Comscore Tracker

Biar Cepat Lulus, 7 Kebiasaan Ini Harus Kamu Hindari sebagai Mahasiswa

Nggak mau jadi mapala (mahasiswa paling lama), kan?

Sebagai mahasiswa, kamu tentu menginginkan bisa lulus tepat waktu dengan nilai yang memuaskan. Tapi, ada kalanya keinginan itu tidak bisa kamu capai. Kuliah pun berlanjut hingga 5, 6, atau 7 tahun.

Ada alasan mengapa seorang mahasiswa biasanya telat lulus kuliah. Salah satunya adalah membiarkan dirinya terus melakukan kebiasaan buruk.

Jika kamu tidak ingin terjebak dengan masa kuliah yang mulur, hindari kebiasaan buruk berikut ini yang biasa kamu lakukan sebagai mahasiswa.

Baca Juga: 5 Langkah Pilihan Fresh Graduate Setelah Kamu Lulus Kuliah Sarjana

1. Selalu begadang

Biar Cepat Lulus, 7 Kebiasaan Ini Harus Kamu Hindari sebagai MahasiswaPixabay/DanFa

Ini adalah kebiasaan di masa kuliah yang tidak mudah dihindari. Mungkin kamu sibuk dengan jadwal kuliah, organisasi, tugas, atau nongkrong dengan teman.

Kamu bisa mengatasi begadang secara bertahap. Caranya dengan manajemen waktu, antara lain dengan tidak menunda pekerjaan atau tugas kuliah.

2. Malas mengerjakan tugas

Biar Cepat Lulus, 7 Kebiasaan Ini Harus Kamu Hindari sebagai Mahasiswapexels/Energepic.com

Hindari mencicil tugas kampus dengan alasan asik bermain gawai atau nongkrong bersama teman. Selain berdampak buruk bagi nilai kamu, menumpuk tugas juga bisa jadi beban berat. Semakin lama, kamu kian malas mengerjakannya.

3. Bangun kesiangan

Biar Cepat Lulus, 7 Kebiasaan Ini Harus Kamu Hindari sebagai Mahasiswaunsplash/Kinga Cichewicz

Tak hanya bagi mahasiswa, telat bangun adalah wujud sikap tidak disiplin waktu. Telat bangun berarti telat beraktivitas. Kamu bisa telat masuk kelas, yang berdampak daftar hadir berantakan. Kebiasaan ini juga bisa berdampak buruk bagi penilaian dosen terhadap kamu.

Baca Juga: Selain Belajar, 5 Aktivitas Ini Juga Bisa Membuatmu Tambah Cerdas

4. Kerap titip absen

Biar Cepat Lulus, 7 Kebiasaan Ini Harus Kamu Hindari sebagai Mahasiswaunsplash/LinkedIn Sales Navigator

Titip absen rasanya sudah menjadi budaya yang melekat dan sulit dihindari bagi mahasiswa. Padahal, kalau kamu terus-terusan melakukan kebiasaan buruk ini, kamu bisa tidak lulus mata kuliah tertentu dan harus mengulang di semester depan. Kamu gak mau seperti itu, kan?

5. Belajar dengan metode SKS

Biar Cepat Lulus, 7 Kebiasaan Ini Harus Kamu Hindari sebagai Mahasiswaunsplash/Gery Wibowo

Kebiasaan yang satu ini merupakan akar dari permasalahan bangun siang dan begadang yang kerap dilakukan oleh beberapa mahasiswa. Jika kamu salah seorang yang menerapkan metode ini lebih baik segera hentikan mulai dari sekarang. Sebab, melakukan hal ini hanya akan berakibat buruk bagi kesehatan, dan juga masa depanmu. 

6. Terlalu sibuk dengan organisasi kampus

Biar Cepat Lulus, 7 Kebiasaan Ini Harus Kamu Hindari sebagai Mahasiswaunsplash/Akson

Dalam dunia kampus, kamu berhak memutuskan hal apa yang terbaik untuk menunjang kehidupanmu di masa depan. Baik itu memilih organisasi, ikut lomba, ikut seminar, atau hal lainnya. Namun, jangan sampai kamu hanyut dalam hal tersebut dan melupakan kewajiban utamamu, yakni belajar di bangku kuliah. 

7. Mengikuti arus pertemanan yang tidak baik

Biar Cepat Lulus, 7 Kebiasaan Ini Harus Kamu Hindari sebagai Mahasiswaunsplash/Matheus Ferrero

Saat kamu memasuki dunia perkuliahan, maka di sana kamu akan bertemu dengan teman-teman baru dari lingkungan sosial dan budaya yang berbeda-beda. Untuk itu, kamu perlu membuat batasan dalam pergaulan pertemanan yang kamu akan jalani. Jangan sampai kamu ikut arus pertemanan yang tidak baik.

Dari beberapa poin di atas, mana nih kebiasaan buruk yang masih sering kamu lakukan? Yuk, mulai dari sekarang hilangkan kebiasaan-kebiasaan tersebut. Jangan sampai kamu menyesalinya, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Kurangi Kebiasaan Slow Respon Jika Dihubungi

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya