Comscore Tracker

Social Distancing, Mustofa Sidang Skripsi via Video Call WhatsApp

Dia sidang online dari kosan, gimana rasanya ya?

Surabaya, IDN Times - Penjarakan sosial atau social distancing yang menjadi imbauan pemerintah Indonesia berpengaruh pada pola hidup dan aktivitas masyarakat, termasuk sistem perkuliahan di kampus-kampus. Dengan sistem kuliah secara daring atau online juga membuat agenda sidang akhir mahasiswa digelar secara online.

Salah satu mahasiswa yang merasakan ujian akhir online ada di Universitas Negeri Surabaya. Mahasiswa bernama Achmad Mustofa menjalani sidang skripsinya melalui sambungan video call Whatsapp pada Kamis (19/3). 

1. Mahasiswa sidang akhir melalui video call WhatsApp

Social Distancing, Mustofa Sidang Skripsi via Video Call WhatsAppPexels.com/Tracy Le Blanc

Mustofa yang merupakan mahasiswa jurusan Pendidikan Olahraga ini mengakui bahwa sidang online merupakan pengalaman baru baginya. Keputusan ini pun dibuat secara mendadak. "Awalnya tatap muka. Tapi kemarin, dosen minta online saja. Yasudah, jadi video call di WhatsApp," jelasnya saat dihubungi IDN Times. 

Dalam video yang viral tersebut Mustofa nampak mengenakan jas almamater. Adapun ponselnya ia letakkan di sebuah rak yang berisi beberapa peralatan mandi. Sementara di depan rak tersebut tertulis "AKU SIDANG". Tak ayal, sidang skripsi ini pun viral.

2. Sidang lewat online membuat Mustofa sempat deg-degan dan bingung

Social Distancing, Mustofa Sidang Skripsi via Video Call WhatsAppMustofa saat menjalani sidang akhir onlinenya. instagram.com/aslisuroboyo

Karena baru pertama kali melakukan, Mustofa mengatakan ada keanehan, utamanya ketika akan memulai. "Bingung gitu, deg-degan. Tapi ya Alhamdulillah lancar," ungkapnya.  Proses sidang pun tak beda jauh dengan saat tatap muka. "Saya baca materi. Selesai itu, baru sesi tanya jawab dengan dosen," katanya.

3. Sidang online dari kosan dengan dibantu teman-temannya

Social Distancing, Mustofa Sidang Skripsi via Video Call WhatsApp(Ilustrasi pendidikan) IDN Times/Arief Rahmat

Yang unik lagi, ia menjalankan sidang bukan di ruangan khusus. Mahasiwa asal Lamongan ini memilih di rumah kos yang ia tinggali. Bersama keempat temannya, ia harus menahan tawa selama sidang berlangsung. "Saya ramai-ramai kan di kos. Nahan ketawa terus liat temen temen. Tapi mereka ngasih support banget. Yang lainnya juga banyak," katanya. Dalam video itu, ia memang sempat menujukkan beberapa teman yang ia sebut sebagai "kru". 

Baca Juga: Cegah Penyebaran Virus Corona, Unhas Tunda Agenda Wisuda Mahasiwa

4. Gak perlu khawatir, sidang online itu asyik kok

Social Distancing, Mustofa Sidang Skripsi via Video Call WhatsAppUniversitas Negeri Surabaya (Unesa). Instagram/official_unesa

Mustofa pun memberikan imbauan bagi teman-temannya lain jika harus melakukan sidang online. "Sudah tenang aja, komunikasi sama dosen pembimbing. Jangan lupa gladi kotor, video call sama teman dulu misalnya. Jadi tetep di rumah aja dan jaga diri sendiri," pungkasnya.

Baca Juga: Jangan Mengeluh! Kiat Menjalani Social Distancing pada Masa Wabah

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya