Comscore Tracker

Mau Kuliah di Luar Negeri? Simak Dulu 5 Informasi Penting Ini

Ini wajib kamu ketahui jika berencana study abroad

Belajar di luar negeri atau study abroad jadi impian bagi sebagian pelajar di tanah air. Semakin banyak orang yang berminat berkuliah di negara lain, setelah menyimak pengalaman pelajar lain yang lebih dulu merasakannya. 

Namun, berkuliah di luar negeri tidak sembarangan. Biasanya, setiap kampus di luar sana punya ketetapan sendiri-sendiri dalam menyeleksi mahasiswa.

Sebelum mendaftarkan diri, ada baiknya kamu menggali informasi dulu mengenai seluk beluk study abroad. Berikut IDN Times sajikan lima informasi penting dan wajib kamu ketahui.

Baca Juga: Selain Belajar, 5 Aktivitas Ini Juga Bisa Membuatmu Tambah Cerdas

1. Beasiswa studi luar negeri umumnya menetapkan berbagai persyaratan. Untuk mendaftar, salah satu syaratnya adalah memiliki nilai rapor minimal 80

Mau Kuliah di Luar Negeri? Simak Dulu 5 Informasi Penting Iniunsplash/Green Chameleon

Ada ketentuan yang berbeda-beda untuk setiap beasiswa kuliah di luar negeri. Namun, yang jelas, salah satu persyaratannya yang wajib adalah nilai rapor. Rata-rata nilai minimal yang ditetapkan sebesar 80.

2. Ada juga beasiswa yang terbuka bagi kamu yang berusia di atas 21 tahun

Mau Kuliah di Luar Negeri? Simak Dulu 5 Informasi Penting Inipexels/Buro Millennial

Ada anggapan bahwa beasiswa S1 yang ditawarkan kampus-kampus di luar negeri itu tersedia bagi usia maksimal 21 tahun. Nyatanya, sejumlah beasiswa juga menetapkan kriteria usia di atas 21 tahun. Sebut saja, misalnya, beasiswa MEXT Jepang yang dengan batas maksimal usia 24 tahun, atau Beasiswa Rusia, Cina, dan Korea Selatan yang menerapkan atas usia maksimal 25 tahun.

3. Biaya hidup sangat tergantung dengan kota tempatmu melanjutkan studi

Mau Kuliah di Luar Negeri? Simak Dulu 5 Informasi Penting IniUnsplash/Sharon McCutcheon

Walau ada beberapa universitas di luar negeri yang sekolah secara gratis, kamu tetap perlu mempersiapkan sejumlah biaya hidup. Berapa besar biaya tersebut, akan sangat bergantung dengan kota di mana kamu menempuh pendidikan. Misalnya, kamu melanjutkan studi di Jepang, maka kamu harus menyiapkan uang sekitar Rp9 juta-Rp15 juta per bulan.

Baca Juga: 6 Hal Menarik tentang Le Cordon Bleu Paris, Almamater Chef Renatta

4. Kamu boleh banget mengambil jurusan S2 yang berbeda dengan jurusan S1

Mau Kuliah di Luar Negeri? Simak Dulu 5 Informasi Penting IniPexels/Fauxels

Beberapa orang berpikiran jika untuk dapat kuliah S2 di luar negeri dengan program beasiswa tidak memungkinkan untuk memilih jurusan yang berbeda. Padahal, kenyataannya hal tersebut bisa dilakukan. Caranya, jelaskan saja alasan mengapa kamu mengambil jurusan tersebut di motivation letter.

5. Jika kamu berusia 35 tahun atau lebih, masih ada lho beberapa program beasiswa S2 yang bisa kamu dapatkan

Mau Kuliah di Luar Negeri? Simak Dulu 5 Informasi Penting Inipexels/Christina Morillo

Selain adanya anggapan mengenai batas usia kuliah S1 di luar negeri, terdapat pula anggapan batas usia kuliah s2 di luar negeri sebesar 35 tahun. Padahal, ada lho beberapa beasiswa yang tidak memiliki batasan umur di dalamnya, seperti beasiswa Australia Award Scholarship (AAS). 

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai study abroad yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Anti Mainstream! 8 Jurusan S1 Ini Satu-satunya di Indonesia

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya