampuh Mendinginkan Rumah Tanpa AC Menurut Sains

Cara ini mungkin sudah dilakukan kakek nenekmu

Salah satu kondisi yang mesti dirasakan oleh orang tinggal di Indonesia adalah gerah di siang hari. Ini karena kita tinggal di area tropis dan di sekitar garis khatulistiwa.

Umum kita temui rumah-rumah yang memiliki pendingin udara (AC) untuk mengurangi suhu panas. Padahal, memakai AC secara terus menerus tidak baik untuk kesehatan.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar rumahmu terasa dingin secara alami, tanpa menggunakan AC. Tekniknya didasari ilmu sains, dan efektif menurunkan suhu ruangan. Simak penjelasannya.

1. Tutup tirai dan gorden rumahmu

8 Tips Ampuh Mendinginkan Rumah Tanpa AC Menurut Sainsvideoblocks.com

Mungkin ini bukan informasi baru buatmu. Tapi tahukah kamu penjelasan ilmiahnya? 

Saat kamu membuka jendela dengan dengan kondisi tirai dan gorden tertutup, kamu telah menghindari efek rumah kaca. Sekitar 30 persen suhu panas datang dari kaca jendela. Dengan menutupnya menggunakan gorden atau tirai, panas itu akan memantul keluar sehingga suhu di dalam rumah lebih dingin.

2. Membuka jendela dan pintu

8 Tips Ampuh Mendinginkan Rumah Tanpa AC Menurut Sainspeoplesuu.org

Alasannya sederhana, yakni melonggarkan sirkulasi udara di dalam rumah. Tapi ingat, tidak semua pintu dan jendela mesti dibuka. Tutuplah pintu yang bisa membuat angin keluar serta terkena sinar matahari langsung. Sehingga angin tetap terputar di dalam ruangan yang dingin.

Misalnya, kamu ingin ruangan tengahmu terasa sejuk. Maka kamu harus membuka pintu dan jendela yang berhubungan dengan luar dan menutup pintu yang menghubungkannya dengan ruangan lain.

3. Tambahkan semangkuk es di dekat kipas listrikmu

8 Tips Ampuh Mendinginkan Rumah Tanpa AC Menurut Sainsbobvila.com

Coba praktikkan jika kamu punya kipas listrik di rumah. Taruhlah air es di dapannya, lalu nyalakan. Dengan begitu, kipas bakal meniup halimun dingin dari air es yang menguap tersebut ketimbang hanya memutar ulang udara hangat.

4. Memutar kipas langit-langit secara terbalik

8 Tips Ampuh Mendinginkan Rumah Tanpa AC Menurut Sainsthewirecutter.com

Terdengar aneh memang, tapi inti untuk membuat rumahmu dingin adalah membuang udara panas keluar. Ketimbang memutarnya searah jarum jam yang malah memasukkan udara hangat, lebih baik kamu memutarnya terbalik dengan tujuan udara tersebut keluar.

Baca Juga: Suhu Ruangan Berpengaruh Pada Produktivitas Kerja Lho, Ini Faktanya!

5. Menanam sejumlah tumbuhan

8 Tips Ampuh Mendinginkan Rumah Tanpa AC Menurut Sainsin-cyprus.com

Kamu mungkin sudah diajari sejak di bangku sekolah, bahwa tumbuhan mengeluarkan oksigen di siang hari. Percayalah, hal itu memang benar-benar membantu rumahmu tetap sejuk. 

Bahkan beberapa tumbuhan seperti kaktus dan bromeliad mendapatkan air dari udara. Itu berarti tumbuhan ini mampu menyingkirkan kelembapan dari udara yang ada dalam rumahmu dan membuatnya lebih sejuk.

6. Mengecat tembok dan atapmu dengan warna tertentu

8 Tips Ampuh Mendinginkan Rumah Tanpa AC Menurut Sainsagwilliamspainting.com

Hindari mengecat rumah dengan warna yang lebih mudah menyerap panas, seperti hitam. Sebaliknya, pilihlah cat tembok dan atap rumah dengan warna yang terang untuk memantulkannya.

Bahkan jika perlu kamu mengecatnya dengan cat spesial yang memiliki pigmen tertentu untuk menangkal radiasi sinar matahari. Ini mampu mengurangi suhu udara rumahmu mencapai 10 derajat celcius.

7. Basahi rumahmu

8 Tips Ampuh Mendinginkan Rumah Tanpa AC Menurut Sainsdissolve.com

Air menyerap panas dan menguap, mendorong udara yang lebih dingin ke bawah. Fenomena ini digunakan dalam pengembangan sistem pendinginan dan hal ini bisa kamu manfaatkan untuk mengurangi panas dalam rumahmu. Gunakan semprotan air dalam skala kecil dan melebar, lalu semprotkan ke bagian yang sekiranya dilewati udara hangat.

8. Mematikan peralatan yang menghasilkan panas

8 Tips Ampuh Mendinginkan Rumah Tanpa AC Menurut Sainsotravida.com

Ketimbang memasak menggunakan kompor, cobalah pergunakan microwave. Microwave tidak mengeluarkan panas sehingga tidak membuat udaramu panas. Atau cobalah memasak makanan seperti salad.

Percaya gak kalau sebenarnya teknik-teknik ini sudah dilakukan orang tuamu, bahkan kakek nenekmu sebelum air conditioner muncul? Mereka melakukannya, tetapi tidak paham mengapa bisa seperti itu. Sederhana bukan?

Baca Juga: 8 Tempat Terpanas di Planet Bumi, Suhunya Sampai 50 Derajat Lho!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya