Comscore Tracker

5 Fakta Korea Foundation, Beasiswa Menarik dari Negeri Ginseng

Korea Foundation membuka kantor di Indonesia

Baru-baru ini organisasi non profit Korea Foundation meresmikan kantor terbarunya di Indonesia, tepatnya di Gatot Subroto, Jakarta. Bagi kamu yang masih asing dengan nama tersebut, Korea Foundation merupakan organisasi publik yang sudah berdiri sejak tahun 1991 lalu di Korea Selatan. Organisasi ini bertujuan untuk mempromosikan lebih jauh tentang Korea sekaligus memperkuat tali persaudaraan antara Korea dengan berbagai negara di belahan dunia, termasuk Indonesia.

Korea Foundation, salah satunya beraktivitas di bidang dukungan studi alias beasiswa di Korea Selatan, pertukaran budaya dan seni hingga mendukung penerbitan buku lho guys! Walaupun peresmian kantor tersebut sudah sejak bulan Oktober lalu, namun di kesempatan kali ini, Senin (23/12) President of the Korea Foundation, Dr. Geun Lee beserta dengan narasumber lainnya akan mengulas lebih lanjut tentang program sekaligus pengalaman mereka, yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. President of the Korea Foundation optimistis dengan peresmian kantor baru di Indonesia

5 Fakta Korea Foundation, Beasiswa Menarik dari Negeri GinsengPresident of Korea Foundation, Dr. Geun Lee dalam 2019 KF Friends Network di Jakarta. 23 Desember 2019. IDN Times/Nadia Umara

Untuk kali pertama, Dr. Geun Lee selaku President of the Korea Foundation datang ke Jakarta dan merasakan hal baik saat tiba di sini. "Saya tidak menyangka bisa berada di sini. Jakarta adalah kota yang sangat besar, saya benar-benar senang dan berterima kasih," ucapnya. Dr. Geun Lee berharap, dengan adanya kantor Korea Foundation di Indonesia khususnya Jakarta, akan semakin mempererat hubungan persahabatan antara Korea dan Indonesia.

"Saya percaya diri bahwa dengan adanya Korea Foundation di Indonesia akan semakin bisa membangun suatu hubungan dan melalukan komunikasi lebih baik lagi dengan orang-orang Indonesia. Kalian tahu, hubungan Korea dengan Indonesia lebih akrab dibanding yang lain. Semoga selalu dapat membantu," tambahnya.

2. Korea Foundation mempermudah pelajar yang ingin ke Korea

5 Fakta Korea Foundation, Beasiswa Menarik dari Negeri GinsengAmbassador Korea Foundation, Kim Chang Beom dalam 2019 KF Friends Network di Jakarta. 23 Desember 2019. IDN Times/Nadia Umara

Dengan hadirnya kantor Korea Foundation di Jakarta tentu saja lebih mempermudah bagi pelajar yang ingin melanjutkan studinya ke negeri ginseng tersebut dan mendapatkan informasi yang lengkap seputar aktivitas maupun program yang disediakan oleh mereka. Brand Ambassador Korea Foundation, Kim Chang Beom menjelaskan rencana ke depan. "Untuk mempererat hubungan antara pelajar Indonesia dan Korea di tahun 2020 akan ada lebih banyak lagi kolaborasi dengan komunitas-komunitas dan juga beberapa produk-produk yang baru," ucapnya.

Baca Juga: Seru Abis, 10 Artis Indonesia yang Liburan ke Korea Selatan Tahun Ini

3. Komitmen yang ditemukan oleh Philips Jusario Vermonte

5 Fakta Korea Foundation, Beasiswa Menarik dari Negeri GinsengExecutive Director CSIS, Philips Jusario Vermonte dalam 2019 KF Friends Network di Jakarta. 23 Desember 2019. IDN Times/Nadia Umara

Philips Jusario Vermonte selaku Executive Director Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menceritakan pengalamannya tiga bulan lalu saat mengikuti program exchange yang diadakan oleh Korea Foundation. "Ketika waktu itu saya sampai di Busan, saya amaze dengan komitmen dan keseriusan pemerintahnya. Mereka dapat membangun hubungan dan komunikasi yang baik antara Indonesia dan Korea," ujarnya. 

"Saya berharap untuk calon pelajar selanjutnya agar dapat membalas mereka dengan berusaha menjaga hubungan yang baik, sama-sama berkomitmen seperti apa yang orang Korea lakukan ke saya waktu di sana," tambahnya.

4. Vania Josephine menceritakan pengalaman saat berada di Korea

5 Fakta Korea Foundation, Beasiswa Menarik dari Negeri Ginsengperaih beasiswa dari Korea Foundation, Vania Josephine dalam 2019 KF Friends Network di Jakarta. 23 Desember 2019. IDN Times/Nadia Umara

Vania Josephine merupakan salah satu peraih beasiswa dari Korea Foundation tahun 2018 lalu. Namun, saat Vania menyampaikan kata sambutannya, ia justru menceritakan pengalamannya yang kurang menyenangkan ketika berada di Korea. "Belajar lebih dalam tentang bahasa Korea selama 1 tahun. Memang ada impian untuk lebih lancar lagi bahasa Koreanya dan ingin mengajar anak-anak yang ingin belajar bahasa Korea. Namun pas di Korea sana malah menjadi pengalaman buruk buat saya," ungkapnya.

"Waktu di Korea, baru ketahuan kalau ada tumor kecil di otak saya. Saya di sana sendiri dan bingung saat itu. Tapi akhirnya dari Korea Foundation tahu masalah saya ini dan dibantu proses rumah sakit, operasinya bahkan sampai saya sembuh. Mereka benar-benar membantu gak hanya dari studi saya saja," tambahnya.

5. Mulai sekarang siapkan dirimu untuk belajar di Korea

5 Fakta Korea Foundation, Beasiswa Menarik dari Negeri Ginseng(tengah) President of Korea Foundation, Dr. Geun Lee dalam 2019 KF Friends Network di Jakarta. 23 Desember 2019. IDN Times/Nadia Umara

Vania berharap untuk ke depannya, Korea Foundation bisa lebih luas dan besar lagi untuk membantu generasi muda menggapai cita-citanya. Nah, buat kamu yang sudah memantapkan diri untuk mendapatkan beasiswa dan aktivitas lainnya jangan lupa untuk terus update informasi tentang Korea Foundation melalui situs resminya en.kf.or.kr ya!

Menarik sekali bukan untuk kamu yang ingin lebih dalam mempelajari bahasa hingga budaya Korea? Nah,saatnya mulai menyiapkan dirimu nih guys bagi yang mau ke Korea.

Baca Juga: Liburan Akhir Tahun di Korea? Kamu Wajib Download 10 Aplikasi Ini!

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya