Comscore Tracker

Universitas Negeri Padang Beri Gelar Doktor HC ke Jusuf Kalla 

JK dianggap mendukung pelaksanaan 8 standar pendidikan

Padang, IDN Times - Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat memberi gelar Doctor Honoris Causa (DR HC) kepada eks Wakil Presiden RI, H. Muhammad Jusuf Kalla. 

UNP memberi penghargaan gelar akademis kehormatan kepada Jusuf Kalla karena dipandang sebagai tokoh penggagas, pejuang, dan pengawal mutu pendidikan di Indonesia.

Rektor UNP Ganefri menyampaikan anugerah kepada wapres ke -10 dan ke-12 itu dalam Sidang Senat Terbuka UNP, Kamis, 5 Desember 2019.

Baca Juga: Jusuf Kalla: Bersyukurlah Indonesia Lebih Damai dari Negara Islam Lain

1. Rektor UNP menilai Jusuf Kalla konsisten mendukung implementasi delapan Standar Nasional Pendidikan

Universitas Negeri Padang Beri Gelar Doktor HC ke Jusuf Kalla Jusuf Kalla mendarat di Bandara Minangkabau, Padang, disambut Gubernur Irwan Prayitno, 5 Desember 2019 (IDN Times/Uni Lubis)

Menurut Ganefri, JK dinilai sangat mendukung pelaksanaan delapan Standar Nasional Pendidikan.

"Pak JK juga dinilai sangat peduli terhadap pengembangan budaya, mutu pendidikan, dan peduli terhadap penjaminan mutu pendidikan nasional," ujar Rektor UNP itu.

2. Jusuf Kalla dinilai berkomitmen mengawal Ujian Nasional

Universitas Negeri Padang Beri Gelar Doktor HC ke Jusuf Kalla Rapat Senat Terbuka Universitas Negeri Padang, Anugerah Doktor Honoris Causa untuk Muhammad Jusuf Kalla, Kamis, 5 Desember 2019 (IDN Times/Uni Lubis)

"Pak JK juga serius mengawal Ujian Nasional (UN) sebagai tolok ukur penjaminan dan pemetaan mutu pendidikan nasional," ujar Ganefri.

Komitmen JK juga dipandang besar  dalam memperjuangkan kualitas serta kesejahteraan guru sebagai salah satu instrumen pencapaian mutu pendidikan. 

3. Gelar Doctor Kehormatan (HC) ke-13 bagi Jusuf Kalla

Universitas Negeri Padang Beri Gelar Doktor HC ke Jusuf Kalla Jusuf Kalla jelang penganugerahan gelar Doktor HC dari Universitas Negeri Padang, 5 Desember 2019 (IDN Times/Uni Lubis)

Pemberian DR HC kepada JK adalah penghormatan kelima yang diberikan UNP. Sebelumnya, UNP memberikan gelar Doktor Kehormatan kepada Muhammad Syafei, Gamawan Fauzi, Megawati Soekarnoputri, dan Dato’ Seri Anwar Ibrahim.

Bagi JK, Doktor HC kali ini adalah gelar kehormatan  yang ke-13. Sebelumnya, JK sudah  menerima doktor kehormatan dari dalam maupun luar negeri, termasuk dari  University of Malaya, Malaysia (2007), Soka University, Jepang (2007), dan Rajamangala University of Technology, Thailand pada 2017.

Pengusulan pemberian gelar sudah diajukan ke Dirjen Sumber Daya dan Iptek Dikti pada awal September 2019. Hasilnya, disetujui karena sudah memenuhi syarat.

Sejumlah mantan menteri di kabinet kerja ikut menyertai rombongan JK ke Padang. Diantara mereka adalah mantan mendikti riset M. Nasir, mantan menteri ATR/Kepala BPN Ferry Mursyidan Baldan dan mantan menteri ESDM Sudirman Said. Mantan mendikbud di era Presiden BJ Habibie, Malik Fadjar, juga ikut serta.

"Ini reuni penggagas UN," canda JK.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Iriana dan Mufidah Jusuf Kalla Temui Guru PAUD, Ada Apa?

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You