Comscore Tracker

Awas! 7 Benda Kecil Ini Ternyata Menguras Dompet Kamu

Gaji gede, tapi selalu bokek tengah bulan gini?

Apakah kamu merasa gaji sudah cukup besar, tapi selalu bokek sebelum akhir bulan? Coba perhatikan benda-benda kecil yang rajin kamu beli setiap hari. 

Mungkin selama ini kamu mengira boros gara-gara pengeluaran yang besar. Tapi, perhatian kita luput dari hal-hal kecil yang ternyata juga menguras kantong.

Uang yang kita keluarkan memang tidak terasa begitu menyerap isi kantong kita, namun ketika diakumulasikan... voila! 

1. Rokok

Awas! 7 Benda Kecil Ini Ternyata Menguras Dompet Kamupixabay.com/maxknoxvill

Kamu sudah tahu bahwa rokok pada dasarnya nggak baik bagi tubuh dan dompet. Di Indonesia, rokok dijual terbilang murah.

Tapi coba deh kalau sehari kamu habis satu bungkus rokok. Misalkan harganya Rp20 ribu, coba saja kalikan 30 hari (sebulan). Ya, kantong kamu terkuras Rp600 ribu! Bisa buat makan berapa kali coba?

2. Kopi

Awas! 7 Benda Kecil Ini Ternyata Menguras Dompet KamuUnsplash/Nathan Dumlao

Kopi adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat dunia. Mungkin setiap pagi kamu malas untuk membuat kopi sendiri dan memutuskan untuk minum di luar. Harga segelas kopi sederhana biasanya sekitar Rp5000. Namun, jika  dikalikan 30 hari (sebulan), bisa kena Rp150 ribu. 

Itu jika kamu jajan di warung-warung pinggir jalan. Lain cerita kalau kamu nangkring di kafe kecil dan besar. Sedikitnya kamu harus menyisihkan uang Rp20 ribu satu cangkir. Boros banget kan.

3. Camilan

Awas! 7 Benda Kecil Ini Ternyata Menguras Dompet KamuPexels.com/Caio Resende

Pengeluarannya tergantung seberapa banyak kamu membeli camilan dan seberapa sering. Kalau kamu memang niat berhemat, maka coba buat pembukuan dalam sebulan. Berapa banyak uang yang kamu keluarkan untuk beli camilan saja? Padahal, kamu bisa membuat camilan sendiri yang jauh lebih sehat dan lebih nikmat.

4. Air mineral dalam botolan

Awas! 7 Benda Kecil Ini Ternyata Menguras Dompet Kamupixabay/Congerdesign

Harga air mineral saat ini rata-rata empat ribu rupiah dan jika dikalikan tiga puluh maka dalam sebulan kamu habis Rp120.000. Belum lagi kalau dalam sehari kamu beli lebih dari satu botol.

Yuk, mulai membawa botol minum sendiri kemanapun kamu pergi. Selain ramah di dompet, tindakan kamu itu juga ramah buat bumi kita karena kamu sudah membantu mengurangi sampah plastik guys!

5. Makan malam di luar rumah

Awas! 7 Benda Kecil Ini Ternyata Menguras Dompet KamuUnsplash/Ali Inay

Kesibukan mungkin akan membuatmu merasa tidak sempat untuk masak makan malam. Padahal, jika dipersiapkan dengan baik, kamu tetap bisa memasak di malam hari. Sekadar info, sesuai dengan penelitian, makan malam di luar menghabiskan biaya tiga kali lipat daripada seharusnya. Doh!

6. Beli DVD atau CD

Awas! 7 Benda Kecil Ini Ternyata Menguras Dompet KamuPixabay/StockSnap

Sekeping DVD dihargai delapan ribu rupiah. Itu bajakan loh ya. Kalau mau sama-sama membajak, internet selalu lebih murah.

Coba aja hitung berapa banyak uang yang kamu habiskan dalam sebulan untuk beli DVD. Padahal, kalau kamu bersabar sedikit maka kamu bisa dapat gratis dari internet dan cuma cukup bayar biaya internet saja kan?

7. Pulpen

Awas! 7 Benda Kecil Ini Ternyata Menguras Dompet KamuPixabay/stevepb

Jangan keseringan kehilangan pulpen lah. Perhitungannya juga sama kayak hal-hal di atas. Seberapa banyak kamu kehilangan bolpoin sebulan dan hitung berapa uang yang kamu keluarkan.

Baca Juga: Taurus Bendahara, 5 Zodiak yang Cocok Banget Mengurus Keuangan

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You