Comscore Tracker

Lebaran Tiba, Ini Doa yang Sebaiknya Kamu Amalkan di Akhir Ramadan

Semoga ibadahmu di Ramadan tahun ini mendapat berkah ya!

Kini kita ada di akhir Ramadan. Umat muslim sedunia tengah menyambut hari raya Idul Fitri.

Jelang lebaran, kamu sebaiknya tidak mengabaikan keistimewaan akhir Ramadan. Sebab di dalamnya terdapat malam kemuliaan, Lailatul Qadar. Hari-hari terakhir di bulan ini hendaknya diisi dengan ibadah dan berdoa.

Di akhir Ramadan ini juga jadi momen untuk bersyukur. Sembari memohon agar ibadah diterima dan berharap bisa bertemu Ramadan tahun depan.

Baca Juga: Doa Sahur dan Doa Berbuka Puasa pada Bulan Ramadan 

1. Bacaan doa akhir Ramadan sesuai ajaran Rasulullah

Lebaran Tiba, Ini Doa yang Sebaiknya Kamu Amalkan di Akhir RamadanSalah seorang warga Kota Bogor yang sedang melaksanakan iktikaf di Masjid Raya Bogor. (IDN Times/Rubiakto)

Mengutip islami.co, Rasulullah mengajarkan umat muslim mengamalkan doa di akhir Ramadan. Salah satu doa yang diajarkan adalah permohonan kepada Allah SWT agar dapat berjumpa dengan Ramadan selanjutnya.

Dalam riwayat Jabir bin Abdullah al-Anshari dikatakan bahwa Rasulullah SAW mengingatkan kepadanya untuk membaca doa ini di akhir Ramadhan:

اللَّهُمَّ لَا تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْعَلْنِي‏ مَرْحُوماً وَ لَا تَجْعَلْنِي مَحْرُوماً

Allahumma la taj’al akhiral ‘ahdi min shiyamina iyyahu, fain ja’altahu faj’alni marhuma, wa taj’alni mahruma

Artinya: “Ya Allah janganlah Engkau jadikan bulan Ramadhan ini sebagai Ramadhan terakhir untuk kami berpuasa. Jika pun Engkau mentakdirkan ini Ramadhan terakhir, jadikanlah aku orang yang mendapat rahmat-Mu, jangan Engkau jadikan aku orang yang malang”

2. Doa yang diajarkan Rasulullah kepada Aisyah

Lebaran Tiba, Ini Doa yang Sebaiknya Kamu Amalkan di Akhir RamadanIDN Times/Debbie Sutrisno

Rasulullah pernah mengajarkan secara khusus kepada Aisyah doa untuk dibaca di akhir Ramadan. Doa ini termasuk cara manusia untuk memohon ampunan dari Allah SWT, sebagai berikut:

أَللّهمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَريْمٌ تُحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عنّا

Allahumma innaka afuwwun karim tuhibbul afwa fa’fu anna

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemberi Maaf dan Maha Mulia, serta mencintai maaf, maka maafkanlah kami.”

Baca Juga: Hati-hati, 5 Kebiasaan Sepele Ini Terjadi saat Usai Ramadan

3. Keutamaan bulan Ramadan dan beribadah di dalamnya

Lebaran Tiba, Ini Doa yang Sebaiknya Kamu Amalkan di Akhir RamadanIDN Times/Debbie Sutrisno

Dilansir islam.nu.or.id, sejumlah hadis menerangkan soal keistimewaan bulan Ramadan dan ibadah-ibadah yang bisa dikerjakan di dalamnya.

Keistimewaan Ramadan sebagai bulan yang penuh berkah tercantum dalam hadis berikut:

قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌمُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَنَّةِ وَيُغْلَقُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلًّ فَيْهَ الشَّيَاطَيْنُ فَيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ ألْفِ شَهْرٍ

Artinya, “Telah datang Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu, saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.” (HR. Ahmad)

Selain doa di akhir Ramadan, sesungguhnya memanjatkan doa di setiap bulan Ramadan memiliki keistimewaannya sendiri, sebagaimana tercantum dalam hadits riwayat berikut:

ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٍ ؛دَعْوَةُ الصَّائِمِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُوْمِ 

Artiya, “Ada tiga macam doa yang mustajab, yaitu doa orang yang sedang puasa, doa musafir dan doa orang yang teraniaya.” (HR Baihaqi)

Baca Juga: Atas Jasa dan Bimbingannya, Yuk Panjatkan Doa untuk Guru

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya