Comscore Tracker

5 Langkah Pilihan Fresh Graduate Setelah Kamu Lulus Kuliah Sarjana

Ada yang memilih nomor 4?

Masing-masing orang punya rencana hidup. Begitu pula saat menyelesaikan pendidikan kuliah sarjana. 

Sebagai fresh graduate, ada beberapa langkah yang bisa kamu tempuh setelah berstatus sarjana. Pilihan-pilihan ini bisa muncul berkat keinginan diri sendiri, keadaan, atau pun saran dari orang terdekat.

Penasaran apa saja? Berikut beberapa pilihan langkah yang biasanya ditempuh orang selepas lulus kuliah sarjana!

Baca Juga: Jangan Dibiarkan, 5 Tips Jitu Mengatasi Teman Kantor yang Genit

1. Bekerja di perusahaan atau lembaga

5 Langkah Pilihan Fresh Graduate Setelah Kamu Lulus Kuliah Sarjanapixabay.com/users/snapwiresnaps-692569/

Sepertinya ini pilihan yang paling jamak bagi fresh graduate. Rasanya, sebagian besar sarjana ingin segera menerapkan dan mengaplikasikan ilmu yang dia dapat semasa kuliah. Sebagian orang juga mungkin berpikir untuk mendapat penghasilannya sendiri, serta tidak bergantung pada orang tua. 

Langkah ini juga biasanya dipilih oleh mahasiswa yang bekerja sambilan. Jadi, saat lulus, dia tinggal meneruskan pekerjaan atau pun naik level. Dari freelancer atau part times menjadi full timer

2. Merintis jalan sebagai wirausahawan

5 Langkah Pilihan Fresh Graduate Setelah Kamu Lulus Kuliah Sarjanapixabay.com/users/snapwiresnaps-692569/

Sebagian mahasiswa, terutama yang berjiwa entrepreneur, punya impian membuka usaha sendiri. Entah itu bisnis jasa maupun produk. Saat kuliah, jurusan yang diambil pun sesuai dengan minat usaha yang bakal dirancang.

Namun dibutuhkan biaya yang cukup serta niat yang sangat kuat untuk mewujudkan cita-cita sebagai wirausahawan.

3. Meneruskan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi

5 Langkah Pilihan Fresh Graduate Setelah Kamu Lulus Kuliah Sarjanapixabay.com/users/studio32-2077661/

Ada sarjana yang memutuskan untuk kuliah lagi dengan alasan tersendiri. Misalnya mendapatkan beasiswa, yang merupakan kesempatan langka. Atau pun alasan lain seperti desakan orang tua yang masih mampu membiayai.

Mereka yang kuliah lagi, juga ada yang berpikir bahwa ilmu saat kuliah S1 masih kurang. Buat mahasiswa yang kuliah di jurusan seperti kedokteran atau psikologi, diharuskan untuk melanjutkan sekolah profesi demi mendapatkan sertifikasi atau izin praktek.

Baca Juga: Cek Ciri-ciri Ini, Apakah Kamu Sudah Dewasa Secara Emosional?

4. Menikah

5 Langkah Pilihan Fresh Graduate Setelah Kamu Lulus Kuliah Sarjanapixabay.com/users/pexels-2286921/

Siapa yang memilih opsi menikah? Buat mereka yang sudah punya tambatan hati, biasanya akan memikirkan hal ini. Beberapa ingin segera mengikatkan diri dengan pasangan dalam hubungan yang halal. Ada pula yang berpikir untuk gak menunda kebahagiaan.

Pilihan untuk menikah juga bisa disebabkan karena pihak laki-laki, berusia jauh lebih tua daripada pasangannya dan sudah cukup mapan untuk membina rumah tangga.

Sebagiannya lagi berpikir, akan terlalu lama jika harus menunggu selesai kuliah lanjutan atau mengambil sekolah S2.

5. Melakukan pengabdian

5 Langkah Pilihan Fresh Graduate Setelah Kamu Lulus Kuliah Sarjanapixabay.com/users/jarmoluk-143740/

Anak perantauan yang berasal dari kota kecil, biasanya memiliki cita-cita ini. Ilmu yang didapatkannya, ingin segera diterapkan untuk membangun kampung halamannya.

Hal ini menjadikan kampung lebih maju dan terbantu. Contohnya, kalau belajar mengenai irigasi, akan sangat berguna untuk membantu para petani di kampung.

Apa pun pilihannya, semua memiliki keuntungan serta risikonya sendiri. Kamu harus siap dengan hal itu, sehingga kamu diharapkan untuk memikirkan keputusan tersebut dengan baik.

Jangan pula menghakimi pilihan seseorang yang berbeda denganmu. Semoga opsi yang kamu pilih, adalah yang terbaik untuk hidupmu, ya!

Baca Juga: Terkenal Maju, Ini Prinsip Hidup Orang Jepang yang Wajib Kita Tiru

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya