Comscore Tracker

8 Peribahasa Makassar tentang Kehidupan, Maknanya Dalam!

Renungkan sebagai motivasi dalam kehidupanmu #LokalIDN

Peribahasa biasanya merupakan kalimat kiasan dengan maksud tertentu. Di dalamnya terkandung makna tersirat, soal prinsip hidup, aturan berperilaku, atau nasihat. 

Masyarakat Makassar juga mengenal beragam peribahasa yang dipegang sebagai pedoman hidup turun-temurun. Ada yang mencerminkan perbuatan, baik terpuji, maupun tercela. Sebagian juga bersifat memotivasi orang-orang dalam berperilaku.

Berikut ini sejumlah peribahasa Makassar tentang kehidupan yang patut kamu ketahui.

1. Appikru naiki ri langika

8 Peribahasa Makassar tentang Kehidupan, Maknanya Dalam!Dok. Pribadi

Jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, peribahasa ini secara sederhana berbunyi: meludah ke atas langit. Maknanya, seseorang yang bermaksud mencelakai orang lain tapi niat buruknya justru kembali ke diri sendiri.

Semoga kita tidak seperti orang yang digambarkan pada peribahasa itu. Sebab berbiat mencelakai orang termasuk perbuatan yang tercela.

2. Kammai batu panggaluguna kuakluk naung

8 Peribahasa Makassar tentang Kehidupan, Maknanya Dalam!Dok. Pribadi

Peribahasa yang inspiratif bagi orang Makassar ini berarti 'bagaikan batu kutelan turun'. Maknanya, kita harus menjadi pribadi yang sabar meski mengalami musibah. 

Peribahasa ini cocok banget buat diresapi, terutama buat kamu yang lagi down. Semangat terus, ya!

3. La tommo akjekneka basa

8 Peribahasa Makassar tentang Kehidupan, Maknanya Dalam!Dok. Pribadi

Ketika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, 'La tommo akjekneka basa' memiliki arti 'hanya orang mandi saja yang basah'.

Berbicara mengenai nasihat, peribahasa yang satu ini tepat sekali digunakan untuk mengintropeksi diri maupun orang lain. Maknanya merujuk pada kondisi ketika kita sedang dirunding masalah, jangan suka melibatkan orang-orang yang tidak tahu menahu mengenai masalah tersebut.

4. Jekneka cinik ia tonja nanaik ia tonja nanaung

8 Peribahasa Makassar tentang Kehidupan, Maknanya Dalam!Dok. Pribadi

Peribahasa ini diterjemahkan menjadi 'lihatlah air, ada saatnya pasang, ada saatnya surut'. Seperti hidup kita, yang kadang berada di atas dan di saat lain berada di bawah. 

Peribahasa ini harus kita jadikan prinsip hidup, ya guys!

Baca Juga: Pakai Nama Binatang, 10 Peribahasa Bahasa Sunda Ini Penuh Makna

5. Kualleangi tallanga na toalia

8 Peribahasa Makassar tentang Kehidupan, Maknanya Dalam!Dok. Pribadi

Kalimat satu ini sering menjadi motivasi terutama bagi jiwa-jiwa muda yang tengah mengejar jutaan mimpi. 

'Kuallengi tallanga na toalia' kalau dalam Bahasa Indonesia artinya 'lebih baik tenggelam daripada surut kembali'. Maknanya sangat dalam yaitu kita tidak boleh mundur dari suatu perjuangan. Kalau dipikir, lebih baik kita gagal dibanding menyerah dalam mengejar semua cita-cita dan impian kita.

6. Tena nalari tamparanga

8 Peribahasa Makassar tentang Kehidupan, Maknanya Dalam!Dok. Pribadi

'Laut tidak akan lari', itulah arti dari peribahasa yang satu ini. Maknanya adalah tidak perlu tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu. Lakukanlah dengan hati yang sabar dan tenang.

Terlebih lagi ketika melihat mimpi orang lain yang cepat tercapai, tanamkan selalu dalam pikiran bahwa setiap orang memiliki timeline yang berbeda. Kesuksesan mereka tidak harus juga menjadi kesuksesan kamu sekarang. Ingat! semua ada waktunya masing-masing.  

7. Kontui jeknek simata massolonna

8 Peribahasa Makassar tentang Kehidupan, Maknanya Dalam!Dok. Pribadi

Memiliki arti 'bagaikan air yang selalu mengalir', peribahasa yang satu ini memiliki makna sebagai ungkapan yang ditujukan untuk seseorang yang sering menolong seorang lainnya ketika sedang mengalami kesulitan. Cocok sekali, ya dalam menggambarkan seseorang dengan jiwa dermawan yang tinggi.

Bagi kamu terkhusus yang telah mencapai kesuksesan, peribahasa ini menjadi pengingat untuk tetap menolong sesama umat manusia.

8. Sipaccinikang lomo-lomo tasipaccinikang sukkarak

8 Peribahasa Makassar tentang Kehidupan, Maknanya Dalam!Dok. Pribadi

Kalau peribahasa yang ini sesuai untuk memotivasi para pelakon dalam dunia bisnis yang dalam bahasa Indonesia artinya 'saling membantu dalam mencapai kemajuan, saling mempermudah urusan, dan tidak saling menghalangi'.

Sesama pengusaha, sudah semestinya bersaing secara sportif dalam dunia bisnis dan menanamkan moral untuk tidak saling menjatuhkan.

Peribahasa dalam bahasa Makassar di atas ternyata maknanya cukup dalam dan sangat inspiratif. Bagi kamu terlebih lagi orang-orang asli Makassar, tidak ada salahnya menjadikan salah satu peribahasa di atas sebagai prinsip hidup, bukan?

Baca Juga: 10 Nama-nama Serangga dalam Bahasa Makassar, Coba Dihafalin Yuk!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Maghfirah Nur Padila di IDN Times Community dengan judul Sangat Inspiratif, Ini 8 Peribahasa Orang Makassar Tentang Kehidupan

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya